5 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android

Melindungi sebelum memperbaiki.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Artikel ini mengulas beberapa aplikasi antivirus terbaik untuk Android, yang dapat pengguna unduh secara gratis di Play Store. Beberapa aplikasi juga menawarkan metode berlangganan, yang dapat membuka fitur premium dan memberikan keamanan tingkat lanjut untuk ponsel pengguna.

Sebenarnya, aplikasi antivirus untuk Android tidak terlalu dibutuhkan, jika ponsel digunakan dengan aman, seperti hanya menginstal aplikasi dari Play Store, menonaktifkan opsi pengembang, tidak menggunakan akses root, atau tetap menghidupkan pengaturan keamanan. Namun, ada juga beberapa pengguna yang suka mengotak-ngatik ponselnya, yang dapat mengakibatkan kerentanan terhadap virus yang berbahaya.

IKLAN

Selain itu, ada juga beberapa aplikasi yang lolos pemindaian keamanan dari Google, sehingga dapat diunggah ke Play Store. Ini berbahaya, karena, selain dapat merusak ponsel, beberapa aplikasi juga meminta izin akses yang tidak masuk akal, yang dapat melanggar hak privasi pengguna.

Maka dari itu, aplikasi antivirus, sesuai dengan namanya, berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap ancaman virus yang dapat merusak ponsel. Pada era yang hampir semuanya serba digital, virus tidak hanya dapat merusak ponsel, melainkan juga dapat mencuri data pengguna, termasuk trafik internet, berkas dan foto yang tersimpan pada ponsel, daftar kontak, dll.

1. Kaspersky Mobile Antivirus

Aplikasi antivirus terbaik untuk Android yang pertama pada daftar ini adalah Kaspersky, yang telah cukup populer untuk hampir semua platform. Di Play Store, aplikasi antivirus ini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna, dan mendapatkan rating 4,8/5 dari 3 juta pengguna. Kaspersky sendiri disediakan melalui dua versi, yaitu versi gratis dan versi premium.

Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android
Gambar: Kaspersky Lab / Google Play Store

Versi gratis menawarkan perlindungan yang kuat terhadap virus, trojan, dan malware. Disediakan juga fitur pemeriksaan latar belakang, yang dapat memindai ponsel sesuai kebutuhan, maupun secara waktu nyata dari virus, spyware, ransomware, dan trojan.

IKLAN

Kaspersky, pada versi gratis, juga menyediakan berbagai fitur berguna lainnya, meski sedikit tidak terkait dengan pembersihan virus. Fitur-fitur tersebut meliputi fitur Temukan ponsel saya dan Anti-Pencurian yang dapat digunakan untuk mencari ponsel ketika hilang, serta menghapus informasi pribadi yang tersimpan di dalamnya.

Fitur-fitur premiumnya, di sisi lain, meliputi fitur App Lock yang berfungsi untuk mengunci aplikasi, fitur Anti-Phishing yang dapat menjaga informasi keuangan saat bertransaksi daring, serta fitur Filter web yang dapat memfilter tautan dan situs berbahaya ketika berselancar internet. Kaspersky, ketika artikel ini ditulis, menyediakan masa percobaan selama 30 hari untuk mengakses fitur premium yang ditawarkan.

Unduh di Play Store

Artikel terkait7 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android

2. Malwarebytes Security

Aplikasi antivirus terbaik yang ingin saya bahas selanjutnya adalah Malwarebytes Security, yang, selain untuk Android, juga tersedia untuk Windows, Mac, Chromebook, dan iOS. Malwarebytes untuk Android, sama seperti Kaspersky, disedikan melalui versi gratis dan premium, yang juga dapat diuji selama 30 hari sebelum berlangganan.

Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android
Gambar: Malwarebytes / Google Play Store

IKLAN

Versi gratis Malwarebytes dapat melakukan audit privasi terhadap semua aplikasi yang terinstal pada ponsel. Audit ini akan menunjukkan hak akses yang diizinkan pada setiap aplikasi, memungkinkan pengguna untuk memonitor penggunaannya. Selain itu, layaknya aplikasi antivirus, Malwarebytes juga menyediakan fitur untuk mencari serta menghapus adware dan malware, yang dapat dibawa oleh aplikasi yang terinstal pada ponsel.

Pengguna yang berlangganan akan mendapatkan peningkatan perlindungan terhadap virus. Malwarebytes dapat mendeteksi adanya ransomware sebelum dapat menginfeksi ponsel. Ini didukung dengan perlindungan waktu nyata yang disediakan. Selain itu, Malwarebytes juga menawarkan pengalaman berselancar internet yang aman, yang dapat memindai suatu alamat web sebelum pengguna mengaksesnya.

Unduh di Play Store

3. Avast Antivirus

Avast dapat memberikan ponsel pengguna perlindungan terbaik dari ancaman virus. Dengan sekali ketuk, Avast dapat memindai semua aplikasi yang terinstal pada ponsel, dan menghapusnya untuk mengamankan ponsel dari serangan malware, trojan, serta spyware.

Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android
Gambar: Avast Software / Google Play Store

Sama seperti aplikasi antivirus lainnya, Avast menyediakan sejumlah pembelian dalam aplikasi untuk menghapus iklan dan mengakses fitur premium yang ditawarkan, seperti fitur untuk mengunci aplikasi, mengaktifkan lokasi terakhir ponsel, dll. Pengguna premium, selain itu, juga akan dapat menghubungi Avast secara langsung untuk mendapatkan dukungan.

Fitur gratis yang ditawarkan juga tidak kalah menarik. Selain menawarkan perlindungan dari ancaman virus, Avast dapat memberikan pengguna wawasan untuk melihat waktu yang dihabiskan pada setiap aplikasi. Avast juga menawarkan alat pembersih sampah, yang dapat digunakan untuk menghapus tembolok dan berkas residual yang sudah tidak terpakai.

Baru-baru ini, Avast juga telah meluncurkan layanan VPN berbayar yang dapat membantu pengguna mengamankan dan menyembunyikan aktivitas daring. Avast menyediakan masa percobaan selama 7 hari, yang dapat dilanjutkan dengan berlangganan secara tahunan.

Unduh di Play Store

4. Norton Mobile Security and Antivirus

Norton menawarkan masa percobaan selama 30 hari bagi pengguna baru untuk mengakses fitur-fitur kunci yang disediakan. Namun, masa percobaan ini mengharuskan pengguna untuk mengaktifkan paket berlangganan selama satu tahun, yang dapat dibatalkan kapan saja.

Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android
Gambar: NortonMobile / Google Play Store

Fitur yang paling saya suka dari Norton adalah fitur pemindaian Wi-Fi, yang dapat memberi tahu pengguna jika terhubung pada koneksi yang tidak aman. Koneksi Wi-Fi yang tidak aman, setidaknya menurut Norton, adalah yang melibatkan penyerangan oleh Man-in-the-Middle (MitM) yang dapat mengintai aktivitas pengguna.

Sebagai aplikasi antivirus, Norton menawarkan tingkat deteksi yang sangat tinggi terhadap suatu ancaman, serta dapat menyapu bersih malware, spyware, dan virus lainnya yang dapat memperlambat dan merusak ponsel pengguna. Norton, selain itu, juga menawarkan fitur App Advisor, yang dapat secara otomatis mengecek setiap aplikasi, untuk kemanan ponsel dan privasi pengguna.

Unduh di Play Store

Artikel terkait6 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android

5. ESET Mobile Security & Antivirus

Aplikasi antivirus terbaik untuk Android yang terakhir pada daftar ini adalah ESET. Aplikasi antivirus ini, sama seperti Norton, menawarkan hampir semua fitur pentingnya untuk pengguna premium. Namun, fitur gratis yang ditawarkan sudah cukup untuk memberikan perlindungan pada ponsel dari ancaman virus.

Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android
Gambar: ESET / Google Play Store

Fitur-fitur gratis yang ditawarkan termasuk pemindaian virus, terutama malware. Ada juga fitur Anti-Phising, yang dapat melindungi pengguna ketika membuka suatu situs web yang berbahaya. ESET, selain itu, juga menyediakan laporan terkait proteksi yang telah diberikan.

Fitur-fitur premium yang ditawarkan meliputi fitur Connected Home yang dapat memindai jaringan yang terhubung pada ponsel, Proactive Anti-Theft yang dapat mengirim lokasi terakhir ponsel, serta fitur keamanan yang dapat mengunci aplikasi dengan PIN atau sidik jari.

Fitur-fitur premium yang ditawarkan ESET dapat dicoba selama 30 hari sejak pertama kali menginstal aplikasi. ESET, tidak seperti kebanyakan aplikasi antivirus lainnya, memungkinkan pengguna yang berlangganan untuk mengakses fitur premium pada hingga 5 ponsel berbeda.

Unduh di Play Store

Sangkalan: Artikel ini merupakan kompilasi dari sejumlah aplikasi antivirus terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...