Meta meluncurkan pembaruan besar untuk Facebook Marketplace, dengan menghadirkan integrasi kecerdasan buatan (AI) yang meningkatkan pengalaman pengguna dalam mencari, membeli, bahkan berkolaborasi ketika melakukan pembelian di platform.
Fitur baru yang dibawa adalah Collections yang memungkinkan pengguna untuk membuat grup daftar barang, kemudian mengajak teman untuk berpartisipasi, yang dapat dibagikan melalui Feed, Messenger, WhatsApp, dan lainnya. Selain itu, Meta sedang menguji fitur pembelian kolaboratif, di mana pengguna dan teman bisa berdiskusi langsung dengan penjual untuk melakukan negosiasi dan koordinasi saat melakukan pembelian barang.

Meta pun menambahkan elemen sosial di Marketplace. Pengguna kini dapat memberi reaksi dan komentar langsung pada daftar barang. Sistem AI kemudian dapat belajar dari apa yang disukai pengguna, sehingga dapat memberikan rekomendasi yang relevan.
Berbicara tentang AI, Meta kini menambahkan wawasan berbasis AI untuk membantu pengguna mengajukan pertanyaan penting. Saat seseorang memulai obrolan dengan penjual, tombol “Pertanyaan untuk diajukan” akan muncul dan memberikan pertanyaan yang relevan berdasarkan rincian barang.
Untuk barang kendaraan, AI di Marketplace kini bisa memberikan wawasan yang mendetail, termasuk informasi seperti kapasitas mesin, tipe transmisi, hingga ulasan keamanan dan harga yang dirangkum dalam satu tampilan untuk membantu pembeli membuat keputusan.
Selain itu, Meta memperluas inventori Marketplace dengan bermitra bersama eBay dan Poshmark, sehingga pengguna dapat melihat lebih banyak pilihan jenis barang berkategori adibusana dan elektronik langsung dari mitra.
Yang terakhir, Meta telah menyederhanakan pengalaman pengiriman. Pengguna akan melihat estimasi total biaya, termasuk ongkos kirim dan pajak, sebelum membeli, serta mendapatkan notifikasi status pesanan saat berubah.











