Chrome 83 Bawa Peningkatan Fitur Privasi dan Keamanan

Termasuk disediakannya protokol DoH, yang kini dapat diaktifkan pada pengaturan bawaan.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Google Chrome untuk desktop mendapatkan pembaruan yang lebih besar dari biasanya. Selain pengelompokan tab dan pemblokiran iklan yang berat, Chrome kini menambahkan sejumlah fitur untuk membantu pengguna mengontrol privasi dan keamanan ketika berselancar di internet.

Google mendesain ulang pengaturan privasi dan keamanan pada Chrome dengan bahasa dan antarmuka yang lebih sederhana, yang dilakukan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan dan menggunakannya. Ini termasuk pengelolaan kuki yang kini dapat dilakukan dengan lebih mudah.

IKLAN

Pengguna kini dapat melihat dan mengatur situs yang dapat menggunakan kuki. Pengguna juga dapat memblokir kuki pihak ketiga, baik dalam mode reguler maupun Incognito, dan memblokir semuanya pada beberapa atau semua situs web. Dalam mode Incognito, sebagai tambahan, Chrome juga akan memblokir kuki pihak ketiga pada pengaturan bawaan.

Video: Google

Google juga memperbarui halaman Site Settings pada Chrome, yang kini memiliki dua bagian berbeda. Google telah mengaturnya untuk memudahkan pengguna mengatur perizinan situs web, terutama untuk akses lokasi, kamera, dan mikrofon. Ia kini juga menyoroti aktivitas terbaru terkait perizinan yang baru diberikan.

Google juga memperkenalkan seksi ‘You and Google’ yang memungkinkan pengguna untuk mengatur sinkronisasi, dan memberi kontrol yang lebih terhadap data yang dibagikan dengan Google. Selain itu, Google juga memindah opsi untuk menghapus data penjelajahan pada bagian atas Privacy & Security, yang membuatnya lebih mudah untuk diakses.

Safety Tool juga ditingkatkan, yang kini dapat digunakan untuk mengecek jika kata sandi pengguna yang disimpan pada Chrome pernah dikompromi. Ia juga dapat mengecek penggunaan fitur Safety Browsing, adanya ekstensi berbahaya yang terinstal, dan apakah pengguna telah menggunakan Chrome versi terbaru.

IKLAN

Video: Google

Google juga memperkenalkan fitur Enhanced Safe Browsing, fitur opsional yang dapat melindungi pengguna dari aktifitas phising, malware, dan ancaman berbasis web lainnya. Jika pengguna mengaktifkan Enhanced Safe Browsing, Google akan terus mengecek jika suatu situs web dapat berbahaya, dan mengirim informasinya ke Google Safe Browsing.

Google juga meluncurkan Secure DNS, sebuah fitur yang dirancang untuk mengenkripsi pencarian DNS menggunakan protokol DNS-over-HTTPS. Ini akan diaktifkan pada pengaturan bawaan jika ISP yang digunakan pengguna telah mendukungnya. Pengguna juga dapat monanktifkannya, atau memilih penyedia DNS yang berbeda melalui menu Advanced pada pengaturan.

Yang terakhir, Google memindahkan menu Extension, yang kini dapat diakses dengan cepat melalui tombol kecil pada bilah alat peramban. Pengguna dapat mengklik dan membukanya untuk melihat semua ekstensi yang terinstal dan data yang digunakannya pada setiap situs web yang dikunjungi.

Semua fitur yang disebutkan akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan, sebagai bagian dari perilisan Chrome v83. Pengguna dapat terus mengeceknya dengan memperbarui Chrome secara manual melalui menu Help > About Google Chrome.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...