Dibekali Modem 5G, Huawei Umumkan Cip Kirin 990

Cip dengan integrasi modem 5G pertama yang akan dipasarkan.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Huawei mengumumkan cip unggulan terbarunya, HiSilicon Kirin 990, pada acara IFA 2019 yang diselenggarakan kemarin. Cip ini memiliki dua varian, yang salah satunya memiliki integrasi modem 5G, dan menurut Huawei, akan menjadi yang pertama yang akan dipasarkan.

Kirin 900 5G menawarkan pemrosesan yang dibungkus dengan cip 7nm. Huawei menjelaskan jika ini dilakukan untuk menghemat ruang, yang akan memudahkan pabrikan untuk membuat ponsel 5G dengan ukuran yang lebih kecil. Modem 5G yang diintegrasikan dengannya dapat menawarkan kecepatan unduhan hingga 2,3 Gbps, dan kecepatan unggahan hingga 1,25 Gbps.

IKLAN

Kirin 990 tidak akan mendukung koneksi 5G mmWave, karena teknologi ini lebih banyak dipakai di Amerika Serikat, negara di mana Huawei sedang tidak memasarkan produknya. Huawei, melainkan, akan memfokuskan untuk menghadirkan koneksi 5G dengan frekuensi sub-6Hz, yang dipercaya akan dipakai di seluruh dunia.

Huawei Kirin 990 5G
Kredit gamber: Haawei

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, Kirin 980, cip Kirin 990 menawarkan peningkatan GPU dan NPU yang cukup signifikan, untuk meningkatkan performa. Selain itu, cip 990 juga diklaim memiliki performa yang lebih baik dari Snapdragon 885, dengan peningkatan 10% untuk performa single core, dan 26% untuk performa double core.

Kirin 990 juga 26% lebih kecil dari Snapdragon 855, dan 36% dari Exynos 9820. Namun, meskipun ukurannya lebih kecil, Kirin 990 merupakan cip pertama di dunia yang memiliki 10,3 miliar transistor.

IKLAN

Huawei Kirin 990 5G
Kredit gamber: Haawei

Kirin 990 dipamerkan setelah Samsung mengumumkan cip 5G milikinya, Exynos 980, beberapa hari lalu. Qualcomm, di sisi lain, sepertinya baru akan mengeluarkan cip dengan integrasi modem 5G tahun depan. Sedangkan jauh-jauh sebelumnya, MediaTek telah mengumumkan cip 5G miliknya, dengan pemrosesan 7nm, pada bulan Mei kemarin.

Kirin 990 akan mulai dipasarkan pada bulan Oktober mendatang. Cip ini akan menenagai ponsel unggulan terbaru Huawei, seperti Mate 30, Mate 30 Pro, serta Mate X, ponsel lipat yang masih belum jelas kabarnya.

Diperbarui 13/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...