8 Aplikasi Antivirus Terbaik di Android Edisi 2019

Data dan privasi pengguna merupakan hal yang sangat penting di era digital ini. Lindungi data-data tersebut dengan memasang salah satu dari aplikasi-aplikasi antivirus pihak ke-tiga yang sudah dirangkum di artikel berikut.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Selain untuk kebutuhan komunikasi, ponsel sudah menjadi bagian penting dari kehidupan pengguna untuk menunjang produktivitas di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, tidak sedikit pengguna yang menyimpan data-data pribadi yang bersifat penting dan sensitif di ponsel mereka. Namun, pada era digital di mana pencurian data sangat sering dilakukan, data-data yang tersimpan di ponsel tersebut mempunyai kemungkinan untuk diretas; baik itu melalui malware, adware, dll. Untuk mencegahnya, pengguna dapat memasang salah satu aplikasi antivirus terbaik berikut yang sudah saya rangkum di artikel ini—khusus untuk pengguna Android.

Aplikasi-aplikasi antivirus berikut tidak hanya memberikan pengguna perlindungan terhadap ancaman dari virus yang dapat merusak ponsel, namun juga dapat memberi keamanan peretasan terhadap data dan privasi pengguna. Aplikasi-aplikasi ini gratis, dan dapat diunduh melalui Play Store.

8 Aplikasi Antivirus Terbaik di Android Edisi 2019

1. Avast Mobile Security

Salah satu aplikasi antivirus terbaik di Android adalah Avast Mobile Security. Dengan sekali ketuk, aplikasi antivirus ini dapat memindai berbagai aplikasi di ponsel pengguna, termasuk terojan yang bersifat berbahaya. Selain itu, Avast juga memberikan perlindungan lengkap terhadap spyware dan virus.

IKLAN

Aplikasi Antivirus Terbaik di Android
Kredit gambar: Avast Software / Google Play Store

Avast memiliki beberapa pembelian dalam aplikasi, yang dapat memungkinkan pengguna untuk menghapus iklan dan mengakses fitur premium, seperti penguncian aplikasi, keamanan SIM, perangkap kamera, dll.Namun, meskipun fitur premium tadi kedengarannya sangat menggoda, versi gratis dari Avast juga memiliki beberapa fitur luar biasa untuk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap virus dan ancaman lain yang dapat membahayakan ponsel pengguna.

Fitur-fitur penting dari Avast Mobile Security:

  • Wawasan aplikasi untuk melihat waktu yang dhabiskan di setiap aplikasi;
  • Pembersih sampah untuk menghapus cache dan file residu yang tidak dipakai;
  • Photo Vault untuk mengamankan foto dari akses yang tidak diinginkan
  • Pengaman web untuk memberi perlindungan ketika pengguna sedang membuka suatu halaman web.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 10 Aplikasi Email Terbaik di Android

2. Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender Antivirus Free merupakan aplikasi antivirus yang menawarkan perlindungan menyeluruh terhadap semua ancaman di ponsel Android kita. Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi antivirus yang paling ringan, karena menggunakan teknologi cloud untuk melakukan pemindaian dengan hasil yang cepat. Selain itu, aplikasi ini juga tidak akan memperlambat atau menguras baterai ponsel pengguna. Untuk fitur keamanan, aplikasi ini juga menawarkan perlindungan real-time, dan dapat memindai aplikasi pada saat sedang dipasang.

Aplikasi Antivirus Terbaik di Android
Kredit gambar: Bitdefender McAfee LLC / Google Play Store

Bitdefender memiliki versi berbayar (Bitdefender Mobile Security & Antivirus), yang dapat diakses secara gratis melalui masa uji coba selama 14 hari. Fitur-fitur di versi berbayar hampir sama dengan yang ditawarkan di versi gratis, namun lebih canggih, yang meliputi pemindai Malware, privasi akun, keamanan web, Anti-pencurian, dan pengunci Aplikasi.

Fitur-fitur penting dari Bitdefender Antivirus Free:

  • VPN yang sudah terintegrasi untuk mengakses situs web yang diblokir;
  • Smart Unlock untuk membuka kunci aplikasi saat terhubung ke Wi-fi yang dudah dipercaya.
  • Perlindungan web untuk memindai adware, malware selama berselancar di internet;
  • Dukungan untuk perangkat Android Wear.

Unduh di Play Store

3. McAfee Mobile Security & Lock

McAfee merupakan salah satu aplikasi antivirus yang sudah terkenal sejak dulu. Di Android, aplikasi ini memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi Pro. Fitur-fitur di versi gratis meliputi fitur anti-pencurian, kunci keamanan, keamanan Wi-Fi, pengoptimal baterai, pembersih memori, dll. Fitur-fitur tambahan lainnya, yang menurut saya tidak terlalu penting, dapat pengguna dapatkan di versi Pro.

Aplikasi Antivirus Terbaik di Android
Kredit gambar: Kaspersky Lab / Google Play Store

McAfee juga memiliki antarmuka yang intuitif. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan tutorial untuk menggunakan setiap fitur yang ditawarkan di aplikasi ini.

Fitur-fitur penting dari McAfee Mobile Security & Lock:

  • Thief Cam untuk menangkap foto dari pengguna yang ingin mengakses ponsel kita tanpa izin;
  • Fitur untuk menghapus data dari jarak jauh jika terjadi pencurian atau kehilangan ponsel;
  • Perlindungan penghapusan anti-pencurian untuk menghentikan pencuri dari mencopot pemasangan aplikasi antivirus ini;
  • Dukungan untuk perangkat Android Wear.

Unduh di Play Store

4. Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky merupakan salah satu aplikasi antivirus terbaik di Android, yang memiliki fitur keamanan yang luar biasa. Sebenarnya tidak hanya di Android, Kespersky juga sudah terkenal sebagai aplikasi keamanan yang baik di berbagai OS, termasuk di Windows. Di Android sendiri, Kespersky disediakan dalam dua versi, yaitu versi gratis dengan pembelian fitur premium dalam aplikasi dan versi berbayar.

Aplikasi Antivirus Terbaik di Android
Kredit gambar: AVIRA / Google Play Store

Fitur versi gratis meliputi pemindaian aplikasi secara manual untuk malware dan virus. Fitur premium meliputi perlindungan real-time, anti-pencurian, anti-phishing, dan pengunci aplikasi untuk memberikan perlindungan ekstra untuk aplikasi penting pengguna. Namun, tidak perlu khawatir bagi yang tidak ingin membayar, pengguna dapat mengakses semua fitur premium tersebut untuk uji coba gratis selama 30 hari.

Fitur-fitur penting dari Kespersky Mobile Antivirus:

  • Filter panggilan untuk memblokir panggilan spam dan yang tidak diinginkan;
  • Fitur ‘temukan ponsel saya’ untuk mencari ponsel pengguna jika hilang;
  • Aplikasi latar belakang dari Kespersky untuk memeriksa malware pada aplikasi yang diunduh di ponsel;
  • Perlindungan kuat terhadap virus, trojan, dan malware.

Unduh di Play Store

5. Avira Antivirus Security

Avira Antivirus merupakan aplikasi kemanan di Android yang dapat diandalkan. Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, dan sebagian besar fungsinya tersedia dalam versi gratis yang ditawarkan. Dalam hal perlindungan terhadap virus dan privasi, Avira dapat memindai unit penyimpanan eksternal, seperti kartu SD. Selain itu, Avira juga dapat menunjukkan bagaimana setiap aplikasi mengelola privasi pengguna.

Aplikasi Antivirus Terbaik di Android
Kredit gambar: AVG Mobile / Google Play Store

Fitur lainnya termasuk tracker, yang dapat melacak lokasi ponsel pengguna jika hilang, atau kapan pun jika diperlukan. Dengan fitur ini, pengguna juga dapat meminta siapa pun yang menemukan ponsel hilang tersebut untuk menelpon pengguna. Dengan versi premium, pengguna akan mendapatkan perlindungan ekstra seperti perlindungan kamera, keamanan browser tambahan, dll. Fitur-fitur premium tersebut dapat dengan mudah dibeli melalui pembelian di dalam aplikasi.

Fitur-fitur penting dari Avira Antivirus Security:

  • Privacy Advisor untuk menunjukkan bagaimana aplikasi mengumpulkan data pengguna;
  • Perlindungan kamera dan Mic untuk keamanan terhadap serangan pengintai;
  • Ant-ransomware untuk perlindungan dari serangan ransomware;
  • Perlindungan malware berbasis web.

Unduh di Play Store

6. AVG AntiVirus

Aplikasi antivirus terbaik di Android lainnya adalah AVG AntiVirus. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh AVG Technologies yang merupakan anak perusahaan Avast. AVG AntiVirus sudah memiliki sebagian besar fitur standar yang diperlukan oleh suatu program antivirus dan keamanan di era internet modern ini, seperti pemindaian berkala, keamanan Wi-Fi, pembersih sampah, RAM booster, pemblokir panggilan, penghemat daya, dll. Fitur-fitur lainnya ada di versi premium dari aplikasi ini, yang dapat diperoleh dengan membayar, atau masa uji coba selama 14 hari.

Aplikasi Antivirus Terbaik di Android
Kredit gambar: AVG Mobile / Google Play Store

Selain aplikasi antivirus, AVG juga memiliki beberapa aplikasi tambahan, seperti AVG Cleaner, AVG secure VPN, Alarm Clock Xtreme, dan aplikasi Galeri yang juga tersedia gratis di Play Store.

Fitur-fitur penting dari AVG AntiVirus:

  • Antivirus dengan ‘doble-engine’ untuk menghapus virus dan konten berbahaya lainnya;
  • Fitur peningkatan kinerja untuk memperpanjang masa penggunaan baterai;
  • Galeri foto untuk mengunci foto.

Unduh di Play Store

7. Norton Security & Antivirus

Norton Security & Antivirus erupakan salah satu aplikasi antivirus terbaik di Android dengan fitur-fitur yang mengesankan. Aplikasi ini menawarkan tingkat deteksi yang tinggi terhadap ancaman virus, dan dapat menyapu bersih malware, spyware, atau virus lainnya yang dapat memperlambat pongguna. Selain fitur keamanan, Norton juga memungkinkan pengguna untuk memblokir panggilan atau SMS yang tidak diinginkan. Norton juga memiliki fitur kontrol jarak jauh, yang akan sangat bergua jika ponsel pengguna hilang. Melalui fitur ini, pengguna dapat membunyikan ponsel dan menguncinya untuk mencegah pencurian data.

Aplikasi Antivirus Terbaik di Android
Kredit gambar: NortonMobile / Google Play Store

Selain aplikasi antivirus, Norton juga menyediakan aplikasi lainnya yang dapat membantu pengguna mengunci aplikasi di ponsel, dan mengelola kata sandi, yang juga tersedia secara gratis di Play Store. Fitur premium dari aplikasi ini dapat diakses melalui masa uji coba selama 30 hari.

Fitur-fitur penting dari Norton Security & Antivirus:

  • Pemindaian Wi-fi untuk memberi tahu pengguna tentang koneksi wi-fi yang tidak aman;
  • Safe Search untuk menandai situs web yang tidak aman selama berselancar di internet;
  • Pemblokiran panggilan untuk panggilan spam dan yang tidak diinginkan;
  • Sneak Peek untuk mengambil foto pengguna lain yang mengakses ponsel kita tanpa izin.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 8 Aplikasi Berita Terbaik di Android

8. 360 Security

360 Security merupakan aplikasi antivirus terbaik di Android, dan mungkin yang paling populer di kalangan pengguna Android. Aplikasi ini terpasang secara default di beberapa ponsel mid-range yang pernah saya gunakan, dan lebih berfungsi sebagai aplikasi cleaner. Fitur utamanya termasuk perlindungan antivirus, pembersih sampah, penambah kecepatan, layar kunci yang memiliki banyak fungsi, pendingin CPU, perlindungan anti-pencurian, dll.

Aplikasi Antivirus Terbaik di Android
Kredit gambar: 360 Mobile Security Limited / Google Play Store

Selain itu, 360 Security juga menawarkan perlindungan real-time, di mana ponsel pengguna selalu dimonitor untuk perlindungan terhadap virus dan ancaman lainnya. Aplikasi ini juga memiliki layar kunci multi-fungsi untuk memberikan pengguna status ponsel langsung dari layar kunci. Aplikasi antivirus dapat diunduh secara gratis di Play Store dengan pembelian dalam aplikasi. Namun, aplikasi ini menampilkan iklan, yang menurut saya, sangat mengganggu.

  • Speed booster untuk membersihkan RAM ponsel dan meningkatkan pengalaman bermain game;
  • Filter Panggilan & SMS;
  • Intruder selfie untuk menangkap foto pengguna lain yang ingin mencoba menggunakan ponsel pengguna tanpa izin.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi antivirus terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...