6 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android

Cekrek!

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Ponsel kian canggih, begitu pula kamera yang dibawanya. Pabrikan juga telah menyediakan aplikasi kamera bawaan, namun terkadang kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk menangkap foto dengan kualitas yang lebih baik. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas beberapa aplikasi kamera terbaik untuk Android, yang dapat pengguna unduh melalui Play Store.

Beberapa aplikasi berikut, dengan sejumlah penyesuaian, dapat memberikan pengguna pengalaman menangkap foto layaknya seorang fotografer profesional, meski sedang menggunakan ponsel Android. Fitur yang ditawarkan juga bermacam-macam, mulai dari mode yang beragam, kemampuan untuk menambahkan filter langsung, alat pengedit foto, dsb.

1. Camera MX

IKLAN

Aplikasi kamera terbaik untuk Android yang pertama pada daftar ini ialah Camera MX. Aplikasi kamera ini dapat mengambil gambar dengan kualitas yang tinggi, setara dengan yang ditawarkan kamera bawaan, namun dengan optimalisasi yang lebih mumpuni, seperti pengaplikasian fitur HDR dan pengoptimalan gambar di tempat yang kurang cahaya.

Aplikasi Kamera Terbaik Android
Gambar: MAGIX / Google Play Store

Camera MX juga menawarkan sejumlah fitur umum lainnya, seperti dukungan untuk kamera depan dan belakang, dukungan zum, serta pengaturan lampu kilat dan bunyi kamera. Fitur canggihnya, di sisi lain, termasuk pewaktu, pengaturan eksposur, dan pengaturan fokus kamera yang dapat dikunci.

Selain untuk kebutuhan kamera, Camera MX juga menawarkan alat untuk megedit foto. Pengguna, sebagai contoh, dapat memotong, mengatur kecerahan, kontras, dan temperatur terhadap foto yang sedang diambil. Selain itu, pengguna juga dapat menerapkan filter untuk menghasilkan foto yang kekinian.

Camera MX, sayangnya, menampilkan iklan, meski tidak terlalu mengganggu. Camera MX juga menawarkan sejumlah pembelian dalam aplikasi untuk menghapus iklan tersebut dan membuka fitur premium yang ditawarkan.

IKLAN

Unduh di Play Store

2. Open Camera

Open Camera merupakan salah satu aplikasi kamera yang dilengkapi dengan kontrol fotografi yang jarang ditemui pada aplikasi lain. Sejumlah mode pengambilan gambar yang ditawarkan termasuk mode aksi, mode pengambilan gambar stabil, dan mode manual yang dapat diatur sesuai keinginan.

Aplikasi Kamera Terbaik Android
Gambar: Mark Harman / Google Play Store

Maka dari itu, menggunakan aplikasi kamera ini akan berasa seperti layaknya seorang fotografer profesional. Pengguna dapat mengatur ISO, jarak fokus, dan kecepatan rana, serta dapat menggabungkan mode pemotretan yang sebelumnya telah disebutkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pengguna juga dapat mengambil gambar dengan format RAW, yang kemudian dapat ditransfer ke PC untuk pemrosesan yang lebih baik. Selain itu, yang paling saya suka ialah kemampuannya yang dapat mengkonfigurasi tombol volume pada ponsel, yang dapat digunakan untuk memotret gambar.

Open Camera tersedia secara gratis, dan merupakan salah satu aplikasi yang bersifat sumber terbuka. Open Camera juga tidak menampilkan iklan dan menawarkan pembelian dalam aplikasi, yang membuatnya lebih keren lagi.

IKLAN

Unduh di Play Store

3. A Better Camera

Aplikasi kamera terbaik untuk Android lainnya ialah A Better Camera. Dikembangkan oleh Almalence, A Better Camera telah diinstal oleh lebih dari 5 juta pengguna. Aplikasi ini juga telah mendapatkan rating 4,1/5 dari lebih dari 78 ribu pengguna di Play Store.

Aplikasi Kamera Terbaik Android
Gambar: Almalence / Google Play Store

A Better Camera menawarkan sejumlah fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan fotografi ponsel pengguna. Fitur-fitur tersebut termasuk dukungan HDR, mode panorama HD, dan pengambilan gambar RAW. A Better Camera juga menawarkan mode Super yang dapat menyesuaikan konfigurasi pengambilan gambar terhadap perangkat keras ponsel.

A Better Camera tersedia secara gratis, namun menampilkan iklan yang dapat mengganggu, dan menawarkan sejumlah pembelian dalam aplikasi. Pengembang Almalence juga menawarkan versi Unlocked dari A Better Camera, yang, ketika artikel ini ditulis, dapat dibeli dengan harga Rp3.000.

Unduh di Play Store

4. HD Camera

Meskipun memiliki nama yang pasaran, HD Camera dapat memberikan pengalaman mengambil foto dan video yang berkesan. Desain yang ditawarkan aplikasi kamera ini cukup sederhana, membuat navigasi untuk mengakses fitur yang ditawarkan cukup mudah untuk dilakukan.

Aplikasi Kamera Terbaik Android
Gambar: KX Camera Team / Google Play Store

Fitur-fitur yang ditawarkan cukup umum, termasuk mode AF untuk pengambilan gambar makro, dukungan untuk zum optikal dan digital, serta pewaktu yang dapat diatur untuk menjeda pengambilan gambar. Pengguna juga dapat menentukan ukuran gambar yang sedang diambil, dan menerapkan filter untuk memberi sentuhan terakhir.

HD Camera dapat diunduh secara gratis, namun menampilkan iklan yang relatif mengganggu. Meski demikian, HD Camera tidak menawarkan pembelian dalam aplikasi, yang membuat seluruh fitur yang ditawarkan dapat diakses dengan gratis.

Unduh di Play Store

5. Cymera Camera

Berbeda dengan aplikasi kamera yang telah saya sebutkan sebelumnya, Cymera Camera merupakan aplikasi kamera swafoto yang dilengkapi dengan banyak fitur kecantikan, termasuk lensa dan filter yang juga beragam. Maka dari itu, aplikasi ini tidak cocok digunakan untuk kebutuhan fotografi.

Aplikasi Kamera Terbaik Android
Gambar: SK Communications / Google Play Store

Selain menawarkan fitur umum, Cymera Camera dilengkapi dengan sejumlah filter dan stiker yang dapat langsung diterapkan ketika mengambil gambar. Selain itu, Cymera Camera juga menawarkan alat untuk mengedit foto, di mana pengguna dapat mengubah warna kulit dan rambut, serta menggemukkan dan menguruskan badan.

Cymera Camera gratis untuk diunduh, dan memiliki dukungan untuk 12 bahasa yang berbeda. Cymera Camera menampilkan iklan dan menawarkan pembelian dalam aplikasi. Ketika artikel ini ditulis, Cymera Camera kompatibel untuk digunakan pada Android 4.0.3 dan di atasnya.

Unduh di Play Store

6. Footej Camera

Aplikasi kamera terbaik untuk Android yang terakhir pada daftar ini ialah Footej Camera. Selain menawarkan desain antarmuka yang bersih dan kekinian, Footej Camera juga menghadirkan sejumlah fitur canggih yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video berkualitas tinggi.

Aplikasi Kamera Terbaik Android
Gambar: Semaphore Inc. / Google Play Store

Footej Camera menawarkan mode kontrol manual, yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan keinginan untuk menghasilkan gambar yang maksimal. Pada mode standar, di sisi lain, pengguna dapat mengatur ISO, kecepatan rana, kecerahan, dll. Selain itu, Footej Camera juga telah mendukung pengambilan gambar RAW.

Ketika merekam video, Footej Camera juga menawarkan sejumlah fitur yang menarik. Pengguna dapat merekam video gerak lambat, yang kini kian banyak diunggah di sejumlah situs media sosial. Ada juga fitur dapat mengubah hasil rekaman video menjadi animasi GIF.

Footej Camera dapat diunduh secara gratis, dan tidak menampilkan iklan yang menganngu. Namun, aplikasi kamera ini menawaran sejumlah pembelian dalam aplikasi, yang dapat dibeli untuk mengakses fitur premium yang dimiliki.

Unduh di Play Store

7. Google Camera / Gcam (Port)

Selain aplikasi-aplikasi kamera yang telah saya sebutkan di atas, ada Google Camera yang paling canggih di antara semuanya, setidaknya menurut saya. Namun, sayangnya, aplikasi kamera yang dikembangkan oleh Google ini hanya diperuntukkan untuk ponsel Google Nexus dan Google Pixel.

Aplikasi Kamera Terbaik Android
Gambar: Google LLC / Google Play Store

Seri ponsel Google Pixel telah terkenal dengan kameranya yang dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan. Selain karena perangkat kerasnya, perangkat lunak yang diintegrasikan pada ponsel Google Pixel juga memiliki peran yang besar. Maka dari itu, tidak sedikit pengguna yang memodifikasi aplikasi Google Camera agar dapat bekerja pada ponsel lain.

Google Camera patut dicoba, jika telah ada versi modifikasi yang sesuai dengan ponsel pengguna. Namun, pengguna juga perlu memerhatikan karena aplikasi yang telah dimodifikasi dapat mengandung virus yang berbahaya. Karenanya, saya menyarankan agar mengunduhnya dari sumber yang terpercaya.

Unduh di Play Store

8. Kamera Bawaan

Kenapa tidak? Aplikasi kamera bawaan telah diintegrasikan dengan perangkat keras ponsel, dan dapat memberikan pengalaman memotret tanpa ribet. Selain itu, terkadang, ada juga beberapa fitur unik yang tidak dapat ditemui pada aplikasi kamera pihak ketiga, yang membuatnya lebih dari layak untuk dicoba.

Aplikasi kamera bawaan juga tidak menampilkan iklan yang dapat mengganggu proses pemotretan. Aplikasi kamera bawaan juga tidak menawarkan pembelian dalam aplikasi, karena seluruh fiturnya telah dibuat gratis dan dioptimalkan khusus untuk ponsel pengguna.

Sangkalan: Artikel ini merupakan kompilasi dari sejumlah aplikasi kamera terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...