6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Kata sandi yang sama untuk semua akun? Sekarang sudah bukan lagi zamannya.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah merangkum beberapa aplikasi password manager terbaik untuk Android, yang dapat pengguna unduh langsung dari Play Store.

Cara kerja aplikasi password manager cukup sederhana. Tugas utamanya adalah untuk menyimpan kata sandi dalam suatu berangkas, yang dapat diamankan dan dibuka menggunakan kata sandi master. Pengguna tidak perlu mengingat semua kata sandi yang tersimpan dalam berangkas, karena dapat disalin kapan saja, dan dapat ditampilkan ketika ingin digunakan.

IKLAN

Aplikasi password manager, selain dapat menyimpan kata sandi, juga dapat digunakan untuk membuat kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun. Kata sandi yang kuat dan berbeda pada setiap akun dapat membantu pengguna untuk menghindari aksi peretasan yang akhir-akhir ini banyak terjadi.

Semua aplikasi password manager berikut dapat diunduh secara gratis, namun dengan sejumlah pembelian dalam aplikasi yang ditawarkan untuk membuka fitur premium. Beberapa fitur premium ditawarkan melalui metode berlangganan, dan beberapa, pada sejumlah kasus, ditawarkan melalui satu kali pembelian.

1. Bitwarden

Bitwarden merupakan salah satu aplikasi password manager dengan kode sumber terbuka, yang saat ini tersedia di GitHub. Bitwarden mengizinkan pengguna untuk mengulas, mengaudit, dan berkontribusi terhadap proses pengembangannya. Ini merupakan salah satu alasan kenapa saya menyukai, dan telah menggunakan Bitwarden selama beberapa tahun terakhir.

Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android
Gambar: Bitwarden Inc. / Google Play Store

Bitwarden menawarkan berangkas untuk menyimpan dan mengelola kata sandi pengguna dengan aman. Pengguna dapat mengamankan berangkas kata sandi dengan sejumlah metode, termasuk menggunakan sidik jari, PIN, kode, dan kata sandi master. Bitwarden, selain itu, juga dapat membuat kata sandi acak yang kuat dan berbeda.

IKLAN

Berangkas kata sandi yang ditawarkan Bitwarden telah dienkripsi dengan aman, memungkinkan hanya pengguna yang dapat mengaksesnya. Biwarden, sebagai informasi, mengamankan data pengguna dan berangkas kata sandi yang ditawarkan dengan enkripsi AES 256, Salted Hashing, dan PBKDF2 SHA-256.

Bitwarden menyediakan hampir semua fiturnya secara gratis, meski juga menawarkan skema premium untuk penggunaan dalam skala bisnis, dengan harga berlangganan paling tinggi US$5 per bulan. Bitwarden tersedia untuk hampir semua perangkat dan peramban, termasuk Windows, macOS, Linux, Android, iOS, iPadOS, Chrome, Firefox, Opera, Edge, Vivaldi, dsb.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Aplikasi Backup Terbaik untuk Android

2. LastPass

Aplikasi password manager terbaik untuk Android selanjutnya adalah LastPass, yang merupakan favorit saya sebelum beralih menggunakan Bitwarden. LastPass menawarkan berangkas kata sandi yang aman dan telah dienkripsi, yang dapat dibuka dengan kata sandi master dan sidik jari, khususnya pada ponsel Android.

Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android
Gambar: LogMeIn, Inc. / Google Play Store

IKLAN

LastPass, layaknya aplikasi password manager, juga menawarkan fitur untuk membuat kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun yang dimiliki pengguna. Kata sandi yang dibuat dapat diisikan secara otomatis, terutama pada aplikasi atau situs web yang ingin dimasuki pengguna.

Selain kata sandi, berangkas pada LastPass juga dapat digunakan untuk menyimpan infomasi pribadi, seperti catatan, profil berbelanja daring, dan nomor kartu kredit. Pengguna dapat menyinkronisasikan semua data yang tersimpan di berangkas pada perangkat lainnya yang terhubung.

Berangkas kata sandi juga telah dilindungi dengan enkripsi AES 265, yang membuatnya aman dari akses pihak ketiga, termasuk LastPass sendiri. Pengguna, untuk memberikan keamanan yang lebih pada akun, dapat mengaktifkan autentikasi dua faktor yang telah disediakan.

LastPass dapat digunakan secara gratis, namun dengan banyak fitur yang hanya disediakan untuk pengguna premium. Pengguna yang berlangganan dapat mengakses fitur pembagian kata sandi dengan jumlah yang tidak terbatas, ruang penyimpanan terenkripsi 1 GB, dukungan prioritas, dsb.

Unduh di Play Store

3. 1Password

1Password merupakan aplikasi password manager premium, yang menawarkan semua layanan dan fiturnya untuk pengguna yang telah berlangganan saja. 1Password, meski begitu, juga menyediakan masa percobaan selama 30 hari bagi pengguna yang ingin menggunakannya.

Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android
Gambar: AgileBits / Google Play Store

Fitur-fitur yang ditawarkan termasuk berangkas kata sandi yang aman, opsi pembuatan kata sandi yang kuat dan unik, dan pembagian kata sandi. Semua kata sandi yang tersimpan dapat disinkronkan, dan diakses kapan saja dan di mana saja melalui perangkat apa saja yang telah terhubung.

Fitur lainnya meliputi opsi untuk menyimpan informasi selain kata sandi, termasuk kartu kredit, alamat, catatan, dan akun bank, pada sejumlah berangkas yang berbeda. Pengguna, selain itu, juga disediakan fitur pengorganisasian dan fitur pencarian untuk mencari informasi yang tersimpan.

1Password juga menawarkan opsi untuk mengunci berangkas dengan cepat, yaitu setelah aplikasi tertutup, dengan dukungan enkripsi end-to-end, yang kuncinya tidak pernah meninggalkan perangkat. Ini memungkinkan hanya pengguna yang dapat mengakses data yang tersimpan pada berangkas, yang dapat dikunci dengan kata sandi master atau sidik jari.

Untuk penggunaan secara personal, pengguna dapat berlangganan 1Password dengan harga US$2.99 per bulan. 1Password, selain itu, juga menawarkan skema berlangganan Families untuk keluarga, yang diperuntukkan hingga 5 pengguna berbeda.

Unduh di Play Store

4. Dashlene

Dashlene menawarkan berangkas yang dapat menyimpankata sandi pengguna dalam jumlah yang tak terbatas. Kata sandi yang tersimpan dapat dibagikan ke pengguna lain, dan disinkronkan pada semua perangkat yang terhubung. Pengguna, selain itu, juga dapat mengimpor kata sandi yang tersimpan pada Chrome dengan cepat dan mudah.

Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android
Gambar: Dashlane / Google Play Store

Dashlene, seperti aplikasi password manager lainnya, menawarkan fitur untuk membantu pengguna membuat kata sandi yang kuat dan aman. Dashlene juga dapat mengisi formulir masuk dengan kata sandi pengguna secara otomatis, termasuk pada aplikasi maupun situs web. Selain kata sandi, pengisian otomatis juga dapat bekerja untuk informasi lainnya, seperti alamat, nomor kartu kredit, dsb.

Kata sandi pengguna yang tersimpan di berangkas Dashlene, khususnya pada ponsel Android, dapat diamankan dengan kata sandi master dan sidik jari. Untuk menambah fungsi keamanan, Dashlene juga menyediakan fitur yang dapat menginformasikan pengguna ketika kata sandi telah dikompromi atau tersedia di dark web. Dashlene, selain itu, juga menyediakan layanan VPN bawaan.

Pengguna gratis Dashlene dapat menyimpan hingga 50 kata sandi pada maksimal satu perangkat. Pengguna premium, di sisi lain, dapat menikmati seluruh fitur yang ditawarkan, termasuk pemonitoran dark web dan layanan VPN bawaan yang ditawarkan. Pengguna dapat berlangganan Dashlene premium dengan harga US$3.33 per bulan, atau US$39.99 per tahun.

Unduh di Play Store

5. RoboForm

RoboForm juga memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua kata sandi dalam satu berangkas yang aman. Pengguna juga dapat menggunakan kata sandi secara otomatis, baik ketika ingin masuk melalui aplikasi maupun situs web. Kata sandi yang baru dibuat, selain itu, juga dapat disimpan secara otomatis.

Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android
Gambar: Siber Systems Inc / Google Play Store

RoboForm menawarkan fungsi sinkronisasi yang mantap. Pengguna dapat menambah, melihat, dan mengedit informasi yang tersimpan di berangkas melalui semua perangkat yang terhubung. RoboForm, selain untuk Android, juga tersedia untuk Windows, Mac, iOS, Linux, dan Chrome OS. RoboForm juga menyediakan fitur untuk mengimpor dan mengekspor kata sandi secara lintas platform.

Data pengguna yang tersimpan di berangkas RoboForm telah diamankan dengan enkripsi AES 256. Ini, seperti yang telah saya sebutkan, memungkinkan hanya pengguna yang dapat melihat data tersebut. Pengguna dapat menguncinya dengan kata sandi master dan PIN. Pengguna juga dapat menambah kemananannya dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor,

Pengguna gratis RoboForm dapat menyimpan kata sandi dalam jumlah yang tak terbatas, namun harus merelakan fitur-fitur penting yang hanya dapat diakses oleh pengguna berbayar. Fitur-fitur tersebut meliputi sinkronisasi pada semua perangkat, autentikasi dua faktor, akses melalui situs web, dsb. Harga berlangganan RoboForm untuk penggunaan pribadi dimulai dari US$23.88 per tahun.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Launcher Terbaik untuk Android

6. Keeper

Aplikasi password manager terbaik untuk Android yang terakhir ingin saya bahas adalah Keeper. Aplikasi ini menyediakan semua fitur dasar yang perlu dimiliki, seperti berangkas kata sandi yang aman, penguncian berangkas dengan kata sandi master, pengisian formulir masuk secara otomatis, pembuat kata sandi, dsb.

Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android
Gambar: Keeper Security, Inc. / Google Play Store

Keeper juga menawarkan fitur BreachWatch, yang dapat memonitor keamanan kata sandi pengguna, termasuk ketika telah dikompromi atau diekspos di dark web. Pengguna akan diberi notifikasi jika BreachWatch menemukan kejanggalan agar kata sandi tersebut segera diganti dengan yang baru.

Keeper mengunci kata sandi yang tersimpan dengan enkripsi AES 256 dan PBKDF2. Pengguna juga dapat memilih autentikasi dua faktor yang beragam, termasuk SMS, Google Authenticator, Duo Security, RSA SecurID, dan Yubikey. Keeper, selain itu, juga mengklaim sebagai satu-satunya layanan password manager yang telah disertifikasi SOC-2 dan ISO27001.

Keeper, sayangnya, tidak menyediakan skema penggunaan gratis. Untuk paket Personal, harga berlangganannya dimulai dari US$2.49 per bulan atau US$29.99 per tahun. Paket ini, meski begitu, tidak mencakup fitur BreachWatch dan autentikasi dua faktor, yang disediakan pada paket yang berbeda dan lebih mahal.

Unduh di Play Store

Sangkalan: Artikel ini merupakan kompilasi dari sejumlah aplikasi password manager terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...