6 Aplikasi Alarm Terbaik di Android Edisi 2019

Jangan lupa bangunin tetangga juga!

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Saya yakin setiap ponsel sudah memiliki aplikasi untuk mengatur alarm, namun dengan fitur yang sangat minim. Biasanya aplikasi bawaan hanya memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu, nada dering, dan pengulangan dari alarm tersebut. Diperlukan aplikasi alarm pihak ketiga jika pengguna ingin mengatur alarm yang disertai fitur-fitur tambahan dari yang disebutkan tadi. Berikut sudah saya rangkum beberapa aplikasi alarm terbaik di Android yang dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Aplikasi-aplikasi alarm pihak ketiga berikut masing-masing memiliki fitur yang unik. Seperti alarm pada umumnya, fitur-fitur tersebut tidak lain dikhususkan untuk membangunkan pengguna; seperti adanya fitur teka-teki yang harus dipecahkan sebelum pengguna dapat mematikan suatu alarm. Selain untuk membangunkan, beberapa aplikasi alarm berikut juga memiliki fitur untuk membuat tidur pengguna lebih teratur.

6 Aplikasi Alarm Terbaik di Android Edisi 2019

1. Alarmy- Alarm Clock with Missions & Loud Ringtones

Aplikasi alarm pertama yang ingin saya bahas adalah Alarmy. Diunduh oleh lebih dari 10jt pengguna, Alarmy merupakan salah satu aplikasi alarm terbaik di Android yang pernah saya gunakan. Aplikasi ini juga memiliki rating 4.7/5 dari lebih 800rb ulasan.

IKLAN

Aplikasi Alarm Terbaik di Android: Alarmy
Kredit gambar: Alarm Clock Alarmy / Google Play Store

Alarmy memungkinkan pengguna untuk mengatur nada dering sesuai dengan selera; menggunakan musik sendiri misalnya. Pengguna juga dapat mengatur volume dari nada dering tersebut sekeras mungkin agar tetangga juga ikutan bangun ketika mendengarnya. Selain itu, pengguna juga dapat merubah warna latar belakag dari alarm tersebut guna menyejukkan mata sehabis bangun tidur.

Fitur yang paling saya suka adalah fitur Missions yang mengharuskan pengguna untuk melakukan sesuatu sebelum mematikan alarm. Ada Photo Missions yang mewajibkan pengguna untuk bangun dan mengambil gambar dari suatu ruangan yang telah didaftarkan; Barcode Missions mengharuskan pengguna untuk memindai suatu barcode; Math Missions dapat diselesaikan dengan memecahkan suatu soal matematika; dan Shake Missions untuk mematikan alarm dengan cara mengayunkan ponsel yang dapat diatur hingga 999 kali.

Unduh di Play Store

Artikel terkait10 Aplikasi Email Terbaik di Android

2. AlarmMon – Free Alarm Clock

Aplikasi alarm kedua adalah AlarmMon. Aplikasi alarm yang satu ini telah diunduh oleh lebih dari 5jt pengguna di Play Store. Yang membuat AlarmMon unik adalah alarm di aplikasi ini tidak akan berhenti sebelum pengguna mematikannya, sampai baterai ponsel habis sekalipun.

Aplikasi Alarm Terbaik di Android: AlarmMon
Kredit gambar: malang / Google Play Store

Oleh karena itu, AlarmMon memiliki beberapa mode alarm yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan: noisy alarm, quiet alarm, game alarm, video alarm, voice alarm, dan idol band alarm. “Idoal band alarm? Yang benar saja.” Yap, mode ini akan menampilkan bintang K-POP favorit pengguna ketika alarm menyala; sungguh hal yang luar biasa bagi penggemar K-POP untuk memulai hari mereka.

AlarmMon juga memiliki fitur berita yang dapat ditampilkan setelah mematikan alarm. Selain berita, pengguna juga dapat melihat perkiraan cuaca. Yang terakhir, AlarmMon juga memungkinkan pengguna untuk mencatat riwayat penggunaan alarm guna tahu lebih lanjut mengenai waktu bangun dan pola tidur pengguna. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan pola tidur pengguna agar lebih teratur.

Unduh di Play Store

3. Alarm Clock Puzzle

Aplikasi alarm terbaik di Android lainnya adalah Alarm Clock Puzzle. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diperuntukkan bagi pengguna yang suka memecahkan teka-teki sebelum dapat mematikan alarm sepenuhnya. Teka-teki di aplikasi alarm ini meliputi Memorize, Repeat, dan Retype untuk menguji daya ingat; Maze untuk menguji kecakapan; dan Solve untuk menguji kemampuan matematika pengguna. Selain teka-teki, pengguna juga dapat memindai barcode untuk mematikan alarm di aplikasi ini.

Aplikasi Alarm Terbaik di Android: Alarm Clock Puzzle
Kredit gambar: Wro Claw Studio / Google Play Store

Fitur lainnya adalah Wake-up Poke, yang dapat diaktifkan untuk membuktikan “kebangunan” pengguna selama lima menit setelah alarm dimatikan; jika tidak berhasil dibuktikan, maka alarm akan menyala kembali. Hal ini dapat mencegah pengguna agar tidak tidur kembali setelah mematikan alarm. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur batasan “snooze” untuk menunda alarm.

Unduh di Play Store

4. Smart Alarm Clock

Smart Alarm Clock adalah aplikasi alarm dengan desain yang paling saya suka dari semua aplikasi di artikel ini; mulai dari warnanya, tata letak menunya, sampai dengan gambar ilustrasi di dalam aplikasi ini. Namun, yang paling saya suka adalah font yang meununjukkan jam dari alarm yang telah diatur. Entah kenapa saya sangat menyukai font di aplikasi ini; mungkin karena menyerupai font di jam fisik digital yang sering kita jumpai.

Aplikasi Alarm Terbaik di Android: Smart Alarm Clock
Kredit gambar: Smart Mobile Tools / Google Play Store

Smart Alarm Clock memiliki 6 mode alarm yang dapat diaktifkan:

  • Normal: untuk alarm standar;
  • Do a math test: mewajibkan pengguna untuk menyelesaikan soal matematika sebelum mematikan alarm, dengan 5 level kesusahan;
  • Shake your phone: mengharuskan pengguna untuk mengayunkan ponsel sebelum mematikan alarm sebanyak 10-15 kali;
  • Scan QR code: mengharuskan pengguna untuk memindai kode QR sebelum mematikan alarm;
  • Draw a pattern: mengharuskan pengguna untuk menggambar pola sebelum mematikan alarm, layaknya pola yang sering kita jumpai di layar kunci ponsel;
  • Input a text: mengharuskan pengguna untuk menulis kata acak yang terdiri dari 8 simbol. Fungsi ini hanya ada di versi premium.

Versi premium dari Smart Alarm Clock dapat membuka keseluruhan fitur yang ditawarkan di aplikasi ini, serta dapat menghapus iklan yang mengganggu. Pengguna yang benar-benar menyukai Smart Alarm Clock dapat meng-upgrade ke versi premium dengan harga Rp42.000.

Unduh di Play Store

5. Good Morning Alarm Clock

Aplikasi alarm terbaik di Android lainnya adalah Good Morning Alarm Clock. Aplikasi ini merupakan aplikasi alarm yang tergolong “pintar.” Saya katakan begitu karena Good Morning Alarm Clock dapat mencari waktu yang optimal untuk membangunkan pengguna, memberi pengguna statistik di malam hari, dan memberi tahu jika pengguna perlu merubah pola tidur.

Aplikasi Alarm Terbaik di Android: Good Morning Alarm Clock
Kredit gambar: Apalon Apps / Google Play Store

Fitur-fiturnya meliputi “Intelligent wake-up” yang dapat membangunkan pengguna di waktu yang tepat dengan cara meletakkan ponsel Android yang dapat melacak pergerakan dari tubuh pengguna. Ada juga fitur “Detailed analysis” yang dapat memberikan statistik tentang pola tidur pengguna. Cara kerjanya cukup sederhana; Good Morning Alarm Clock menggunakan sensor accelerometer yang terdapat di ponsel untuk menjalankan fungsi dari fitur-fitur tersebut.

Dari penjelasan mengenai fitur-fitur tersebut, aplikasi alarm ini menurut saya memang dikhususkan untuk membangunkan penggunanya dalam keadaan yang optimal. Tidak seperti aplikasi alarm biasanya yang hanya memiliki tujuan untuk membangunkan. Sangat menarik untuk dicoba.

Unduh di Play Store

Artikel terkait8 Aplikasi Antivirus Terbaik di Android

6. Early Bird Alarm Clock

Aplikasi alarm terakhir yang ingin saya bahas adalah Early Alarm Bird Clock. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat menyetel suatu alarm seusuai dengan tanggal yang ingin ditentukan. Fitur ini cocok bagi pengguna yang bekerja dengan sistem shift di kantor.

Aplikasi Alarm Terbaik di Android: Early Bird Alarm Clock
Kredit gambar: 1year / Google Play Store

Selain itu, seperti kebanyakan aplikasi alarm di artikel ini, Early Alarm Bird Clock juga memiliki “misi” yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum mematikan alarm. Misi tersebut meliputi pemindaian kode QR sampai rekognisi suara. Namun, tidak ada misi yang mengharuskan untuk mengasah otak, seperti teka-teki atau soal matematika yang harus dipecahkan.

Fitur lainnya mencakup perkiraan cuaca dan acara. Fitur ini dapat memberi tahu pengguna tentang cuaca “hari ini” dan acara yang yang harus dihadiri pada hari tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyebutkan jam saat alarm berbunyi.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi alarm terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...