6 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android

Musimnya merekam layar.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Selain mengambil tangkapan layar, kita juga dapat merekam layar ponsel Android yang sedang digunakan. Beberapa ponsel dapat melakukannya melalui fitur bawaan, namun ada juga yang membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas beberapa aplikasi perekam layar terbaik untuk Android, yang dapat diunduh dari Play Store.

Aplikasi perekam layar berguna ketika ingin membuat video tutorial, video pendidikan, atau, pada dasarnya, merekam permainan atau aplikasi yang sedang dijalankan. Semua aplikasi berikut dapat diunduh secara gratis, namun beberapa disertai dengan iklan dan sejumlah batasan, yang dapat dibuka dengan melakukan pembelian dalam aplikasi.

1. AZ Screen Recorder

IKLAN

Aplikasi perekam layar terbaik untuk Android yang pertama ingin saya ulas adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi perekam layar ini mudah dioperasikan, dan tidak memerlukan akses root untuk menjalankan fungsinya.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android
Gambar: AZ Screen Recorder / Google Play Store

Yang paling saya suka dari AZ Screen Recorder adalah fitur-fitur premiumnya yang disediakan secara gratis. Pengguna dapat merekam layar ponsel tanpa harus membumbuinya dengan markah tinta – atau dalam bahasa Inggris: watermark. Selain itu, pengguna juga dapat merekam dengan resolusi HD dan Full HD tanpa batasan waktu, dengan opsi untuk melakukan jeda di tengah proses perekaman.

AZ Screen Recorder juga menawarkan UI yang sederhana, memudahkan pengguna untuk menerapkan pengaturan dan kustomisasi. Selain dapat mengatur resolusi video, pengguna juga dapat mengatur bit rate, frame rate, pewaktu, dan orientasi layar. Hasil rekaman akan tersimpan secara otomatis pada galeri ponsel, dengan opsi untuk membagikannya ke media sosial atau mengirimnya secara nirkabel.

Pengguna berbayar, di sisi lain, mendapatkan fitur yang lebih menarik lagi, seperti tersedianya tombol Magic, penghapusan iklan, alat pemotong video, dsb. Fitur-fitur opsional tersebut ditawarkan melalui pembelian dalam aplikasi.

IKLAN

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

2. Screen Recorder dari Kimcy929

Aplikasi perekam layar yang satu ini tidak memiliki nama yang spesifik, yaitu Screen Recorder, yang membuatnya cukup susah untuk dibedakan secara lisan. Namun, terlepas dari kemalasan menentukan namanya, pengembang Kimcy929 telah merilis aplikasi perekam layar yang kaya akan fitur gratis dan tidak menampilkan iklan.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android
Gambar: Kimcy929 / Google Play Store

Screen Recorder juga ringan, tidak membumbui hasil rekaman pengguna dengan markah tirta, serta tidak membutuhkan akses root untuk menjalankan fungsinya. Pengaturan perekaman yang ditawarkan juga bermacam-macam, termasuk pengaturan resolusi, frekuensi gambar, bit rate, dan opsi untuk menambahkan teks atau logo.

Screen Recorder juga memungkinkan pengguna untuk merekam sentuhan layar, audio eksternal, dan mendukung Facecam pada saat melakukan perekaman. Ada juga alat untuk memangkas video hasil rekaman pengguna. Selain itu, Screen Recorder juga menawarkan UI yang tersedia dalam sejumlah bahasa berbeda, namun tidak termasuk bahasa Indonesia.

IKLAN

Unduh di Play Store

3. XRecorder

XRecorder merupakan aplikasi perekam layar yang dikebangkan oleh InShot Inc., pengembang yang juga merilis sejumlah aplikasi utilitas populer lainnya, seperti Video Editor dan Photo Editor Pro. XRecorder sendiri, ketika artikel ini ditulis, telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna, dan mendapatkan rating 4,7/5 dari 800 ribu pengguna.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android
Gambar: InShot Inc. / Google Play Store

Aplikasi perekam layar XRecorder dapat membantu pengguna merekam layar ponsel dengan hasil yang halus dan jernih. Ini didukung dengan kemampuannya yang dapat merekam layar dengan resolusi 1080p/60 fps. XRecorder juga dapat merekam layar tanpa membumbui hasilnya dengan markah tirta, serta tanpa batasan waktu. Pengguna juga tidak membutuhkan akses root untuk menggunakannya.

Fitur-fitur lainnya meliputi dukungan Facecam, untuk menggunakan kamera depan ketika sedang merekam layar ponsel. XRecorder juga menyediakan alat pengedit video yang dapat digunakan untuk memotong atau memangkas hasil rekaman. Sayangnya, XRecorder menawarkan sejumlah pembelian dalam aplikasi, yang dapat dibeli untuk menghapus iklan, mengakses fitur premium, dsb.

Unduh di Play Store

4. Super Screen Recorder

Aplikasi perekam layar terbaik untuk Android yang selanjutnya ingin saya ulas adalah Super Screen Recorder. Aplikasi ini hadir dengan antarmuka yang mudah digunakan. Selain itu, sama seperti kebanyakan aplikasi perekam layar lainnya, Super Screen Recorder tidak memerlukan akses root untuk menjalankan fungsi dan fitur yang ditawarkan.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android
Gambar: HappyBees / Google Play Store

Super Screen Recorder menawarkan hasil rekaman layar berkualitas tinggi, dengan opsi untuk mengatur resolusi hingga 1080p, bit rate, dan frekuensi gambar. Super Screen Recorder, selain itu, juga memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan opsi markah tirta, serta merekam tanpa batasan waktu, yang sama-sama dapat dilakukan secara gratis.

Fitur-fitur tambahan lainnya meliputi dukungan Facecam, GIF Maker, serta bermacam alat lainnya untuk mempercantik hasil rekaman. Super Screen Recorder, sayangnya, menampilkan iklan dan menawarkan sejumlah pembelian dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

5. Google Play Games

Google Play Games lebih dari sekedar aplikasi menajemen permainan yang terinstal pada ponsel. Google Play Games memiliki fitur perekam layar bawaan yang dapat berfungsi dengan baik, meski tidak banyak yang mengetahuinya. Selain dapat merekam jalannya permainan, Google Play Games juga dapat digunakan untuk merekam penggunaan aplikasi lain.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android
Gambar: distriqt

Fitur perekam layar pada Google Play Games dapat berfungsi dengan sempurna jika digunakan pada ponsel Android versi terbaru. Pengguna yang menggunakan ponsel Android versi lama, sebagai perbandingan, membutuhkan akses root untuk menjalankan fitur perekam layar yang ditawarkan.

Google Play Games cocok bagi pengguna yang ingin merekam layar ponsel tanpa harus menginstal aplikasi perekam layar lain, yang biasanya menampilkan iklan dan menawarkan pembelian dalam aplikasi. Namun, fitur perekam layar yang ditawarkan, ketika artikel ini ditulis, masih belum tersedia di semua negara, termasuk Indonesia.

Unduh di Play Store

Artikel terkait6 Aplikasi Catatan Terbaik untuk Android

6. ADV Screen Recorder

Aplikasi perekam layar terbaik untuk Andorid yang terakhir ingin saya ulas adalah ADV Screen Recorder. Berkat alat dan pengaturan mengesankan yang ditawarkan, ADV Screen Recorder dapat diandalkan untuk menghasilkan rekaman layar yang memuaskan.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android
Gambar: ByteRev / Google Play Store

Alat dan pengaturan yang saya maksud termasuk opsi untuk memilih engine yang berbeda, seperti engine bawaan dan engine lanjutan, yang dapat menghaluskan dan menjernihkan hasil rekaman layar. Pengguna, selain itu, juga dapat menjeda proses perekaman layar, menggunakan kamera depan atau belakang pada saat perekaman, mengatur resolusi dan bit rate, dsb.

ADV Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar yang cukup ringan, dan, sama seperti aplikasi perekam layar lainnya pada daftar ini, tidak membutuhkan akses root untuk menjalankannya, serta tidak membumbui hasil rekaman dengan markah tirta. ADV Screen Recorder juga menampilkan iklan, dan menawarkan sejumlah pembelian dalam aplikasi.

Unduh di Play Store

Sangkalan: Artikel ini merupakan kompilasi dari sejumlah aplikasi perekam layar terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...