4 Aplikasi Baca Berita Terbaik untuk Android

Klub anti hoaks.

Pilihan

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu,...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas...

Seiring dengan berkembangnya teknologi, surat kabar, tabloid, bahkan siaran radio telah menjadi bagian dari masa lalu. Pengguna kini dapat membaca berita melalui situs web, yang juga dapat diakses dari sebuah aplikasi. Berikut sudah saya rangkum beberapa aplikasi agregator berita terbaik untuk Android, guna mewarnai hari dengan informasi terkini.

Aplikasi agregator berita, sesuai dengan panggilannya, berfungsi untuk mengumpulkan berita dari berbagai publikasi, dan mengaksesnya melalui satu medium. Beberapa aplikasi juga mengizinkan pengguna untuk memilih publikasi yang diminati, serta topik yang ingin dibaca, seperti berita dunia, berita teknologi, dsb.

1. Google News

IKLAN

Aplikasi agregator berita terbaik untuk Android pertama pada artikel ini ialah Google News. Aplikasi ini dapat memberi rangkuman dari suatu topik, dan menyusunnya lima berita, yang meliputi berita utama, berita Indonesia, dan berita lainnya sesuai dengan topik yang diminati pengguna.

Aplikasi Berita Terbaik Android
Gambar: Google LLC / Google Play Store

Tab “Untuk Anda” pada aplikasi menampilkan berita utama yang relevan. Beita-berita yang ditampilkan pada tab ini telah dipersonalisasi berdasarkan aktifitas pengguna pada platform Google. Tab “Liputan Lengkap,” di sisi lain, mengumpulkan sejumlah berita dengan topik yang sama, beserta dengan perkembangannya, dari sejumlah publikasi berbeda.

Selain itu, Google News juga menawarkan tab “Berita Utama” yang berisi sejumlah berita terkini dan terpopuler dari seluruh penjuru dunia. Ada juga seksi khusus yang dapat digunakan pengguna untuk mengakses berita yang meliput topik yang diminati, seperti berita hiburan, teknologi, bisnis, olahraga, dunia, dll.

Unduh di Play Store

2. Feedly

Feedly merupakan aplikasi pembaca RSS, dan banyak diyakini sebagai penerus dari Google Reader, yang telah didiskontinu sejak tahun 2013 lalu. Feedly cocok digunakan bagi pengguna yang hanya ingin membaca berita dari publikasi terentu, tanpa harus disuguhi dengan berita dari publikasi lain yang tidak dipercaya.

Aplikasi Berita Terbaik Android
Gambar: Feedly Team / Google Play Store

Aplikasi Feedly juga cukup responsiv, dan dapat memperbarui konten RSS yang terdaftar dengan cepat. Pengguna juga dapat membuat personalisasi terhadap umpan RSS yang terdaftar, seperti penyortiran melalui kategori yang dibuat sendiri, penyimpanan berita yang ingin dibaca pada lain waktu, dsb.

Feedly dapat dijalankan dengan mudah, sama seperti layanan pembaca RSS pada umumnya. Pengguna hanya perlu mencari dan menambahkan tautan umpan RSS dari suatu publikasi. Selain itu, Feedly juga dapat menyarankan suatu publikasi, berdasarkan publikasi yang telah ditambahkan sebelumnya atau topik yang diminati.

Unduh di Play Store

3. Flipboard

Flipboard memiliki desain antarmuka yang elegan. Tata letak halamannya dari setiap artikel, yang bergaya seperti hasil cetakan, membuat pengalaman membaca berita menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, Fliipboard juga menawarkan fitur “Magazine” yang dapat digunakan untuk menyimpan berita.

Aplikasi Berita Terbaik Android
Gambar: Flipboard / Google Play Store

Flipboard menyusun dan menampilkan beritanya berdasarkan topik dan publikasi yang diminati oleh pengguna. Flipboard juga dapat menampilkan berita terkini yang sedang populer dari sejumlah publikasi terkenal, seperti The New York Times, National Geographic, dll.

Topik-topik berita populer yang ditawarkan Flipboard termasuk News & Politics, Tech & Science, Business & Entrepreneurship, Sports, Entertainment, Lifestyle & Wellness, Food & Cooking, Travel, Home & Gardening, Style, dan masih banyak lagi.

Unduh di Play Store

4. Microsoft News

Aplikasi agregator berita terbaik untuk Android yang terakhir ingin saya bahas ialah Microsoft News. Aplikasi agregator berita dari Microsoft ini menawarkan desain yang terstruktur, yang dapat memudahkan navigasi pengguna dalam ketika membaca berita.

Aplikasi Berita Terbaik Android
Gambar: Microsoft Corporation / Google Play Store

Sama seperti aplikasi agregator berita lainnya, Microsoft News juga mengizinkan pengguna untuk memilih topik dan publikasi yang diminati. Microsoft News kemudian akan mengumpulkan dan menampilkan berita dari hasil personalisasi tersebut ke pengguna. Pengaturan ini, sebagai informasi, dapat disinkronisasikan menggunakan akun Microsoft.

Microsoft News, dikutip dari halaman resminya di Play Store, telah menjalin kemitraan dengan ratusan publikasi secara global. Maka dari itu, selain dapat menampilkan berita yang dipersonalisasi, Microsoft News juga dapat menampilkan berita yang sedang populer dari seluruh penjuru dunia.

Unduh di Play Store

Catatan: Artikel ini merupakan kompilasi dari aplikasi berita terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya ingin membahas tentang cara membuat...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan Volume. Setiap kanal menawarkan versi...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas beberapa aplikasi email terbaik untuk...