6 Aplikasi Catatan Terbaik untuk Android

Ingatan yang kuat masih kalah dengan tulisan buram di atas kertas, atau pada layar ponsel.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Catatan dapat berfungsi sebagai pengingat untuk hal-hal penting yang melintas pada kehidupan sehari-hari. Dengan bantuan ponsel pintar, membuat catatan dapat dilakukan dengan mudah dan kapan saja. Berikut beberapa aplikasi pembuat catatan terbaik untuk Android, yang dapat membantu dan meningkatkan produktivitas pengguna.

Aplikasi pembuat catatan pada daftar berikut menawarkan fungsi yang beragam, seperti adanya fitur untuk membuat pengingat, fitur untuk membuat daftar tugas, bahkan fitur untuk memindai dokumen. Beberapa aplikasi juga menawarkan kemampuan untuk membagikan catatan kepada teman, keluarga, atau kolega.

1. Evernote

IKLAN

Evernote merupakan salah satu aplikasi pembuat catatan yang sering saya gunakan. Selain dapat membantu mendokumentasikan ide-ide kreatif, Evernote juga dilengkapi dengan sejumlah kemampuan yang menarik. Pengguna dapat membuat catatan memo, jurnal, daftar tugas, dll.

Aplikasi Catatan Terbaik untuk Android
Gambar: Evernote Corporation / Google Play Store

Evernote tidak hanya mendukung format teks saja. Format catatan yang didiukung termasuk sketsa, foto, audio, rekaman audio, video, PDF, bahkan kliping situs web yang dapat diambil ketika sedang berselancar internet. Evernote, selain itu, juga telah mendukung mode malam, sebuah fitur yang wajib dimiliki oleh suatu aplikasi.

Evernote juga dilengkapi dengan alat pemindai dokumen menggunakan kamera ponsel, yang hasilnya dapat dilampirkan pada sebuah catatan. Pengguna juga dapat mengatur widget pada layar utama ponsel untuk dapat mengakses Evernote dengan lebih cepat. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur opsi keamanan, baik menggunakan PIN maupun sidik jari, untuk melindungi catatan yang disimpan di Evernote.

Pengguna dapat menynkronkan catatan yang disimpan di Evernote pada perangkat lain. Untuk pengguna gratis, Evernote membolehkan maksimal dua perangkat tersinkron, sedangkan pengguna berbayar dapat menynkronkan akunnya pada perangkat dengan jumlah yang tidak terbatas. Pengguna dapat berlangganan Evernote premium dengan harga US$7.99 per bulan, atau US$69.99 per tahun.

IKLAN

Unduh di Play Store

Artikel terkait7 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android

2. Microsoft OneNote

Aplikasi pembuat catatan terbaik untuk Android yang kedua pada daftar ini adalah Microsoft OneNote. Sesuai dengan namanya, OneNote dikembangkan oleh Microsoft, dan merupakan bagian dari aplikasi Microsoft Ofiice, yang membuatnya memiliki integrasi dengan aplikasi seperti Word, Excel, dll.

Aplikasi Catatan Terbaik untuk Android
Gambar: Microsoft Corporation / Google Play Store

Microsoft OneNote menawarkan fitur-fitur menarik yang dapat meningkatkan produktivitas pengguna, terutama dalam hal membuat catatan. Pengguna dapat menulis konten catatan dengan lancar, dan mengeditnya sesuai selera. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur catatan, sesuai dengan buku catatan atau kategori yang telah ditentukan.

Selain untuk membuat catatan teks, sama seperti Evernote, OneNote juga memungkinkan pengguna untuk membuat catatan dari sketsa, membuat daftar tugas, dll. Pengguna juga dapat memindai dokumen untuk kemudian dilampirkan pada catatan. Ada juga fitur kliping web untuk mendokumentasikan riwayar berselancar di internet.

IKLAN

Tidak seperti Evernote, Microsoft OneNote mengizinkan pengguna gratisnya untuk menynkronkan catatan pada perangkat dengan jumlah yang tidak terbatas. Selain Android, platform lainnya yang didukung termasuk platform web, Windows PC, macOS, dan iOS.

Unduh di Play Store

3. Google Keep

Google Keep merupakan aplikasi pembuat catatan yang menawarkan fitur-fitur sederhana, namun dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Ketika membuat catatan dengan Google Keep, pengguna dapat melampirkan foto, membuat daftar tugas, dll. Pengguna juga dapat membuat catatan melalui rekaman suara, yang dapat langsung ditranskrip.

Aplikasi Catatan Terbaik untuk Android
Gambar: Google LLC / Google Play Store

Fitur yang paling saya suka dari Google Keep adalah fitur pengingatnya. Tidak seperti pengingat biasa, fitur pengingat yang ditawarkan Google Keep dapat mengingatkan pengguna akan catatan berdasarkan lokasi. Ketika membuat catatan untuk berbelanja di suatu toko, sebagai contoh, pengguna dapat diingatkan ketika sedang berada di toko tersebut.

Google Keep juga menawarkan fitur untuk membagikan catatan dengan teman, keluarga, maupun kolega. Catatan yang dibagi dapat diedit bersamaan dalam waktu nyata. Fitur sinkronisasi yang ditawarkan juga memungkinkan pengguna untuk mengakses catatan melalui berbagai platform, termasuk, selain Android, platform web, iOS, dan ekstensi Google Chrome.

Unduh di Play Store

4. ColorNote

ColorNote merupakan salah satu aplikasi pembuat catatan yang masuk ke dalam daftar Pilihan Editor Google. Aplikasi ini merupakan aplikasi pembuat catatan yang paling ringan dari pada daftar ini. Meski begitu, ColorNote tetap dilengkapi dengan fitur yang mumpuni untuk membantu meningkatkan produktivitas pengguna.

Aplikasi Catatan Terbaik untuk Android
Gambar: Notes / Google Play Store

Selain membuat catatan, pengguna juga dapat membuat memo, daftar tugas, dan pengingat. Selain itu, sesuai dengan namanya, ColorNote, pengguna juga dapat mengatur catatan yang telah dibuat berdasarkan warna yang dapat dipilih.

ColorNote, selain itu, juga menyediakan opsi untuk menyinkronkan catatan yang telah dibuat oleh pengguna pada berbagai platform yang didukung. Pengguna juga dapat membuat cadangan untuk catatan pada kartu SD, yang kemudian dapat dibagikan melalui surel, layanan perpesanan, atau media sosial.

Fitur lainnya yang ditawarkan ColorNote adalah ditur keamanan. Pengguna dapat mengatur kata sandi untuk mengakses catatan yang disimpan pada ColorNote. Ini dapat dilakukan untuk mengamankan catatan dari akses orang lain, baik untuk catatan biasa maupun yang berisi inforasi penting atau sensitif.

Unduh di Play Store

5. PenCake

PenCake berbeda dengan aplikasi pembuat catatan yang telah saya sebutkan sebelumnya. Aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna yang gemar menulis cerita, termasuk tentang kehidupan sehari-hari, perjalanan, hobi, memo, dll. Saya sendiri sering menggunakannya untuk menulis puisi dan cerita pendek, meski hanya untuk dinikmati sendiri.

Aplikasi Catatan Terbaik untuk Android
Gambar: Diffathy, Inc. / Google Play Store

Desain aplikasi yang ditawarkan PenCake sangatlah minimalis, namun elegan, yang dapat memberikan kesan menarik terhadap karangan tulisan pengguna. PenCake juga menyediakan opsi untuk mengubah jenis dan ukuran fonta, serta perataan teks. PenCake, selain itu, juga mengizinkan pengguna untuk menyisipkan gambar pada karangan yang sedang ditulis.

Fitur lainnya meliputi opsi untuk mengekstrak karangan ke format ZIP atau TXT, opsi untuk mencadangkan dan memulihkan catatan, serta penguncian aplikasi menggunakan kode PIN. PenCake juga menyediakan fitur untuk mengakses riwayat karangan, serta opsi untuk mengembalikan karangan berdasarkan riwayat yang dipilih.

PenCake dapat diunduh secara gratis, namun menawarkan pembelian dalam aplikasi. Pengguna dapat melakukan pembelian untuk membuka fitur premium yang ditawarkan, seperti sinkronisasi otomats, mode malam, serta opsi penguncian aplikasi menggunakan sensor sidik jari.

Unduh di Play Store

Artikel terkait6 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android

6. Notebloc

Aplikasi pembuat catatan terbaik untuk Android yang terakhir pada daftar ini adalah Notebloc. Aplikasi ini dikhususkan untuk membuat catatan dengan memindai dokumen, lalu mengekstraknya menjadi sebuah teks. Yang dapat dipindai termasuk dokumen, catatan, lukisan, sketsa, dan gambar.

Aplikasi Catatan Terbaik untuk Android
Gambar: Notebloc / Google Play Store

NoteBloc dapat memindai dokumen menggunakan kamera pada ponsel dengan hasil yang maksimal, seolah-olah menggunakan alat pemindai eksternal. Dokumen yang dipindai dapat disimpan dengan format PDF atau JPG, serta dapat dibagikan melalui surel, layanan perpesanan, sosial media, dsb.

Unduh di Play Store

Sangkalan: Artikel ini merupakan kompilasi dari sejumlah aplikasi pembuat catatan terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...