Facebook resmi meluncurkan layanan berbelanja Shops, langkah terbesarnya untuk turut berkiprah dalam industri niaga elektronik. Shops pada dasarnya memungkinkan pemilik usaha untuk membuat toko daring dan mempromosikan produknya, dan pengguna untuk menelusuri dan membeli katalog produk langsung dari halaman Facebook dan Instagram.
Shops akan dapat diakses melalui halaman Facebook atau Instagram dari suatu usaha. Pemilik usaha dapat menentukan katalog produk yang ingin ditampilkan di halaman usahanya, yang warna aksen dan foto sampulnya akan dapat disesuaikan berdasarkan selera.
Shops dapat membantu pemilik usaha untuk terhubung dengan calon pembeli, terutama yang ingin bertanya tentang suatu produk melalui Messenger, WhatsApp, dan perpesanan langsung Instagram. Facebook menjelaskan bahwa Shops, pada masa mendatang, akan memungkinkan calon pembeli untuk menelusuri katalog toko langsung melalui layanan-layanan perpesanan tersebut.
Shops telah meluncur mulai hari ini, namun ketersediaannya dapat berbeda untuk setiap pengguna. Pada musim panas mendatang, Facebook akan meningkatkan kemampuannya dan memperkenalkan Instagram Shop, yang akan memungkinkan pengguna untuk menelusuri katalog toko melalui tab Explore di aplikasi Instagram. Facebook akan membuat tab khusus untuk Instagram Shop pada akhir tahun.
Shops akan memungkinkan pemilik usaha untuk mempromosikan produk-produknya melalui siaran langsung, baik yang diselenggarakan melalui Facebook maupun Instagram. Produk yang dipilih untuk dipromosikan akan disematkan di bagian bawah layar, guna memudahkan dan menarik perhatian penonton untuk membelinya.
CEO Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Shops dirancang untuk membantu usaha kecil yang terkena dampak krisis ekonomi akibat pandemi COVID-19. Meski begitu, seperti yang telah disebutkan, Shops merupakan inisiatif terbesar yang pernah diambil Facebook untuk berkiprah dalam industri niaga elektronik.
Terlepas dari Shops yang ditawarkan secara gratis baik untuk pemilik usaha dan pengguna, ia dapat menciptakan keuntungan bisnis yang besar bagi Facebook, terutama dari segi periklanan dan pembayaran. Tidak sedikit pemilik usaha sepertinya akan membeli slot iklan untuk mempromosikan produknya, dan tidak sedikit pula pengguna yang akan memilih untuk melakukan pembayaran langsung melalui Facebook meski memerlukan biaya tambahan.