• Tutorial

Cara Mengaktifkan ‘Reader Mode’ di Google Chrome

Gunakan fitur Reader Mode untuk membaca artikel di halaman web tanpa harus diresahkan dengan embel-embel seperti iklan, pop-up, dan "aksesoris" mengganggu lainnya.

Pilihan

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Istilah Net Neutrality, atau Netralitas Net, kian populer, terutama ketika ada suatu negara yang mengisukan untuk menghapusnya. Banyak berpendapat...

Cara Mengunci Folder dengan ‘Password’ di Windows

Setiap pengguna memiliki dokumen rahasianya sendiri yang tidak seharusnya dilihat atau diakses pengguna lain. Memberikan keamanan dan perlindungan terhadap...

Kenapa Kamera Ponsel dari Jepang Tidak Dapat Dibuat ‘Silent’

Ponsel yang diproduksi untuk Jepang dibekali dengan kamera yang bunyi shutter-nya tidak dapat dibuat "silent," atau dinonaktifkan. Selain kamera,...

Cara Menggabungkan Berkas PDF Menjadi Satu

PDF, atau Protected Document Format, merupakan format berkas yang dikembangkan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format berkas ini pertama...

Google telah menyematkan fitur “Reader Mode” yang dapat memuat halaman web seminimal mungkin agar lebih mudah dibaca. Namun, fitur ini tidak aktif secara default, dan harus diaktifkan secara manual melalui menu “hidden flag.” Berikut adalah cara mengaktifkan fitur ‘Reader Mode’ yang ada di Google Chrome.

Cara Mengaktifkan ‘Reader Mode’ di Google Chrome untuk PC

Langkah pertama, pastikasn Chrome yang digunakan pegguna adalah Chrome 75. Untuk melakukannya, pilih dan klik tombol menu di pojok kanan atas, dan pilih menu “Help,” lalu klik “About Chrome.” Halaman “About Chrome” akan menunjukkan versi dari Google Chrome yang sedang dipakai pengguna. Halaman tersebut juga akan memberbarui Chrome ke versi terbaru secara otomatis. Atau, pengguna juga dapat mengunduh versi terbaru langsung melalui halaman unduhan Google Chrome.

Cara Mengaktifkan Reader Mode Google
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Jika sudah menggunakan setidaknya Chrome 75, maka fitur “Reader Mode” sudah bisa diaktifkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka tab baru, dan masukkan chrome://flags/#enable-reader-mode di address bar, lalu tekan “Enter” untuk masuk ke halaman “Hidden Flag.”
  • Lalu, ubah posisi menu dropdown di sisi kanan bagian “Enable Reader Mode” menjadi “Enabled.”
  • Setelah itu, jalankan ulang Google Chrome, dan fitur “Reader Mode” sudah siap digunakan.

Cara Mengaktifkan Reader Mode Google
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Setelah diaktifkan, menggunakan fitur Reader Mode ini juga cukup mudah. Pertama, masuk ke halaman web yang ingin dirubah, lalu pilih dan klik menu di pojok kanan atas, dan klik “Distill page.”

Cara Mengaktifkan Reader Mode Google
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Dalam hitungan detik, halaman tersebut akan di-render ulang, di mana hanya teks dan gambar yang akan dimuat; tanpa iklan, tanpa sidebar, dan embel-embel lainnya. Sudah seperti “Reader Mode” pada umumnya.

Cara Mengaktifkan Reader Mode Google
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Perlu dicatat, tidak ada cara untuk memulihkan kembali halaman yang sudah dimuat ke dalam “Reader Mode,” namun pengguna dapat menekan tombol “Back” untuk memuat ulang secara penuh halaman tersebut.

Cara Mengaktifkan ‘Reader Mode’ di Google Chrome untuk Android

Selain untuk desktop, fitur “Reader Mode” ini juga tersedia untuk Google Chrome di Android. Mengaktifkannya juga mudah, dan langkah-langkah yang perlu dilakukan juga hampir sama. Berikut adalah cara-caranya:

  • Buka Google Chrome, dan pastikan pengguna telah memakai versi yang terbaru.
  • Kemudian masukkan chrome://flags di address bar, lalu tekan Go.
  • Cari bagian “Reader Mode triggering,” dan ubah menu dropdown pada bagian tersebut menjadi “Always.”
  • Setelah itu, jalankan ulang Google Chrome, dan fitur “Reader Mode” akan aktif.

Cara Mengaktifkan Reader Mode Google
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Ketika pengguna sedang membuka suatu halaman yang didukung, maka di bagian bawah akan terdapat menu “Show simplified view” yang berfungsi untuk mengaktifkan fitur “Reader Mode” tersebut.

Perlu dicatat jika fitur “Reader Mode” di Google Chrome ini masih bersifat eksperimen. Oleh karena itu, pengguna dapat menjumpai beberapa bug ketika menggunakannya. Ketika saya mencoba fitur ini, beberapa halaman dapat dimuat dengan lancar, namun ada beberapa juga yang mengalami kendala, seperti ada beberapa gambar yang tidak dapat dimuat. Namun, meskipun masih dalam tahap eksperimen, fitur ini, menurut saya, sudah usable.

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Istilah Net Neutrality, atau Netralitas Net, kian populer, terutama ketika ada suatu...

Cara Mengunci Folder dengan ‘Password’ di Windows

Setiap pengguna memiliki dokumen rahasianya sendiri yang tidak seharusnya dilihat atau diakses pengguna lain. Memberikan keamanan dan perlindungan terhadap dokumen tersebut adalah hal yang...

Kenapa Kamera Ponsel dari Jepang Tidak Dapat Dibuat ‘Silent’

Ponsel yang diproduksi untuk Jepang dibekali dengan kamera yang bunyi shutter-nya tidak dapat dibuat "silent," atau dinonaktifkan. Selain kamera, bunyi ketika mengambil tangkapan layar...

Cara Menggabungkan Berkas PDF Menjadi Satu

PDF, atau Protected Document Format, merupakan format berkas yang dikembangkan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format berkas ini pertama kali dikenalkan oleh Adobe Systems...