5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Orang kesal pernah menulis: "Terima kasih."

Pilihan

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu,...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas...

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas beberapa aplikasi email terbaik untuk ponsel Android, yang dapat memaksimalkan produktivitas per-email-an pengguna.

Fungsi utama email tidak lain adalah untuk kebutuhan komunikasi. Pengguna dapat menghubungi siapa saja melalui email. Tidak hanya itu, email, pada hampir semua kasus, juga diperlukan ketika ingin mendaftar pada suatu layanan atau platform media sosial.

IKLAN

Mengingat kegunaannya yang sangat penting, hampir semua pabrikan ponsel telah menginstal aplikasi email bawaan, meski fitur yang ditawarkan kurang lengkap dan belum dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Beberapa aplikasi pada daftar berikut, selain menawarkan fitur yang lengkap, juga menyediakan antarmuka yang elegan dan mudah digunakan.

1. Gmail

Gmail merupakan layanan email gratis yang disediakan oleh Google, dan aplikasinya untuk Android telah mengemas hampir seluruh fitur yang ditawarkan dengan baik. Aplikasi email ini juga merupakan salah satu aplikasi yang biasanya diinstal secara bawaan oleh pabrikan, yang membuatnya kian populer dan banyak dikenal pengguna.

Aplikasi Email Terbaik untuk Android
Gambar: Google LLC / Google Play Store

Tidak hanya Gmail, aplikasi Gmail untuk Android juga menyediakan opsi untuk mengakses email dari layanan lainnya, termasuk Outlook.com, Yahoo Mail, dll. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung email dari akun IMAP dan POP3.

Menawarkan antarmuka yang mudah digunakan, aplikasi Gmail untuk Android memiliki sistem pengorganisasian email yang sama seperti yang ditawarkan pada platform web. Pengguna dapat mengatur email masuk untuk dikategorikan pada folder Social, Promotions, Updates, dan Forums. Ini berguna untuk menyortir email agar lebih teratur, terutama bagi pengguna yang aktif di forum atau media sosial.

Gmail untuk Android juga memilki integrasi dengan Google Calendar. Dengan ini, pengguna dapat menambahkan jadwal pada kalender secara langsung, melalui data yang diterima melalui email, seperti tanggal perjalanan ketika membeli tiket, tanggal acara ketika menerima undangan, dll.

Unduh di Play Store

2. Microsoft Outlook

Aplikasi email terbaik untuk Android yang kedua pada daftar ini ialah Microsoft Outlook. Pada Windows, sebagai informasi, Microsoft Outlook telah lama populer, dan biasanya dibundel bersamaan dengan aplikasi Microsoft Office. Untuk membuatnya kian populer dan menjangkau lebih banyak pengguna, Microsoft juga menyediakan aplikasi Outlook untuk Android.

Aplikasi Email Terbaik untuk Android
Gambar: Microsoft Corporation / Google Play Store

Aplikasi Microsoft Outlook secara teknis diperuntukkan bagi pengguna Outlook.com, sama seperti Gmail untuk Gmail. Namun, Microsoft juga menyediakan opsi untuk mengakses akun email dari platform pihak ketiga, seperti Gmail, Yahoo Mail, IMAP dan POP3.

Microsoft Outlook untuk Android memiliki integrasi dengan aplikasi Microsoft lainnya, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Artinya, pengguna dapat membuka berkas dokumen yang diterima melalui email secara instan pada setiap aplikasi terkait.

Yang paling saya suka dari aplikasi Microsoft Outlook untuk Android ialah fitur Focused yang ditawarkan. Fitur ini dapat menyortir dan memilih email penting untuk selalu ditempatkan di atas. Selain itu, Microsoft Outlook untuk Android juga menawarkan mode gelap, yang merupakan salah satu fitur yang, menurut saya, wajib untuk dimiliki oleh setiap aplikasi.

Unduh di Play Store

3. ProtonMail

Layanan email gratis dari Proton Technologies, ProtonMail, kian populer. Layanan email ini menjunjung tinggi keamanan dan privasi pengguna, dan mempromosikan email yang terenkripsi, di mana hanya penerima dan pengirim yang akan dapat membaca suatu email. ProtonMail, sebagai informasi, menggunakan PGP End-to-end untuk mengenkripsi emailnya.

Aplikasi Email Terbaik untuk Android
Gambar: Proton Technologies AG / Google Play Store

Aplikasinya untuk Android menawarkan antarmuka yang sederhana, yang membuat navigasi mudah untuk dilakukan. Pengguna dapat melakukan penyortiran email hanya dengan menggesernya. Penyortiran email akan diatur berdasarkan label yang telah dibuat oleh pengguna.

ProtonMail untuk Android, selain menawarkan fitur umum, juga menawarkan sejumlah fitur yang difokuskan untuk meningkatkan privasi pengguna. ProtonMail memiliki fitur yang dapat mengatur waktu untuk menghapus email dengan sendirinya. Pengguna juga dapat mengatur kata sandi untuk suatu email, agar teman yang sedang “gak ada kerjaan” meminjam ponsel kita tidak dapat membukannya.

Unduh di Play Store

4. Blue Mail

Blue Mail merupakan salah satu aplikasi email yang kaya akan fitur. Aplikasi ini dapat mengakses email dari beberapa layanan berbeda, seperti Gmail, Outlook, Hotmail, Yahoo Mail, AOL, iCloud, dan Office 365. Selain itu, Blue Mail juga telah mendukung akun IMAP, POP3, dan MS Exchange.

Aplikasi Email Terbaik untuk Android
Gambar: Blix Inc. / Google Play Store

Antarmuka yang ditawarkan Blue Mail, menurut saya, elegan dan sederhana. Blue Mail menawarkan mode gelap, serta fitur Smart Conversations yang dapat membuat suatu percakapan pada suatu email lebih mudah dibaca. Menu-menu yang ditawarkan juga dapat diakses dan diatur dengan mudah.

Blue Mail memiliki integrasi dengan aplikasi kalender dan dukungan Android Wear, yang dapat dihubungkan dengan perangkat jam tangan pintar. Pengguna, selain itu, juga dapat mengatur notifikasi yang berbeda untuk setiap akun email yang terdaftar pada aplikasi.

Unduh di Play Store

5. Email dari Edison Software

Aplikasi email terbaik untuk Android yang terakhir pada daftar ini dikembangkan oleh Edison Software. Aplikasi email ini diberi nama Email, yang membuatnya susah untuk dibedakan dengan aplikasi lain ketika disebut secara lisan. Layanan dan akun email yang didukungnya termasuk Office 365, Yahoo Mail, AOL Mail, Hotmail, Outlook, MS Exchange, IMAP, Alto, Gmail, iCloud, dll.

Aplikasi Email Terbaik untuk Android
Gambar: Edison Software / Google Play Store

Aplikasi email ini, terlepas dari namanya yang pasaran, menawarkan desain antarmuka yang enak dipandang. Fitur-fiturnya juga mudah diakses. Pengguna dapat mengkonfigurasi perintah pada penggeseran layar untuk suatu email. Selain itu, pengguna juga disediakan mesin pencari yang cepat untuk mencari email yang dibutuhkan.

Fitur unik yang ditawarkan termasuk Closer to Inbox Zero, yang dapat mengatur email berlangganan pengguna. Disediakan juga AI Assistant yang dapat meningkatkan produktivitas pengguna, namun untuk saat ini belum tersedia di Indonesia. Asisten pintar ini dapat memberikan informasi penting dari email yang diterima, seperti lampiran, informasi perjalanan, tagihan, dan logistik, tanpa harus membukanya.

Unduh di Play Store

Catatan: Artikel ini merupakan kompilasi dari aplikasi email terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

1 komentar

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya ingin membahas tentang cara membuat...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan Volume. Setiap kanal menawarkan versi...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas beberapa aplikasi email terbaik untuk...