YouTube ingin menawarkan konten orisinal yang lebih beragam pada platformnya, yakni dengan memproduksi konten interaktif yang memungkinkan penggunanya untuk menentukan jalannya cerita, seperti diwartakan Bloomberg. Konten interaktif yang dimaksud serupa dengan Bandersnatch, serial orisinal Netflix yang tayang perdana tahun lalu.
Keinginan YouTube untuk memproduksi konten interaktif, menurut laporan, dilatarbelakangi oleh rencananya untuk meningkatkan penjualan iklan. Konten yang lebih beragam akan mendatangkan iklan yang juga lebih beragam. YouTube, sebagai informasi, pernah melakukan eksperimen dengan iklan interaktif beberapa tahun lalu.
YouTube dilaporkan akan menawarkan konten interaktif dalam katalog yang dapat diakses melalui YouTube Premium, layanan berbayar yang menawarkan pengalaman menonton tanpa iklan. Jika dibandingkan dengan layanan serupa, seperti Netflix, YouTube Premium masih tertinggal jauh, terutama dalam hal penyajian konten orisinal.
Rencana YouTube untuk memproduksi konten interaktif masih dalam tahap awal. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai detail produksi yang sepertinya akan memakan waktu lama, mengingat konten interaktif akan melibatkan banyak adegan untuk menawarkan berbagai opsi untuk menentukan jalannya cerita tayangan.