7 Aplikasi Cleaner Terbaik di Android

Aplikasi cleaner, atau pembersih, berfungsi untuk meningkatkan performa ponsel, karena, dalam kasus ini, berani kotor itu tidak baik.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Aplikasi cleaner, atau pembersih, sesuai dengan namanya, berperan untuk membersihkan sampah atau berkas yang tidak dipakai, dan yang memakan banyak ruang penyimpanan ponsel. Oleh karena itu, aplikasi ini diperlukan, dan biasanya sudah diinstal oleh pabrikan ponsel. Namun, aplikasi pra-instal biasanya memiliki beberapa kekurangan. Berikut sudah saya rangkum beberapa aplikasi cleaner terbaik di Android, dari pihak ke-tiga, yang dapat pengguna unduh di Play Store.

Tujuan utama dari aplikasi cleaner adalah untuk meningkatkan performa ponsel pengguna. Ponsel yang bersih dari sampah atau berkas-berkas yang tidak dipakai tentu akan memiliki performa yang lebih baik daripada ponsel yang sebaliknya. Namun, selain untuk meningkatkan performa, beberapa aplikasi cleaner berikut juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan baterai ponsel.

7 Aplikasi Cleaner Terbaik di Android

1. Clean Master

Clean Master merupakan aplikasi cleaner di Android yang paling populer. Aplikasi ini sudah diinstal oleh 1 Miliar pengguna di Play Store, dan memiliki penilaian 4.7 dari 44 Juta ulasan. Fitur utamanya, yaitu Junk Cleaner, berfungsi untuk menghapus berkas sampah, residual, dan tembolok, atau cache, di ponsel. Penghapusan berkas-berkas tersebut, seperti yang sudah saya sebutkan, dipercaya dapat meningkatkan performa ponsel.

IKLAN

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Kredit gambar: Cheetah Mobile / Google Play Store

Selain sebagai aplikasi cleaner, Clean Master juga dapat digunakan sebagai aplikasi antivirus. Pengguna dapat menggunakan antivirus yang disediakan secara gratis oleh Clean Master untuk memindai, memblokir, dan menghapus virus yang ada di ponsel. Antivirus tersebut sudah memiliki sertifikat dari AV-TEST.

Fitur penting lainnya mencakup Wi-Fi Security yang dapat mengamankan pengguna dari koneksi Wi-Fi yang tidak aman untuk digunakan, biasanya banyak ditemui pada Wi-Fi gratis di tempat-tempat publik. Ada juga fitur Boost Mobile, Battery Saver, dan Game Master yang memungkinkan pengguna untuk mengelola, dan menambah akselerasi dan performa ponsel ketika bermain gim.

Clean Master juga memiliki dua versi berbeda lainnya. Ada Clean Master Lite yang dikhususkan untuk ponsel low-end, dan Clean Master x86 untuk ponsel dengan CPU x86.

Unduh di Play Store

Artikel terkait8 Aplikasi Antivirus Terbaik di Android

2. CCleaner

Aplikasi cleaner terbaik di Android kedua yang ingin saya bahas adalah CCleaner. Dikembangkan oleh Priform, CCleaner merupakan aplikasi cleaner yang sudah dikenal oleh banyak pengguna untuk platform PC.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Kredit gambar: Priform / Google Play Store

Fungsi pembersih yang dimiliki oleh CCleaner dapat menghapus berkas sampah, tembolok dari aplikasi, folder unduhan, riwayat peramban, konten dari papan klip, dan masih banyak lagi. Dengan CCleaner, pengguna dapat mencari aplikasi mana yang paling banyak memakan ruang penyimpanan, dan juga aplikasi yang paling banyak menghabiskan daya baterai.

Namun, yang paling saya suka dari CCleaner adalah fitur Task Killer, yang mirip-mirip dengan Task Manager yang ada di Windows. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghentikan suatu proses atau aplikasi yang sedang berjalan untuk melegakan ruang RAM. Selain itu, pengguna juga dapat mengecek penggunaan CPU, level baterai, dan temparatur ponsel.

Unduh di Play Store

3. Super Cleaner

Super Cleaner merupakan aplikasi cleaner yang dapat menghapus berkas-berkas yang tidak penting di ponsel dengan satu kali sentuhan. Aplikasi ini juga dapat menghapus berkas tembolok dan residual dari aplikasi yang sudah dicopot pemasangannya. Selain itu, fungsi pembersihnya juga dapat menghapus berkas duplikat, seperti foto, musik, dokumen, dll.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Kredit gambar: Hawk App / Google Play Store

Ada fitur CPU Cooler yang dapat menganalisa penggunaan CPU ponsel, dan menyarankan untuk menghentikan proses atau aplikasi yang menyebabkan panasnya ponsel. Selain itu, sama dengan Clean Master, Super Cleaner juga dilengkapi dengan antivirus untuk mengamankan ponsel dari berkas-berkas yang sudah terinfeksi oleh virus.

Super Cleaner juga memiliki fitur Phone Booster untuk meningkatkan performa ponsel dengan melegakan ruang RAM; Security App Lock untuk mengunci aplikasi dengan kata sandi; serta Game Booster untuk meningkatkan performa ponsel ketika bermain gim. Fitur-fitur lainnya meliputi Notifications Cleaner & Manager, Private Browsing, dan Smart Change.

Unduh di Play Store

4. Nox Cleaner

Aplikasi cleaner berikutnya adalah Nox Cleaner. Aplikasi ini dikembangkan oleh Nox Ltd., yang terkenal karena Nox Player, suatu emulator Android untuk PC yang sudah cukup populer. Nox Cleaner sendiri sudah diinstal oleh 10 Juta pengguna di Play Store, dan memiliki nilai 4.6 dari 900 Ribu ulasan.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Kredit gambar: Nox Ltd. / Google Play Store

Fungsi pembersih yang dimiliki Nox Cleaner, hampir sama dengan aplikasi lainnya, dapat menghapus berkas tembolok dan residual, folder unduhan, dan juga konten dari papan klip. Selain itu, Nox Cleaner juga diklaim dapat menghapus iklan.

Fitur lainnya tidak terlalu menarik karena hampir sama seperti yang dimiliki oleh aplikasi cleaner lainnya. Fitur-fitur tersebut adalah Real Time Antivirus, CPU Cooler, Game Booster, Battery Saver, App Manager, Image Manager, dan App Locker. Fitur Image Manager kedengarannya berbeda dan menawarkan sesuatu yang lebih, namun memiliki fungsi yang sama seperti dengan aplikasi Galeri bawaan ponsel yang digunakan untuk mengatur gambar dan foto pengguna.

Unduh di Play Store

5. AVG Cleaner

Pengguna yang sudah mengikuti perkembangan teknologi sejak atau sebelum masa kejayaan Windows XP pasti sudah tidak asing dengan AVG. Perusahaan antivirus ini juga mengembangkan aplikasi cleaner untuk Android. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh AVG Cleaner cukup menarik, dan memiliki satu atau dua perbedaan dengan yang ditawarkan oleh aplikasi cleaner lainnya.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Kredit gambar: AVG Mobile / Google Play Store

Selain berfungsi untuk menghapus berkas sampah, tembolok, dan residual, AVG Cleaner juga memiliki fitur untuk menghapus aplikasi pra-instal yang ada di ponsel. Seperti yang sudah kita ketahui, aplikasi pra-instal biasanya memiliki fitur yang kurang memuaskan, dan tidak banyak dipakai oleh pengguna.

Sama dengan aplikasi cleaner lainnya, AVG Cleaner juga dapat meeningkatkan performa ponsel dengan menghentikan proses atau aplikasi yang banyak memakan RAM. Selain menghentikan prosesnya, AVG Cleaner juga dapat meng-hibernasi aplikasi tersebut. Ada juga fitur untuk mengelola berkas, beserta fitur untuk meilihat informasi sistem yang sedang dipakai oleh ponsel, seperti jenis OS, nomor rancangan, total ruang penyimpanan, total RAM, dll.

Unduh di Play Store

6. All-In-One Toolbox

Aplikasi cleaner terbaik di Android lainnya adalah All-In-One Toolbox. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini benar-benar all-in-one. Fitur yang ditawarkan cukup aneh untuk dimiliki oleh suatu aplikasi cleaner. Fitur Kompas dan Lampu Senter adalah salah ‘dua’ dari beberapa fitur-fitur aneh yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Kredit gambar: AIO Software Technology CO., Ltd. / Google Play Store

Namun, fungsi pembersihnya hampir sama dengan aplikasi cleaner lainnya. All-In-One Toolbox dapat membersihkan tembolok dan berkas sampah yang ada di ponsel. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Memory Cleaner untuk melegakan ruang RAM, dan fitur Battery Saver untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Fitur lainnya meliputi CPU Cooler untuk menghentikan proses dari aplikasi yang dapat membuat ponsel panas, App Manager, App2SD untuk memindahkan aplikasi dari ruang penyimpanan internal ke eksternal, File Manager, System Info, Easy Switch, dan Photo Compression untuk mengompres ukuran foto.

Unduh di Play Store

Artikel terkait7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik di Android

7. Files by Google

Aplikasi cleaner terbaik di Android terkahir dari rangkuman ini adalah Files by Google. Aplikasi ini sebenranya merupakan aplikasi pengelola berkas, atau file manager, namun Google memasarkannya sebagai aplikasi cleaner yang dapat berfungsi untuk melegakan ruang penyimpanan ponsel pengguna.

Aplikasi Cleaner Terbaik di Android
Kredit gambar: Google LLC / Google Play Store

Fungsi pembersihnya cukup sederhana, namun efektif untuk membersihkan berkas-berkas sampah atau yang tidak dipakai di ponsel. Selain itu, yang dihapus juga dapat berupa foto atau gambar lama yang sudah tidak digunakan, berkas duplikat, aplikasi yang tidak atau jarang dipakai, dan juga berkas tembolok.

Namun, seperti yang sudah saya sebutkan, fitur-fitur yang dimiliki lebih mengutamakan fungsinya sebagai aplikasi pengelola berkas. Fitur-fitur tersebut meliputi fitur pengiriman berkas yang super cepat secara offline, pencarian berkas, pecadangan berkas ke cloud dan kartu SD, dan masih banyak lagi.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi cleaner terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...