5 Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android Edisi 2019

Mendengarkan musik menjadi lebih mudah dengan adanya layanan streaming musik.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Jujur saja, dari dulu saya susah sekali untuk melewati hari-hari tanpa mendengarkan musik; baik itu melalui CD atau berkas MP3. Namun, berbeda dengan dulu, di zaman sekarang, mendengarkan musik sudah dapat dilakukan dengan mudah karena adanya layanan streaming musik. Cukup menggunakan koneksi internet, musik sudah siap didengarkan. Berikut sudah saya rangkum beberapa aplikasi streaming musik terbaik di Android yang dapat pengguna unduh melalui Play Store.

Karena layanan streaming musik sudah beragam, pengguna perlu memilih salah satu atau mungkin lebih untuk mendengarkan musik favorit. Mulai dari fitur aplikasi, harga berlangganan, sampai kelengkapan musik yang ditawarkan perlu dipertimbangkan ketika ingin memilih layanan streaming musik. Melalui artikel ini, saya berharap dapat mempermudah pengguna untuk menentukan pilihan tersebut.

5 Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android Edisi 2019

1. Spotify – Musik dan Podcast

IKLAN

Aplikasi streaming musik pertama yang ingin saya bahas adalah Spotify. Tidak hanya di Indonesia, aplikasi streaming ini sudah cukup populer bagi pengguna dari seluruh dunia. Ketika artikel ini ditulis, Spotify telah memiliki 500Jt unduhan dan rating 4.6/5 dari 15jt ulasan pengguna di Play Store.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: Spotify Ltd. / Google Play Store

Memiliki katalog musik yang hampir lengkap, Spotify menawarkan beragammusik dan podcast dari berbagai musisi terkenal dari Indonesia maupun mancanegara. Spotify juga memudahkan pengguna untuk menemukan musik baru, melalui rekomendasi playlist yang sudah tersedia atau playlist yang telah disesuaikan dengan selera musik pengguna.

Spotify dapat diunduh secara gratis, namun dengan berbagai batasan yang dapat dibuka dengan berlangganan Spotify Premium. Dengan berlangganan, pengguna akan mendapatkan fitur untuk memutar musik dengan bebas tanpa harus diacak, mengunduh musik, serta mendengarkan musik tanpa iklan dan dengan kualitas terbaik. Biaya berlangganan Spotify Premium adalah Rp49.990/bulan.

Unduh di Play Store

IKLAN

Artikel terkait11 Browser Terbaik di Android

2. JOOX Music

Joox merupakan aplikasi streaming musik yang juga sudah populer, terutama bagi pengguna di Asia. Sama dengan Spotify, aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis dengan fitur yang terbatas. Pengguna dapat mengakses semua fitur yang ditawarkan oleh Joox dengan berlangganan Joox VIP.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: Tencent Mobility Limited / Google Play Store

Pengguna gratis dapat menikmati playlist yang berisi lagu-lagu yang direkomendasikan oleh Joox. Selain itu, pengguna gratis juga dapat membuat playlist sendiri untuk menyimpan lagu-lagu favorit. Fitur lainnya untuk pengguna gratis meliputi ‘Real-time Sharing’ yang berfungsi untuk berbagi lagu dengan teman yang terdaftar di WeChat, dan fitur ‘Joox Live’ untuk menonton siarang langsung yang diasakan oleh para musisi yang terdaftar.

Sedangkan bagi pengguna Joox VIP, fitur-fitur yang ditawarkan tentu lebih lengkap. Pengguna VIP dapat memutar musik sesuai dengan keinginan, mengunduh musik, dan memainkan musik tersebut dengan kualitas terbaik. Pengguna VIP juga dibebaskan dari iklan yang mengganggu. Pengguna dapat berlangganan Joox VIP dengan harga Rp49,000/bulan.

Unduh di Play Store

3. SoundCloud – musik & audio

IKLAN

Aplikasi streaming musik terbaik di Android lainnya adalah SoundCloud. Layanan ini merupakan layanan streaming musik pertama yang saya kenal. Dikutip dari halaman Play Store aplikasi ini, SoundCloud diklaim sebagai layanan streaming musik dan audio terbesar di dunia, dengan 150jt koleksi musik yang dimiliki.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: SoundCloud / Google Play Store

SoundCloud juga dikenal sebagai ‘rumah’ dari artis-artis indie yang sedang berkembang. Jadi, jangan heran jika koleksi musik di SoundCloud didominasi dengan lagu-lagu indie dari musisi yang mungkin belum pernah kita dengar namanya. Tapi jangan salah juga, lagu-lagu tersebut terkadang dapat mengejutkan kita karena memang benar-benar bagus. Saya sendiri pernah ‘terkejoet’ dan berkata ‘kok bisa lagu ini gak terkenal?’

SoundCloud memiliki 3 skema berlanggana, yaitu SoundCloud Free, SoundCloud Go, dan SoundCloud Go Plus. SoundCloud Free diperuntukkan untuk pengguna gratis dengan fitur yang yang terbatas,. SoundCloud Go untuk pengguna premium yang ingin mendengarkan musik tanpa iklan dan koneksi internet dengan mengunduhnya. Masing-masing pengguna SoundCloud Free dan SoundCloud Go dapat mengakses lebih dari 120jt musik. Untuk dapat mengakses 150jt katalog musk yang tersedia, pengguna perluberlangganan SoundCloud Go Plus. Harga yang ditawarkan adalah USD$4.99/bulan untuk SoundCloud Go, dan USD $9.99/bulan untuk SoundCloud Go Plus.

Unduh di Play Store

4. Deezer Music Player: Songs, Radio & Podcasts

Deezer merupakan aplikasi alternatif untuk Spotify. Pengguna gratis Deezer dapat mendengarkan musik dari 53jt katalog musik yang ditawarkan. Pengguna gratis juga dpaat mendengarkan musik secara acak melalui Shuffle Mode. Selain itu, Deezer juga menawarkan playlist yang berisi rekomendasi lagu-lagu untuk setiap suasana. Pengguna juga dapat membuat playlist sendiri untuk mengoleksi lagu-lagu favorit.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: Deezer Mobile / Google Play Store

Pengguna yang berlangganan Deezer Premium dapat mendengarkan musik tanpa iklan. Pengguna premium juga ditawarkan fitur Offline Mode untuk mendengarkan musik yang telah diunduh secara offline. Selain dapat memutar musik tanpa batasan, pengguna premium juga dapat mendengarkan musik tanpa harus mengacaknya. Langganan Deezer Premium dapat didapatkan dengan harga Rp49,990/bulan.

Meskipun memiliki katalog musik yang lebih sedikit, saya menyukai Deezer karena menawarkan kualitas musik yang jauh lebih baik. Layanan streaming musik ini menawarkan musik dengan kualitas Hi-Fi, yang memiliki kualitas hampir sama seperti yang ada di CD orisinil. Saya jamin, musik dengan kualitas ini dapat merubah pengalaman pengguna dalam mendengarkan musik. Pengguna dapat berlangganan Deezer Hi-Fi dengan harga Rp99,980/bulan.

Unduh di Play Store

Artikel terkait7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik di Android

5. SongFlip – Free Music Streaming & Player

Aplikasi streaming musik terbaik di Android yang terakhir ingin saya bahas adalah SongFlip. Berbeda dengan aplikasi streaming musik yang lain, apliaksi ini menawarkan musik dengan lisensi Royalty-free. Artinya, semua musik yang ditawarkan dapat dimainkan secara gratis. Hal tersebut membuat aplikasi streaming musik ini tidak memiliki skema berlanggan premium atau sejenisnya.

Aplikasi Streaming Musik Terbaik di Android
Kredit gambar: SongFlip Music / Google Play Store

SongFlip menawarkan fitur untuk membuat playlist. Hal ini bermanfaat bagi pengguna yang ingin mengoleksi musik-musik favorit yang ditemukan melalui aplikasi ini. Selain itu, pengguna juga dapat mencari musik melalui genre yang sudah disediakan, seperti hip hop, EDM, electronic, dance, country, dan masih banyak lagi. Namun, karena tidak memiliki skema berlangganan, aplikasi ini berisi iklan yang dapat mengganggu pengalaman pengguna ketika mendengarkan musik.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari aplikasi streaming musik terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

1 komentar

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...