8 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

Karena caption that says "no filter" is overrated.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Mengunggah foto ke media sosial tanpa mengeditnya terlebih dahulu bisa diibaratkan seperti warung padang tanpa rendang. Ini banyak dipercaya, karena, memberikan sentuhan terakhir, seperti mengatur kecerahan atau membubuhkan filter pada sebuah foto, dapat menjadikannya lebih enak dipandang – setidaknya menurut yang mengedit, hehe. Oleh karena itu, saya sudah merangkum beberapa aplikasi edit foto terbaik di Android yang dapat dicoba untuk membuat foto, atau gambar apapun, menjadi lebih “likeable.”

Perlu diperhatikan juga, memberikan efek atau filter yang berlebihan, menurut saya, dapat memberikan kesan “meh” pada foto yang telah atau sedang diedit. Karenanya, berbijaklah, wahai pengguna!

8 Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android

1. Adobe Lightroom

Aplikasi edit foto pertama yang ingin saya bahas adalah Adobe Lightroom. Aplikasi dari Adobe ini menyediakan fitur untuk mengatur warna dan juga kecerahan pada foto yang sedang diedit, yang dapat dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu, disediakan juga alat dasar, atau tool, untuk memutar dan memotong foto.

IKLAN

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: Adobe / Google Play Store

Adobe Lightroom populer karena preset yang ditawarkan dapat membuat foto menjadi lebih hidup dan berkesan. Preset yang digunakan juga dapat diatur ulang untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Karena Lightroom juga tersedia di desktop dan web, preset-preset tersebut juga dapat disimpan dan disinkronkan ke semua perangkat melalui akun Adobe Creative Cloud.

Adobe Lightroom di Android juga menawarkan beberapa fitur premium, seperti Selective, Healing, dan Geometry. Fitur-fitur tersebut dapat digunakan oleh pengguna yang sudah berlangganan paket Creative Cloud. Namun, Adobe juga menyediakan masa uji coba selama 30 hari bagi pengguna yang ingin mencobanya.

Unduh di Play Store

Artikel terkait7 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android

2. Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh Google, yang, menurut halamannya di Play Store, mengkategorikannya sebagai aplikasi edit foto “profesional.” Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki antarmuka yang sederhana, membuat seluruh fitur yang ditawarkan lebih mudah digunakan.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: Google LLC / Google Play Store

Snapseed memiliki 29 alat dan filter, termasuk Details, Crop, Rotate, Healing, Brush, Structure, HDR, dan Perspective. Semua filter yang diterapkan juga dapat diatur ulang sesuai dengan selera pengguna. Selain itu, yang paling saya suka, Snapseed juga mendukung foto dengan format RAW dan DNG, dan dapat mengekspornya ke format JPG.

Yang paling penting dan menarik, ialah, Snapseed dapat diunduh secara gratis, dan tidak berisi ikan. Google juga tidak menawarkan fitur premium yang dapat diakses melalui pembelian dalam aplikasi; karena semua fitur yang ditawarkan dapat digunakan secara gratis.

Unduh di Play Store

3. Adobe Photoshop Express

Dulu, ketika ada foto yang diedit, pasti aplikasi yang pertaka kali ada di benak pengguna ialah Photoshop. Karena tuntutan zaman, Adobe juga telah mengembangkan aplikasi legendaris tersebut untuk perangkat Android, meskipun ada imbuhan kata “Express” di belakangnya.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: Adobe / Google Play Store

Aplikasi ini tentunya berbeda dengan Lightroom, yang memfokuskan pengeditan foto berdasarkan preset yang ditawarkan. Selain memiliki alat dasar seperti Crop, Rotate, et cetera et cetera, Adobe Photoshop Express juga menawarkan fitur menarik lainnya, seperti:

  • Auto-Fix yang dapat memberikan penyesuaian, atay adjustment, pada foto dengan sekali sentuhan;
  • Blemish Removal untuk menghilangkan kotoran dari foto;
  • Corrections untuk mengatur kontras, eksposur, temperatur, dan sejenisnya;
  • Dll.

Adobe Photoshop Express juga memiliki 80+ filter yang dapat digunakan untuk memberikan “gaya” yang berbeda terhadap foto pengguna. Selain itu, Photoshop Express juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat kolase foto.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur eksklusif yang dapat diakses ketika pengguna telah masuk menggunakan akun Adobe. Meskipun begitu, semua fiturnya sudah dikemas di antarmuka yang sederhana, membuatnya mudah dan cepat untuk digunakan. Mungkin ini maksud dari kata “Express,” huh?

Unduh di Play Store

4. Pixlr

Aplikasi edit foto terbaik di Android selanjutnya adalah Pixlr. Aplikasi edit foto ini cocok untuk digunakan bagi siapa saja, dan menyediakan kurang lebih 2 juta dari kombinasi efek, overlays, dan filter, yang semuanya dapat digunakan secara gratis. Selain itu, Pixlr juga memiliki fitur untuk membuat kolase foto dengan berbagai pilihan tata letak dan latar belakang.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: 123RF Limited / Google Play Store

Pixlr juga memiliki fitur Auto Fix yang dapat secara otomatis menyesuaikan warna pada foto, guna membuatnya terlihat lebih berkesan. Pengguna juga dapat mengedit foto dengan doodle, pensil gambar, dan tinta untuk membuat sketsa.

Setalah gambar berhasil diedit, pengguna dapat langsung membagikannya ke media sosial. Selain itu, Pixlr juga gratis untuk diunduh, namun berisi iklan dan menawarkan beberapa pembelian dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

5. PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi edit foto yang sudah cukup populer. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna, dan memiliki nilai 4.4 dari 8,5 juta ulasan di Play Store. Hal tersebut didukung dengan banyaknya fitur yang telah disediakan.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: PicsArt / Google Play Store

Selain menawarkan efek dan filter untuk “mempercantik” foto pengguna, PicsArt juga menawarkan stiker, alat untuk menggambar, dll. Selain itu, PicsArt juga memiliki fitur untuk membuat kolase foto. Pengguna juga dapat membagikan foto yang telah diedit secara langsung ke media sosial.

Semua fitur premium, termasuk filter premium, dapat diakses dengan membeli paket PicsArt Gold. Paket tersebut juga dapat penghapus iklan di dalam aplikasi yang dapat mengganggu ketika sedang mengedit foto. But hey, PicsArt dapat diunduh secara gratis.

Unduh di Play Store

6. VSCO

VSCO, pada dasarnya, merupakan aplikasi kamera, dan juga media sosial untuk berbagi foto dari hasil jepretan penggunanya. Namun, platform ini, melalui aplikasinya di Android, juga menawarkan beberapa alat untuk mengedit foto, yang hasilnya, menurut saya, dapat memikat pengguna lain untuk memberikan jempolnya.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: VSCO / Google Play Store

Pengguna gratis disediakan dengan 10 preset yang dapat digunakan untuk mengedit foto. Selain itu, disediakan juga alat dasar seperti Contrast, Saturation, dan Grain. Pengguna yang sudah berlangganan, di sisi lain, dapat menikmati lebih dari 130 preset, dan alat pengeditan lebih lanjut, seperti HSL dan Borders.

Unduh di Play Store

7. AirBrush

Aplikasi edit foto terbaik di Android lainnya adalah AirBrush. Sama dengan aplikasi edit foto lainnya, AirBrush menyediakan semua fitur yang ditawarkan pada antarmukanya yang interaktif, yang membuat fitur-fitur tersebut mudah untuk digunakan.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: Meitu (China) Limited / Google Play Store

AirBrush juga dilengkapi dengan beberapa filter menarik yang dapat digunakan untuk membuat foto tampak lebih enak dipandang. Selain filter, alat lainnya yang dimiliki meliputi alat untuk menghilangkan jerawat, memutihkan gigi, mencerahkan mata, melangsingkan tubuh, dll.

Gambar yang diedit juga langsung dapat dibagikan ke media sosial melalui pilihan yang sudah disediakan di dalam aplikasi. AirBrush sendiri dapat diunduh secara gratis, namun berisi iklan dan menawarkan pembelian di dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Situs Edit Foto Terbaik

8. Photo Lab Picture Editor

Aplikasi edit foto terbaik di Android yang terkahir akan saya bahas adalah Photo Lab Picture Editor. Aplikasi edit foto ini berfokus pada efek dan filter yang dapat diterapkan pada foto yang sedang diedit, serta bingkai, atau frame, yang dapat membuat foto pengguna terkesan berbeda.

Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android
Kredit gambar: Linerock Investments LTD / Google Play Store

Photo Lab menyediakan lebih dari 900 efek yang dapat digunakan untuk mengedit foto pengguna. Efek-efek tersebut antara lain: realistic photomontages, stylish photo filters, beautiful frames, creative artistic effects, collages for multiple photos, serta masih banyak lagi. Selain itu, Photo Lab juga memiliki alat dasar, seperti Crop, Rotate, Lightning, dll.

Photo Lab gratis untuk diunduh, namun berisi iklan dan menawarkan beberapa pembelian di dalam aplikasi, yang dapat dibeli untuk menghapus iklan tersebut dan mengakses fitur premium yang disediakan. Photo Lab, menurut halamannya di Play Store, pernah menjadi bagian dari beberapa aplikasi terbaik versi Google Rusia pada tahun 2017 silam.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi edit foto terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

3 Komentar

Comments are closed.

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...