8 Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android untuk Tahun 2018

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Selain mengambil screenshot, pengguna juga dapat merekam layar ponsel mereka dengan aplikasi perekam layar (screen recorder) yang saat ini banyak tersedia di Play Store secara gratis dan berbayar. Untuk yang versi gratis, biasanya aplikasi tersebut memberikan watermark di hasil rekaman layar kita. Namun, masih banyak juga yang aplikasi perekam layar gratis lainnya yang tidak memasang watermark. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi ini, pengguna dapat merekam layar ponsel mereka untuk membuat video tutorial, video pendidikan, bahkan juga untuk streaming game yang sedang dimainkan. Berkaitan dengan hal tersebut, artikel ini akan membahas tentang daftar aplikasi perekam layar terbaik di Android untuk tahun 2018.

8 Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android untuk Tahun 2018

1. AZ Screen Recorder – No Root

AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar terbaik di Android yang cukup populer, di mana aplikasi ini digunakan oleh lebih dari satu juta pengguna. Aplikasi ini mudah dioperasikan dan tidak memerlukan akses root. AZ Screen Recorder juga tidak menanam watermark dan membatasi waktu perekaman. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk merekam dalam resolusi HD dan Full HD. Selain itu, pengguna juga dapat menjeda dan melanjutkan recorder saat merekam.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android
Credit: Hecorat / Google Play Store

IKLAN

Video yang direkam pengguna secara otomatis akan disimpan ke galeri. Terlepas dari ini, aplikasi ini sangat dapat dikustomisasi. Pengguna dapat mengatur resolusi video, bit-rate, frame rate, orientasi layar, menyesuaikan timer untuk berhenti, dan juga membagikan hasil rekaman melalui media sosial maupun koneksi nirkabel.

Versi pro AZ Screen Recorder mencakup beberapa fitur tambahan seperti tombol Magic, penghapusan iklan, penghitung waktu mundur, dll. Versi pro ini nantinya tersedia sebagai pembelian dalam aplikasi. Namun, meskipun menampilkan iklan, versi gratis sudah menyertakan sebagian besar fitur yang diperlukan.

2. Super Screen Recorder – No Root REC & Screenshot

Super Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar di Android yang hadir dengan antarmuka yang mudah digunakan, bersama dengan fitur pengeditan video yang mengesankan. Untuk menjalankannya, aplikasi ini tidak memerlukan perangkat yang telah di-root. Selain itu, aplikasi ini juga tidak memiliki batasan waktu perekaman. Super Screen Recorder juga menyediakan rekaman berkualitas tinggi dengan berbagai resolusi, bit rate, dan frekuensi gambar. Pengguna juga dapat menjeda dan melanjutkan recorder saat merekam dan juga menyembunyikan jendela aplikasi yang mengambang.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android
Credit: HappyBees / Google Play Store

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan Facecam, GIF Maker, dan bermacam brush tool untuk mempercantik hasil rekaman. Aplikasi ini juga tidak menanam watermark secara default. Namun, pengguna dapat mengaktifkan fitur watermark untuk menunjukkan merek ponsel yang sedang digunakan jika diinginkan. Aplikasi ini gratis dan mengandung iklan, serta berisi pembelian dalam aplikasi.

3. DU recorder- Screen Recorder, Video Editor, Live

DU recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar terbaik di Android dengan lebih dari 10 juta unduhan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna merekam video apa pun dari layar Android mereka. Selain itu, pengguna nantinya juga dapat mengedit hasil rekaman video menggunakan editor yang sudah ada di dalamnya. Aplikasi ini tidak memerlukan akses root, dan juga tidak memiliki batasan waktu perekaman. Namun, aplikasi ini menanam watermark pada setiap video rekaman yang dibuat pengguna.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android
Credit: Screen Recorder & Video Editor / Google Play Store

Fitur lain yang dimiliki termasuk opsi untuk memilih resolusi yang berbeda, frekuensi gambar, bit rate, front camera, GIF maker, dll. Semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini tersedia dalam versi gratis tanpa pembelian dalam aplikasi. Aplikasi ini juga berfungsi dalam 20 bahasa yang berbeda dan tidak menampilkan iklan apa pun.

4. Screen Recorder – Free No Ads

Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar berfitur lengkap di Android yang sepenuhnya gratis tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi. Aplikasi ini juga ringan, tidak menanam watermark, dan juga tidak membutuhkan akses root. Dengan Screen Recorder, pengguna akan menghasilkan video rekaman dengan fitur untuk mengatur resolusi yang berbeda, berbagai frekuensi gambar, bit rate, dan juga menambahkan teks atau logo ke dalam rekaman.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android
Credit: Kimcy929 / Google Play Store

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk merekam touch input, audio eksternal, dan mendukung Facecam saat merekam. Selain itu, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur pemangkas video. Pengguna juga dapat memilih lokasi untuk menyimpan video hasil rekaman. Aplikasi ini tersedia dalam beberapa bahasa selain bahasa Inggris.

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Video Terbaik di Android untuk Tahun 2018

5. Mobizen Screen Recorder – Record, Capture, Edit

Mobizen adalah salah satu aplikasi perekam layar terbaik di Android yang mudah digunakan, di mana aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam, menangkap, dan mengedit video hasil rekaman pengguna. Aplikasi ini juga menyediakan resolusi video berkualitas tinggi, dan dapat di-integrasikan dengan Facecam.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android
Credit: MOBIZEN / Google Play Store

Selain itu, aplikasi perekam layar ini juga memiliki berbagai fitur pengeditan video. Mobizen juga tidak memerlukan akses root dan menawarkan penghapusan watermark gratis dengan Clean Recording Mode. Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan mengandung iklan dengan pembelian dalam aplikasi.

6. ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar yang dapat diandalkan untuk Android yang menyediakan semua fitur penting. Aplikasi ini menawarkan pengguna untuk merekam layar ponsel mereka dengan dua engine yang berbeda. Pengguna juga dapat mengatur resolusi yang berbeda, frekuensi gambar, bit rate, dan juga menggambar dan menulis di video hasil rekaman.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android
Credit: ByteRev / Google Play Store

Selama merekam, pengguna juga dapat menggunakan kamera depan dan belakang. Selain itu, ADV juga memungkinkan pengguna untuk menghentikan sementara perekaman jika perlu. Aplikasi ini tidak menanam watermark dan tidak memerlukan akses. Aplikasi ini juga memiliki fitur timer untuk menambahkan hitungan mundur selama 3 detik sebelum memulai perekaman layar. Aplikasi ini ringan, gratis dan berisi iklan bersama dengan pembelian dalam aplikasi.

7. Google Play Games

Google Play Games lebih dari sekadar aplikasi hub untuk game mobile. Aplikasi ini juga memiliki fitur perekaman layar built-in yang berfungsi dengan baik. Selain merekam permainan, pengguna juga dapat merekam hal-hal lain seperti aplikasi atau apa pun yang diinginkan. Aplikasi ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi pengguna dengan versi Android yang lebih baru.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android
Credit: Google LLC / Google Play Store

Namun, jika pengguna memiliki ponsel dengan versi Android yang lebih lama, maka ponsel harus memiliki akses root untuk mengakses fitur perekaman. Google Play Games dapat bekerja hingga resolusi 720p. Aplikasi besutan Google ini juga disediakan secara gratis tanpa iklan atau pembelian dalam aplikasi. Tetapi, fitur perekaman layar mungkin tidak berfungsi di semua negara, termasuk Indonesia.

8. Screen Recorder with Audio and Facecam, Screenshot

Screen Recorder with Audio and Facecam, Screenshot adalah salah satu aplikasi perekam layar terbaik di Android. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merekam layar ponsel mereka dengan Facecam, mengambil screenshot, dan mengedit video setelah perekaman. Aplikasi ini juga tidak menanam watermark atau membutuhkan akses root. Pengguna juga dapat memilih untuk menyimpan hasil rekaman video dalam berbagai format dengan resolusi berkualitas tinggi. Aplikasi ini juga menyajikan pengguna durasi waktu perekaman yang tidak terbatas.

Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android
Credit: crackertoguess68 / Google Play Store

Selain gratis, aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan tidak mengandung pembelian dalam aplikasi. Namun, aplikasi ini berisi iklan yang dapat mengganggu.

Catatan: Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi perekam layar terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu menyesuaikan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...