6 Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android

Menuntut lagu sampai ke Negeri Cina.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

“Pernah dengerin lagu bagus, tapi bingung nyari judul lagunya buat disimpan dan didengerin lagi?” Situasi tersebut mungkin pernah dilalui, dan menjadi inspirasi bagi para founder aplikasi pencari lagu yang kian beredar. Tapi, “bingung mana yang paling bagus?” Hampir sama seperti kasus si founder, pertanyaan tersebut menginspirasi saya untuk merangkum beberapa aplikasi pencari lagu terbaik di Android melalui artikel ini hehe.

Aplikasi pencari lagu pada dasarnya memiliki basis data, atau database, dari hampir semua lagu yang dapat ditemukan, dan menggunakan mikrofon ponsel untuk melakukan tugasnya. Lalu, data rekaman yang diambil dari mikrofon tersebut dicocokkan dengan data yang ada di basis data tadi.

6 Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android

1. Shazam

Shazam, tidak diragukan lagi, merupakan aplikasi pencari lagu yang paling populer saat ini. Aplikasi ini dapat mencari lagu dengan cepat, dan hanya dengan satu kali sentuhan. Setelah lagu ditemukan, pengguna dapat memilih untuk melihat liriknya, dan bahkan menonton video klip dari lagu tersebut, jika disediakan.

IKLAN

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Kredit gambar: Apple, Inc. / Google Play Store

Shazam juga memungkinkan pengguna untuk mendengarkan cuplikan dari lagu yang ditemukan, serta dapat menambahkannya ke daftar putar di Spotify. Pengguna juga akan disediakan lagu serupa dengan yang sedang diputar. Bagi pengguna yang sedang tidak memiliki koneksi internet, Shazam memiliki fitur Shazam Offline yang dapat mencari lagu ketika sedang offline, namun lagu baru dapat diidentifikasi ketika pengguna kembali online.

Shazam juga menawarkan aplikasi serupa yang lebih ringan, yaitu Shazam Lite. Namun, fitur-fitur yang ada di Shazam juga dipangkas untuk menghemat ruang penyimpanan dan koneksi data internet.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Aplikasi Penerjemah Terbaik di Android

2. Musixmatch

Aplikasi pencari lagu terbaik di Android selanjutnya adalah Musixmatch. Mempunyai basis data lagu yang besar seperti Shazam, Musixmatch dapat mencari dan mendeteksi lagu dengan cepat dan akurat. Namun, selain dapat digunakan untuk mencari lagu, Musixmatch juga menyediakan lirik lagu, dan mengklaim sebagai “penyedia lirik lagu dengan koleksi terbesar di dunia.”

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Kredit gambar: Musixmatch / Google Play Store

Pengguna dapat menemukan lirik dari lagu yang sedang diputar di aplikasi-aplikasi streaming, seperti Spotify, Apple Music, YouTube, Pandora, dll. Lirik lagu tersebut juga dapat diterjemahkan ke bahasa yang diinginkan, namun tidak semuanya. Musixmatch juga menyediakan widget untuk menampilkan lirik lagu di home screen dan lock screen ponsel pengguna.

Musixmatch disediakan secara gratis, dengan opsi untuk meningkatkannya ke versi Premium. Dengan versi Premium, pengguna akan mendapatkan pengalaman menggunakan Musixmmatch ketika offline, serta tanpa diganggu oleh iklan.

Unduh di Play Store

3. SoundHound

SoundHound juga merupakan aplikasi pencari lagu yang dapat menemukan lagu yang sedang diputar secara instan. Tidak hanya itu, SoundHound, sama seperti Shazam dan Musixmatch, juga dapat menampilkan lirik dari lagu tersebut, yang disediakan oleh LiveLyrics.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Kredit gambar: SoundHound Inc. / Google Play Store

Semua lagu yang dicari menggunakan SoundHound akan disimpan di daftar riwayat pencarian pengguna. Lagu-lagu tersebut juga dapat disalin ke daftar putar pengguna di Spotify. Selain itu, SoundHound juga memiliki fitur Music Map yang dapat menyimpan lokasi dari terpat di mana lagu tersebut dicari.

Yang paling keren, ialah, SoundHound memiliki fitur voice command yang dapat digunakan untuk mencari lagu menggunakan perintah suara. Pengguna dapat mengatakan “OK Hound, what’s the song?” untuk mencari sebuah lagu, atau “Show me lyrics to ‘Life on Mars?'” untuk melihat lirik dari lagu oleh sang legenda David Bowie.

Unduh di Play Store

4. Music Recognition

Aplikasi pencari lagu terbaik di Android lainnya adalah Music Recognition. Aplikasi pencari lagu ini telah diunduh oleh 1 juta pengguna di Play Store, dan memiliki penilaian 4.7 dari 14 ribu ulasan. Sama dengan aplikasi pencari lagu lainnya, Music Recognition dapat mengidentifikasi lagu yang sedang diputar dengan cepat.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Kredit gambar: Beatfind Music Recognition / Google Play Store

Fitur-fitur yang dimiliki cukup menarik. Pengguna dapat mendengarkan cuplikasi dari lagu yang telah dicari, dan juga menonton videonya di YouTube, jika ada. Selain itu, pengguna juga dapat beralih ke Spotify atau Deezer untuk mendengarkan lagu sepenuhnya. Lagu yang ditemukan tersebut juga dapat dibagikan ke teman, keluarga, maupun kolega menggunakan Facebook, WhatsApp, dan Twitter.

Namun, dari semua fitur yang ditawarkan, ada satu yang membuatnya berbeda dari semua aplikasi yang saya rangkum di artikel ini. Music Recognition memiliki fitur “Flashlight Party Mode” yang dapat menghidupkan lampu flash di ponsel, membuatnya berkedap-kedip mengikuti irama lagu — Because, why not?

Unduh di Play Store

5. Genius

Genius adalah aplikasi yang sudah cukup populer di kalangan pecinta musik. Aplikasi ini dapat mencari lagu, menampilkan lirik, serta arti dari lirik lagu tersebut. Oleh karena itu, karena liriknya disediakan oleh Genius, pengguna Spotify mungkin sudah “akrab” dengan platform ini.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Kredit gambar: Genius Media Group, Inc. / Google Play Store

Lirik dari lagu yang sedang diputar terkadang berisi anotasi atau komentar dari pengguna lainnya di Genius. Ini menarik, dan dapat membuka pengetahuan baru tentang lagu yang sedang diputar tersebut. Selain itu, Genius juga menyediakan konten-konten yang berasal dari artis atau produser dari lagu terkait untuk memberikan fakta mengenai lagu tersebut.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 11 Browser Terbaik di Android Edisi 2019

6. Google Assistant

Google memiliki banyak opsi penelusuran menarik yang dapat dijelajahi pengguna menggunakan Google Assistant. Salah satunya adalah opsi untuk mencari lagu. Pengguna dapat mengatakan “Hey Google, what song is this?”, atau “Hey Google, lagu apa ini?” untuk akun Google yang diatur ke bahasa Indonesia.

Aplikasi Pencari Lagu Terbaik di Android
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Karena hanya sebagai fitur tambahan, opsi untuk mencari lagu melalui Google Assistant tidak disertai dengan fitur untuk menampilkan lirik, tangga lagu populer, dan sejenisnya. Meskipun begitu, setelah lagu ditemukan, Google akan menawarkan pengguna hasil dari Google Search terkait lagu tersebut, di mana pengguna dapat mencari lirik, memutarnya di Spotify, YouTube, dll.

Bagian terbaiknya, ialah, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi pencari lagu pihak ke-tiga, karena fitur ini telah tersedia di Google Assistant yang sebagian besar telah terinstal di ponsel pengguna.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi pencari lagu terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...