500px Tak Lagi Dukung Lisensi ‘Creative Commons’

Salah satu perubahan yang dibuat setelah diakuisisi oleh Visual China Group.

Pilihan

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket League, pada platform macOS dan Linux. Pembaruan...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan...

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My...

Melalui kebijakan barunya yang baru saja diterbitkan, 500px mengumumkan jika sudah tidak lagi mendukung foto dengan lisensi Creative Commons. Ini meliputi larangan untuk mengunggah dan mengunduh foto dengan lisensi tersebut dari situsnya.

Selain itu, kebijakan baru juga menyebutkan jika 500px akan menutup 500px Marketplace, platform untuk menyajikan foto stok yang diunggah ke situs tersebut. Kabarnya, 500px akan menggantinya dengan distribusi dari Visual China Group untuk penggunanya di Cina, dan Getty Images untuk pengguna di seluruh penjuru dunia.

IKLAN

500px sendiri telah melakukan sejumlah perubahan manajemen perusahaan di tahun ini. Sebelumnya di bulan Februari lalu, 500px menyatakan jika telah diakuisisi oleh Visual China Group, dan juga mengumumkan kerja samanya dengan Getty Images di bulan Mei lalu. 500px juga menunjuk CEO baru, Aneta Filiciak, yang sebelumnya merupakan mantan Wakil Presiden Pengembangan Strategis perusahaan.

500px Tak Lagi Dukung Lisensi 'Creative Commons'
Gambar: 500px

Dikutip dari The Verge, 500px memutuskan untuk memberhentikan dukungan terhadap lisensi CC di situsnya karena kurangnya aktivitas dari pengguna. Namun, 500px juga tidak menutup kemungkinan jika akan kembali membukanya di masa mendatang. Keputusan ini, menurut saya, dapat merugikan banyak pihak, termasuk organisasi nirlaba yang mengisi situs dan memasarkan produknya menggunakan foto stok berlisensi CC.

500px juga mengatakan dalam FAQ situsnya jika tidak berencana menawarkan opsi lisensi hak cipta publik lain sebagai alternatif dari lisensi CC. Namun, 500px mengatakan jika pengguna dapat memilih untuk mengunggah fotonya dengan lisensi Royalty-free yang dapat didistribusikan melalui VCG atau Getty Images.

Pemberhentian dukungan terhadap lisensi CC yang dilakukan oleh 500px juga menuai banyak kritik dari penggunanya. Co-founder 500px, Evgeny Tchebotarev, yang meninggalkan perusahaan di tahun 2016 lalu, menyampaikan pendapatnya. Ia mengatakan jika “Creative Commons sangat penting terhadap pertumbuhan dan dukungan web terbuka.”

Sebagai pendukung lisensi CC, Jason Scott, yang bekerja di Internet Archive, memperkirakan jika 500px telah mengunggah lebih dari 1 juta foto berlisensi CC. Scott dan para relawan juga sedang bekerja untuk mengarsipkan foto-foto yang berukuran 3 TB tersebut ke The Wayback Machine. Pengguna dapat mengeceknya melalui situs Archive.org.

500px sendiri, sejak awal didirikan, merupakan platform fotografi yang menawarkan Marketplace untuk menyediakan berbagai foto yang diunggah oleh fotografer. Lisensi dari foto tersebut juga bermacam-macam, mulai dari Creative Commons, Royalty-free sampai foto Exclusive. 500px juga telah memperoleh 13 juta pengguna aktif, dan menjadi perantara antara fotografer dan klien yang mencari foto-foto stok.

Bagi pengguna yang terdampak oleh kabar ini, saya telah merangkum beberapa situs alternatif yang juga menyediakan foto berlisensi CC:

  • Flickr: Flickr mendukung lisensi CC. Meskipun tidak aktif lagi seperti beberapa tahun lalu, Flickr masih menjadi destinasi populer bagi para fotografer.
  • Pexels: Sebuah komunitas fotografi yang ditujukan khusus untuk menyediakan foto stok dengan lisensi CC;
  • Unsplash: Sama dengan Pexels, Unsplash juga menyediakan foto stok berlisensi CC.

Diperbarui 23/11/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan ini, pengguna dapat menjawab suatu...

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis pada musim gugur mendatang. Pengumuman yang...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My Neighbor Totoro. Netflix akan menambahkan...