7 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android

Selagi legalitas berkas mp3 masih diperdebatkan.

Pilihan

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu,...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas...

Ponsel Android biasanya dilengkapi dengan aplikasi pemutar musik bawaan dari pabrikan, namun dengan sejumlah batasan dan fitur yang kurang memadai. Pengguna terkadang memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan pengalaman memutar musik yang lebih baik. Untuk itu, saya telah merangkum beberapa aplikasi pemutar musik terbaik untuk Android, yang dapat diunduh langsung dari Play Store.

Aplikasi-aplikasi berikut disediakan secara gratis, meskipun ada beberapa yang menawarkan pembelian dalam aplikasi untuk menghapus iklan, atau mengakses fitur premium yang ditawarkan. Pengguna tidak diwajibkan untuk melakukan pembelian, karena fitur gratisnya juga tidak kalah menarik.

1. Pulsar Music Player

IKLAN

Aplikasi pemutar musik pertama yang ingin saya bahas adalah Pulsar Music Player. Aplikasi ini menawarkan desain material yang elegan dan sederhana, yang dapat membuat pemutaran musik menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Jenis-jenis berkas yang didukung termasuk mp3, aac, flac, ogg, wav, dsb.

Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android
Gambar: Rhythm Software / Google Play Store

Pulsar Music Player juga menawarkan beragam fitur, namun keputusannya untuk tidak menampilkan iklan merupakan yang paling saya sukai. Beberapa fitur pentingnya meliputi kemampuan untuk mengatur pemutaran musik tanpa jeda, menampilkan lirik lagu, mengatur kecepatan pemutaran, dan pengeditan tag lagu.

Selain itu, Pulsar Music Player juga dilengkapi dengan fitur Sleep Timer yang dapat menghentikan pemutaran musik secara otomatis, berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Disediakan juga dukungan untuk Chromecast, dukungan untuk menggunakan perintah suara dari Google, dan dukungan untuk Android Auto.

Unduh di Play Store

2. Musicolet Music Player

Sama seperti Pulsar, Musicolet merupakan salah satu aplikasi pemutar musik yang dapat diunduh secara gratis dan tidak menampilkan iklan. Krosbits, pengembangnya, mengklaim jika Musicolet tidak memerlukan akses internet, yang membuat seluruh fitur yang ditawarkan dapat diakses secara luring.

Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android
Gambar: Krosbits / Google Play Store

Fitur-fitur penting yang ditawarkan Musicolet termasuk Multiple Queues, yang dapat membuat beberapa antrian lagu secara sekaligus, dengan jumlah maksimal hingga 20 lagu. Pengguna juga ditawarkan fitur Powerful Equalizer yang dapat menyesuaikan preset audio sesuai dengan selera.

Musicolet juga menawakan desain yang menarik dan sederhana. Pengguna dapat menjelajahi musik berdasarkan folder, antrian, album, artis, dan daftar putar. Selain itu, Musicolet juga menawarkan mode gelap, yang merupakan salah satu fitur yang sedang hangat, dan banyak dianggap wajib untuk dimiliki oleh suatu aplikasi.

Unduh di Play Store

3. Google Play Music

Aplikasi pemutar musik terbaik untuk Android lainnya ialah Google Play Music. Aplikasi ini merupakan aplikasi pemutar musik yang tak hanya dapat memutar musik secara luring, namun juga dapat melakukan streaming musik, dengan metode berlangganan yang telah disediakan oleh Google. Sayangnya, layanan streaming yang ditawarkan untuk saat ini belum tersedia di Indonesia.

Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android
Gambar: Google LLC / Google Play Store

Maka dari itu, Google Play Music lebih banyak digunakan untuk memutar musik secara luring, dengan dukungan berkas mp3, aac, wma, flac, ogg, dan alac. Google Play Music juga kerap diinstal sebagai salah satu aplikasi bawaan untuk memutar musik pada beberapa ponsel, yang membuatnya kian populer.

Fitur-fitur yang ditawarkan Google Play Music tidak jauh berbeda dengan aplikasi pemutar musik pada umumnya. Salah satunya ialah pustaka musik yang dapat mengurutkan lagu berdasarkan artis, lagu, album, atau genre. Selain itu, Google Play Music juga dibekali dengan mesin canggih yang dapat memindai lagu di ponsel dengan cepat.

Unduh di Play Store

4. Poweramp Music Player

Poweramp Music Player merupakan salah satu aplikasi pemutar musik favorit saya, yang telah populer karena kemampuan pemutar musiknya yang berbeda dengan aplikasi lain. Aplikasi ini menawarkan mesin audio yang dapat memutar lagu kesayangan, dan memberikan pengguna pengalaman mendengarkan musik yang luar biasa.

Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android
Gambar: Max MP / Google Play Store

Poweramp Music Player mendukung jenis berkas mp3, mp4/m4a, alac, ogg, wma, flac, wav, ape, wv, tta, mpc, dll. Pemutar musiknya menawarkan peyesuaian Bass dan Treble, serta Equalizerm eXpansion, dan MusicFX yang dapat mengatur keluaran musik sesuai dengan keinginan. Pengguna, selain itu, juga dapat menghubungkannya dengan Google Assistant, Chromecast, dan Android Auto.

Poweramp Music Player tersedia dalam dua versi yang berbeda di Play Store. Ada versi percobaan dan versi berbayar. Versi percobaan mengizinkan pengguna untuk mencobanya selama 15 hari, sedangkan versi berbayarnya dapat dibeli dengan harga Rp43.000.

Unduh di Play Store

5. jetAudio HD Music Player

Saya pertama kali mengenal jetAudio sebagai aplikasi pemutar musik pada Windows PC. Kini, aplikasi yang sama juga tersedia untuk perangkat Android. Pengembangnya, Team Jet, mengklaim jika jetAudio merupakan aplikasi pemutar musik dengan rating dan unduhan tertinggi pada situs unduhan aplikasi CNET.COM.

Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android
Gambar: Team Jet / Google Play Store

Salah satu fiturnya yang paling menarik ialah kemampuan untuk memutar musik melalui folder yang dibagikan melalui Wi-Fi pada jaringan lokal. Sebagai informasi, tidak banyak aplikasi pemutar musik untuk Android yang telah mendukungnya. Dukungan format berkasnya juga beragam, termasuk mp3, wav, ocg, flac, mpc, tta, wv, dll.

Sama seperti Poweramp, beberapa fitur premium yang ditawarkan jetAudio dapat dibuka dengan membeli versi Plus, yang kini dijual dengan harga Rp57.000. Fitur-fitur premium tersebut termasuk Equalizer yang mendukung 20 Band, Tag Editor, penampilan lirik melalui tag lagu, penghapusan iklan, dll.

Unduh di Play Store

6. InShot Music Player

Aplikasi pemutar musik ini dikembangkan oleh InShot Inc., pengembang yang juga mengembangkan beragam aplikasi lain, termasuk aplikasi pengedit video, pengedit foto, pengunduh video, dll. Aplikasi pemutar musiknya telah diunduh oleh 10 juta pengguna, dan mendapatkan rating 4,7/5 dari 180 ribu pengguna.

Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android
Gambar: InShot Inc. / Google Play Store

Fitur-fitur yang ditawarkan termasuk Equalizer, pengontrol pemutaran musik yang beragam, serta pemindaian musik secara otomatis. Pengguna juga dapat mengatur pustaka lagu berdasarkan artis, album, folder, dan daftar putar. Selain itu, aplikasi pemutar musik ini juga menawarkan gawit yang menarik, dan pengontrol musik pada notifikasi dan layar kunci.

Terlepas dari fitur dan dukungan yang ditawarkan, aplikasi pemutar musik ini menampilkan iklan yang cukup mengganggu. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan sejumlah pembelian dalam aplikasi untuk mengakses fitur premium yang ditawarkan.

Unduh di Play Store

7. Laopard V7 Music Player

Aplikasi pemutar musik terbaik untuk Android yang terakhir pada daftar ini adalah Music Player yang dikembangkan oleh Leopard V7. Aplikasi pemutar musik ini, sama seperti yang dikembangkan oleh InShot Inc., hanya diberi nama Music Player, yang membuatnya susah untuk dibedakan dengan aplikasi pemutar musik lainnya yang juga memiliki nama serupa.

Aplikasi Pemutar Musik Terbaik untuk Android
Gambar: Leopard V7 / Google Play Store

Salah satu fitur menarik yang ditawarkannya ialah kemampuan untuk mengontrol pemutaran musik hanya dengan menggoyangkan ponsel. Ini unik, dan cukup bermanfaat ketika pengguna ingin mengganti musik yang sedang diputar tanpa harus menghidupkan layar ponsel.

Selain itu, fitur lainnya hampir sama dengan yang ditawarkan pada aplikasi lain. Fitur-fitur tersebut termasuk Equalizer, penyortiran pustaka lagu berdasarkan folder, penampilan lirik, dll.

Pengguna dapat mengunduh Music Player yang dikembangkan oleh Leopard V7 ini secara gratis, meski menamplkan iklan yang dapat mengganggu. Aplkasi ini, selain itu, tidak menawarkan pembelian dalam aplikasi, yang membuat seluruh fitur yang ditawarkan dapat diakses secara gratis tanpa embel-embel untuk membuka kuncianya.

Unduh di Play Store

Catatan: Artikel ini merupakan kompilasi dari aplikasi pemutar musik terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya ingin membahas tentang cara membuat...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan Volume. Setiap kanal menawarkan versi...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas beberapa aplikasi email terbaik untuk...