5 Aplikasi Backup Terbaik untuk Android

Untuk mencegah hilangnya data-data penting.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Melakukan backup, atau mencadangkan data yang tersimpan pada ponsel merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan, meski sering diabaikan. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas sejumlah aplikasi backup terbaik untuk Android, yang dapat membantu pengguna mengamankan data-data penting.

Pencadangan dapat dilakukan untuk mencegah hilangnya data-data penting yang tersimpan pada ponsel Android pengguna, baik karena terhapus secara tidak sengaja atau karena rusaknya perangkat. Pencadangan, selain itu, pada beberapa kasus, juga perlu dilakukan ketika pengguna ingin memindahkan data dari satu ponsel ke ponsel yang lain, atau ingin mengembalikannya setelah menyetel ulang ponsel ke pengaturan pabrik.

IKLAN

Beberapa aplikasi pada daftar berikut menawarkan fungsi pencadangan khusus; salah satunya ada yang menawarkan untuk mencadangkan berkas penting, dan ada juga yang dikembangkan untuk hanya mencadangkan aplikasi saja. Beberapa juga memerlukan akses root, namun hanya dibutuhkan untuk aksi tingkat lanjut, seperti mengembalikan hasil cadangan aplikasi secara bersamaan, dsb.

1. G Cloud Backup

Aplikasi backup terbaik untuk Android yang pertama ingin saya bahas adalah G Cloud Backup. Aplikasi backup ini merupakan salah satu yang dapat mencadangkan data penggunanya ke ruang penyimpanan berbasis awan. Pengguna, yang ingin melakukannya, perlu mendaftar terlebih dahulu, yang dapat dilakukan secara gratis menggunakan surel atau akun Facebook.

Aplikasi Berita Terbaik untuk Android
Gambar: Genie9 LTD / Google Play Store

Selain menggunakan ruang penyimpanan awan, G Cloud Backup juga menawarkan fitur untuk mencadangkan data pengguna ke kartu SD eksternal. Ini bermanfaat bagi pengguna yang memiliki data-data penting yang bersifat sangat rahasia, yang, jika diunggah ke tempat lain, memiliki resiko untuk dapat dicuri atau disalah gunakan.

G Cloud Backup dapat mencadangkan hampir semua jenis data yang tersimpan pada ponsel, termasuk SMS, kontak, dokumen, foto, video, dsb. Pengguna bahkan juga dapat mencadangkan pengaturan ponsel. Selain itu, proses pencadangan ini juga dapat dilakukan tanpa akses root, dan proses pemuihan data yang telah dicadangkan dapat dilakukan dengan mudah.

IKLAN

G Cloud, sebagai informasi, menyediakan ruang penyimpanan awan 1 GB bagi pengguna gratis. Pengguna dapat meningkatkannya dengan membayar, atau melalui metode rujukan. Pengguna dapat mengakses ruang penyimpanan awan yang ditawarkan menggunakan platform apa saja melalui situs resmi.

Unduh di Play Store

Artikel terkait6 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android

2. Super Backup & Restore

Super Backup & Restore juga mendukung pencadangan untuk hampir semua jenis data, termasuk SMS, kontak, riwayat panggilan, kalender, serta aplikasi yang terinstal pada ponsel pengguna. Hasil cadangan, ketika artikel ini ditulis, dapat disimpan pada kartu SD eksternal atau akun Google Drive.

Aplikasi Berita Terbaik untuk Android
Gambar: MobileIdea Studio / Google Play Store

Seperti yang telah saya sebutkan, Super Backup & Restore mendukung pencadangan aplikasi, namun membutuhkan akses root untuk melakukannya. Selain itu, dengan akses root, Super Backup & Restore juga mengizinkan pengguna untuk memulihkan secara bersamaan aplikasi-aplikasi yang telah dicadangkan.

IKLAN

Super Backup & Restore mendukung pula pencadangan tautan aplikasi ke Play Store, yang berguna ketika ingin mengunduhnya kembali. Pengguna, selain itu, juga dapat mengatur jadwal agar Super Backup & Restore dapat melakukan pencadangan secara otomatis.

Super Backup & Restore disediakan secara gratis, namun menampilkan iklan dan menawarkan pembelian dalam aplikasi. Pengguna dapat membeli versi premium, Super Backup Pro, untuk menghapus iklan, yang dijual dengan harga Rp15.000 ketika artikel ini ditulis.

Unduh di Play Store

3. Google Photos

Google Photos sebenarnya bukan merupakan aplikasi backup, melainkan layanan penyimpanan awan. Meski begitu, sesuai dengan namanya, Google Photos dapat dipakai untuk mencadangkan foto dan video pengguna ke ruang penyimpaanan awan yang ditawarkan oleh Google secara gratis.

Aplikasi Berita Terbaik untuk Android
Gambar: Google LLC / Google Play Store

Karena Google Photos merupakan layanan penyimpanan berbasis awan, foto dan video yang diunggah dapat diakses kapan saja dan di mana saja, serta melalui perangkat apa saja. Pengguna, selain itu, juga dapat membagikan foto dan video yang telah diunggah ke pengguna lain, termasuk teman, koleha, maupun keluarga.

Google mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dan video dengan jumlah yang tidak terbatas, tanpa adanya batasan penggunaan ruang penyimpanan Namun, kualitas-kualitas dan resolusinya akan direndahkan sedikit, maksimal 16 MP untuk foto dan 1080p untuk video.

Pengguna dapat mengunggah fto dan video dengan kualitas penuh, namun akan mengambil ruang penyimpanan dari Google Drive. Pengguna gratis Google Drive, sebagai informasi, hanya disediakan ruang penyimpanan 15 GB untuk segala jenis berkas, tidak hanya foto dan video saja. Pengguna dapat meningkatkannya dengan berlangganan Google One.

Unduh di Play Store

4. Buggy Backup Pro

Buggy Backup Pro merupakan salah satu aplikasi backup premium, yang dikhususkan untuk mencadangkan aplikasi. Pengguna, ketika artikel ini ditulis, dapat membelinya dengan harga Rp84.000. Harga ini, menurut saya, setimpal dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkannya.

Aplikasi Berita Terbaik untuk Android
Gambar: buggysofts / Google Play Store

Dengan Buggy Backup Pro, pengguna dapat mencadangkan aplikasi tanpa akses root. Pengguna juga dapat mengekstrak berkas APK dari aplikasi yang telah terinstal. Berkas APK tersebut dapat digunakan untuk menginstal ulang aplikasi pada perangkat yang berbeda, atau pada perangkat yang sama setelah menyetelnya ulang ke pengaturan pabrik.

Hasil cadangan aplikasi dapat disimpan ke ruang penyimpanan internal, kartu SD, dan ruang penyimpanan awan, termasuk Google Drive, Dropbox, OneDrive, dsb. Pengguna, selain itu, juga dapat membagikan hasil cadangan ke pengguna lain melalui Bluetooth, Wi-Fi Direct, NFC, IR, dan aplikasi-aplikasi yang mendukung pembagian berkas.

Buggy Backup Pro juga menyediakan opsi untuk mengecek nama paket aplikasi yang akan atau telah dicadangkan, nomor versinya, serta tanggal dan waktu penginstalan. Fitur-fitur lainnya meliputi pengimpor cadangan bawaan, empat tema pilihan, penghapus tembolok aplikasi, dsb.

Unduh di Play Store

Artikel terkait4 Aplikasi Baca Berita Terbaik untuk Android

5. Backup Your Mobile

Aplikasi backup terbaik untuk Android yang terakhir pada daftar ini adalah Backup Your Mobile. Aplikasi backup ini hanya menawarkan fitur-fitur yang penting saja, membuatnya ringan untuk digunakan, dan tampak sederhana untuk dipandang.

Aplikasi Berita Terbaik untuk Android
Gambar: Artur Jaszczyk / Google Play Store

Backup Your Mobile dapat mencadangkan segala jenis berkas termasuk daftar kontak, riwayat panggilan, SMS, MMS, kalender, bahkan juga pengaturan sistem. Pengguna, selain itu, menariknya, juga dapat mencadangkan APN, kata sandi jaringan Wi-Fi, serta juga penanda dan riwayat yang tersimpan pada peramban.

Hasil cadangan dapat disimpan ke ruang penyimpanan internal dan kartu SD eksternal. Backup Your Mobile juga memberi opsi untuk mencadangkan ke layanan ruang penyimpanan awan, seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, atau Yandex Disk.

Backup Your Mobile dapat diunduh secara gratis, namun menampilkan iklan yang mengganggu. Iklan tersebut, sayangnga, tidak dapat dihilangkan karena Backup Your Mobile tidak menyediakan versi premium maupun pembelian dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

Sangkalan: Artikel ini merupakan kompilasi dari sejumlah aplikasi backup terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...