Cara ‘Download’ Lagu dari SoundCloud

Dengarkan lagu favorit di SoundCloud tanpa koneksi internet.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

SoundCloud merupakan salah satu platfrom pendistribusian audio dan berbagi musik yang kian populer. SoundCloud sendiri menyediakan musik dengan berbagai genre, namun terkenal lebih banyak menyediakan musik elektronik, yang kini juga kian menggaet popularitas. Melalui artikel ini, saya ingin berbagi tutorial untuk mengunduh, atau melakukan download, lagu-lagu yang disediakan di SoundCloud.

Pada tutorial ini, saya menggunakan dua cara untuk mengunduh lagu dari SoundCloud. Cara pertama ialah dengan langsung mengunduhnya dari situs resmi SoundCloud, dan yang kedua ialah dengan menggunakan situs pihak ketiga.

Cara ‘Download’ Lagu dari SoundCloud melalui Situs Resmi

Pengguna yang sudah kenal dengan SoundCloud pasti sudah familier dengan opsi ini. SoundCloud menyediakan opsi untuk mengunduh lagu yang dibagikan oleh musisi yang bersangkutan. Opsi ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan, namun ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan.

IKLAN

Langkah 1: Pilih lagu yang ingin diunduh.

Langkah 2: Kemudian, klik tombol ‘More,’ lalu klik ‘Download file‘ untuk memulai mengunduhnya.

Cara 'Download' Lagu dari SoundCloud melalui Situs Resmi
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Lagu kemudian akan diunduh, dan tersimpan di ruang penyimpanan pengguna. Namun, seperti yang telah disebutkan, opsi ini memiliki batasan, di mana tidak semua lagu telah didukungnya.

Ketersediaan dukungan unduhan terhadap suatu lagu sepenuhnya tergantung pada musisi yang membagikannya. Musisi, ketika membagikan lagunya, memiliki piihan untuk mengizinkan atau menolak pengguna lain untuk mengunduh lagunya.

Batasan lainnya, ialah, pengguna juga hanya dapat mengunduh satu lagu dalam satu waktu, dan tidak diperbolehkan untuk mengunduh beberapa lagu sekaligus, misalkan dari suatu daftar putar. SoundCloud, harapan saya, mungkin akan mengubah kebijakan ini di masa mendatang.

Cara ‘Download’ Lagu dari SoundCloud Menggunakan Situs Pihak Ketiga

Selain melalui situs resmi, pengguna juga dapat mengunduh lagu dari SoundCloud melalui situs pihak ketiga. Ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan batasan-batasan yang baru saja saya sebutkan.

Ada beberapa situs pihak ketiga yang didedikasikan untuk membantu pengguna mengunduh lagu dari SoundCloud. Namun, pada tutorial ini, saya akan menggunakan situs KlickAud.

Langkah 1: Tentukan lagu yang ingin diunduh, lalu salin alamat URL-nya.

Langkah 2: Buka situs KlickAud, lalu tempelkan URL dari lagu yang telah ditentukan pada kolom yang telah tersedia.

Langkah 3: Klik ‘Download‘ untuk memulai proses pengunduhan lagu.

Cara 'Download' Lagu dari SoundCloud Menggunakan Situs Pihak Ketiga
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah 4: Kemudian, klik tombol ‘Download the Song ‘ untuk mengunduh lagu.

Sebagai informasi, lagu akan diunduh dengan format MP3. Lagu yang diunduh juga akan disimpan secara otomatis di ruang penyimpanan pengguna.

Perlu diperhatikan juga, ada alasan mengapa para musisi di SoundCloud tidak mengaktifkan opsi unduhan pada lagu-lagu yang mereka unggah. Para musisi tersebut ingin mendapatkan keuntungan dari lagu yang mereka ciptakan. Musisi di SoundCloud biasanya juga menyertakan situs yang dapat digunakan untuk membeli lagu-lagu ciptaan mereka.

Pembaruan 20 Juni 2018: KlickAud sudah tidak lagi mendukung semua lagu untuk diunduh. Melainkan, KlickAud kini hanya mendukung lagu-lagu yang telah diberi izin oleh musisi terkait untuk diunduh.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...