• Opini

5 Aplikasi Backup Terbaik di Android

Proses pencadangan biasanya dilakukan ketika ingin berganti ponsel, atau ingin menyetelnya ulang ke pengaturan pabrik.

Pilihan

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Istilah Net Neutrality, atau Netralitas Net, kian populer, terutama ketika ada suatu negara yang mengisukan untuk menghapusnya. Banyak berpendapat...

Cara Mengunci Folder dengan ‘Password’ di Windows

Setiap pengguna memiliki dokumen rahasianya sendiri yang tidak seharusnya dilihat atau diakses pengguna lain. Memberikan keamanan dan perlindungan terhadap...

Kenapa Kamera Ponsel dari Jepang Tidak Dapat Dibuat ‘Silent’

Ponsel yang diproduksi untuk Jepang dibekali dengan kamera yang bunyi shutter-nya tidak dapat dibuat "silent," atau dinonaktifkan. Selain kamera,...

Cara Menggabungkan Berkas PDF Menjadi Satu

PDF, atau Protected Document Format, merupakan format berkas yang dikembangkan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format berkas ini pertama...

Melakukan pencadangan, atau backup, merupakan salah satu hal yang penting, namun sering diabaikan, untuk dilakukan ketika memiliki berkas atau data penting yang tersimpan di ponsel. Ini biasanya dilakukan untuk mencegah hilangnya data-data tersebut, baik karena terhapus secara tidak sengaja, atau karena rusaknya perangkat. Melalui artikel ini, saya sudah merangkum beberapa aplikasi backup terbaik di Android, yang dapat membantu pengguna mengamankan data di ponsel.

Beberapa aplikasi yang akan saya sebutkan berikut memiliki fungsi pencadangan khusus, seperti salah satu berfokus untuk mencadangkan berkas penting, dan ada yang dikembangkan untuk mencadangkan kontak ataupun pesan teks saja. Ada beberapa aplikasi yang juga membutuhkan akses root, namun hal tersebut hanya diperlukan untuk melakukan pencadangan tingkat lanjut, seperti mencadangkan data aplikasi, dll.

5 Aplikasi Backup Terbaik di Android

1. G Cloud Backup

Aplikasi backup terbaik di Android yang pertama ingin saya bahas adalah G Cloud Backup. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang akan mencadangkan data penggunanya ke cloud. Oleh karena itu, pengguna perlu membuat akun terlebih dahulu untuk menggunakan fitur yang ditawarkan seutuhnya, yang dapat dilakukan secara gratis.

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Kredit gambar: Genie9 LTD / Google Play Store

G Cloud Backup dapat melakukan pencadangan terhadap hampir semua jenis data yang tersimpan di ponsel, seperti SMS, kontak, dokumen, foto, video, dll. Pengguna bahkan juga dapat mencadangkan pengaturan yang telah disetel untuk ponsel. G Cloud Backup juga tidak membutuhkan akses root untuk melakukan semua pencadangan tersebut. Proses pemulihan terhadap data yang sudah dicadangkan juga dapat dilakukan dengan mudah.

Bagi pengguna yang tidak ingin mencadangkan berkasnya ke cloud, G Cloud Backup sudah menyediakan fitur untuk melakukannya ke kartu SD eksternal. Namun, bagi pengguna yang tertarik, G Cloud juga sudah menyediakan ruang penyimpanan cloud 1GB yang dapat digunakan untuk menyimpan berkas hasil pencadangan. Pengguna bahkan dapat mengakses cloud tersebut melalui situs resminya langsung, yang beralamat di https://www.gcloudbackup.com.

Unduh di Play Store

Artikel terkait8 Aplikasi File Manager Terbaik di Android

2. Super Backup & Restore

Aplikasi backup berikutnya memiliki nama Super Backup & Restore. Aplikasi ini juga dapat melakukan pencadangan untuk setiap jenis data yang tersimpan, termasuk juga aplikasi yang terinstal di ponsel pengguna. Pencadangan data tersebut dapat dilakukan ke kartu SD eksternal.

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Kredit gambar: MobileIdea Studio / Google Play Store

Super Backup & Restore juga mendukung pencadangan tautan dari aplikasi menuju halamannya di Play Store, yang berguna ketika ingin mengunduh kembali aplikasi tersebut. Pengguna juga dapat mencadangkan data dari aplikasi yang terinstal, namun membutuhkan akses root untuk melakukannya. Selain itu, dengan akses root, pengguna juga dapat memulihkan aplikasi yang sudah dicadangkan dengan jumlah yang banyak.

Selain kartu SD eksternal, Super Backup & Restore juga mendukung untuk melakukan pencadangan ke akun Google Drive, yang tentu saja memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan menyimpan hasil pencadangan tersebut ke perangkat lain. Pengguna juga dapat mengatur jadwal agar Super Backup & Restore dapat melakukan pencadangan secara otomatis.

Aplikasi Super Backup & Restore yang saya bahas ini adalah yang versi gratis. Versi pro dari aplikasi ini, yang dinamai Super Backup Pro, menawarkan penghapusan iklan di dalam aplikasi, dan dapat dibeli dengan harga Rp15,000.

Unduh di Play Store

3. Google Drive

Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud gratis yang ditawarkan Google, dan menyediakan ruang penyimpanan dasar sebesar 15GB. Ruang ini cukup untuk mencadangkan berkas-berkas yang tersimpan di ponsel. Namun, karena ini “secara teknis” bukan merupakan aplikasi backup, Google Drive tidak banyak menawarkan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi backup pada umumnya, seperti pencadangan aplikasi, SMS, dll.

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Kredit gambar: Google LLC / Google Play Store

Meskipun begitu, pengguna tetap dapat melakukan pencadangan berkas-berkas lainnya, seperti foto, dokumen, dan berkas lainnya yang pengguna anggap penting. Selain itu, karena tersimpan di cloud, pengguna juga dapat mengakses berkas-berkas hasil pencadangan tersebut di mana saja dan kapan saja, serta melalui perangkat apa saja.

Aplikasi Google Drive di Android ini dapat diunduh secara gratis, dan tidak menampilkan iklan. Namun, Google menawarkan beberapa pembelian di dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menambah kapasitas dari ruang penyimpanan 15GB tersebut, yang semula ditawarkan secara gratis.

Unduh di Play Store

4. Backup & Restore

Aplikasi backup terbaik di Android selanjutnya adalah Backup & Restore. D*mn, banyak sekali aplikasi yang dinamai sesuai dengan fungsi yang ditawarkan. Aplikasi ini, ya sesuai dengan namanya, dapat melakukan pencadangan terhadap berkas-berkas pengguna, namun tidak semuanya. Yang dapat dicadangkan adalah aplikasi, yang kemudian juga disimpan berkas APKnya, dan riwayat panggilan yang tersimpan di ponsel.

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Kredit gambar: Trustlook Security Lab / Google Play Store

Fitur-fiturnya meliputi pencadangan, pemulihan, dan pengiriman berkas ke ruang penyimpanan internal maupun eksternal. Pencadangan berkas juga dapat dilakukan ke Google Drive dan Dropbox. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur jadwal untuk melaukan pencadangan APK secara otomatis.

Selagi saya membaca deskripsi dari aplikasi ini melalui halaman unduhannya di Play Store, ada beberapa hal “baru” yang saya temui. Salah satunya terbaca, “App Backup Restore – Transafer can only auto back-up to RAM & SD card, auto backup to cloud CANNOT be achieved.” Dari deskripsi tersbeut, saya banyak belajar, dan menyimpulkan jika RAM sekarang dapat digunakan untuk menyimpan berkas digital, termasuk hasil pencadangan /s.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Aplikasi Keyboard Terbaik di Android

5. SMS Backup & Restore

Aplikasi backup terbaik di Android yang terakhir di daftar ini adalah SMS Backup & Restore. Aplikasi ini merupakan aplikasi backup yang dikhususkan untuk mencadangkan pesan teks, atau SMS, yang tersimpan di ponsel pengguna. Selain SMS, aplikasi ini juga dapat mencadangkan MMS dan riwayat panggilan. Hasil pencadangan yang dilakukan akan disimpan dalam format .XML, dan dapat ditransfer melalui Wi-Fi dengan dua ponsel yang berbeda.

Aplikasi Backup Terbaik di Android
Kredit gambar: SyncTech Pty Ltd / Google Play Store

Pengguna dapat melakukan pencadangan ke ruang penyimpanan di ponsel, atau ke layanan cloud, seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive. Selain itu, SMS Backup & Restore juga memiliki fitur yang dapat mengatur jadwal pencadangan secara otomatis. Pengguna juga dapat memilih antara memulihkan SMS atau memilih SMS mana yang ingin dipulihkan.

SMS Backup & Restore disediakan secara gratis, dan tidak menawarkan pembelian di dalam aplikasi. Sayangnya, aplikasi ini tidak memiliki dukungan untuk mencadangkan RCS, atau Advanced Messaging, dan menampilkan iklan yang tidak terlalu mengganggu.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi backup terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Istilah Net Neutrality, atau Netralitas Net, kian populer, terutama ketika ada suatu...

Cara Mengunci Folder dengan ‘Password’ di Windows

Setiap pengguna memiliki dokumen rahasianya sendiri yang tidak seharusnya dilihat atau diakses pengguna lain. Memberikan keamanan dan perlindungan terhadap dokumen tersebut adalah hal yang...

Kenapa Kamera Ponsel dari Jepang Tidak Dapat Dibuat ‘Silent’

Ponsel yang diproduksi untuk Jepang dibekali dengan kamera yang bunyi shutter-nya tidak dapat dibuat "silent," atau dinonaktifkan. Selain kamera, bunyi ketika mengambil tangkapan layar...

Cara Menggabungkan Berkas PDF Menjadi Satu

PDF, atau Protected Document Format, merupakan format berkas yang dikembangkan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format berkas ini pertama kali dikenalkan oleh Adobe Systems...