5 Emulator GBA Terbaik di Android

Kalau bisa memainkan game-game klasik GBA di ponsel Android yang sudah kekinian, kenapa tidak? Emulator-emulator GBA berikut ada yang gratis, dan ada juga yang berbayar.

Pilihan

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Istilah Net Neutrality, atau Netralitas Net, kian populer, terutama ketika ada suatu negara yang mengisukan untuk menghapusnya. Banyak berpendapat...

Cara Mengunci Folder dengan ‘Password’ di Windows

Setiap pengguna memiliki dokumen rahasianya sendiri yang tidak seharusnya dilihat atau diakses pengguna lain. Memberikan keamanan dan perlindungan terhadap...

Kenapa Kamera Ponsel dari Jepang Tidak Dapat Dibuat ‘Silent’

Ponsel yang diproduksi untuk Jepang dibekali dengan kamera yang bunyi shutter-nya tidak dapat dibuat "silent," atau dinonaktifkan. Selain kamera,...

Cara Menggabungkan Berkas PDF Menjadi Satu

PDF, atau Protected Document Format, merupakan format berkas yang dikembangkan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format berkas ini pertama...

Salah satu konsol game klasik yang pernah populer, dan dirilis oleh Nintendo, selain NES dan SNES, adalah GBA, atau Game Boy Advance. Konsol ini dirilis pada tahun 2001 di Jepang, dan menawarkan sistem permainan 32-bit, di mana di kala itu sudah dianggap yang paling keren. Bagi pengguna yang ingin bernostalgia, berikut sudah saya rangkum beberapa emulator GBA terbaik di Android yang dapat diunduh di Play Store.

Game-game populer yang dirilis untuk GBA pada kala itu termasuk serial game Super Mario Advance, The Minish Cap, Super Circuit, dll. Selain itu, serial game Final Fantasy Advance menjadi game terakhir yang dirilis oleh Nintendo untuk konsol ini pada tahun 2006, beberapa bulan sebelum produksi GBA dihentikan.

5 Emulator GBA Terbaik di Android

1. John GBA Lite

Emulator GBA terbaik di Android yang pertama ingin saya bahas adalah John GBA. Emulator ini menggunakan engine orisinil GBA, sehingga dapat memberikan hasil rendering dengan kualitas yang tinggi. Fitur-fitur yang ditawarkan meliputi opsi untuk memasukkan kode cheat, dukungan untuk berkas .zip, dan opsi untuk menyimpan progres permainan, yang juga dilengkapi dengan pratinjau dari progres tersebut.

Emulator GBA Terbaik di Android
Kredit gambar: John emulators / Google Play Store

John GBA Lite juga memiliki dukungan unutk kontroler Bluetooth dan MOGA. Pengguna juga dapat menggunakan kontroler virtual dalam layar jika tidak ingin menggunakan kontroler eksternal. Selain itu, tombol-tombol pada kontroler tersebut juga dapat diatur sesuai dengan selera.

John GBA Lite merupakan versi gratis dari John GBA, yang dapat dibeli dengan harga Rp12,000. Versi premium tersebut menawarkan pengalaman bermain tanpa harus diresahkan dengan iklan yang mengganggu.

Unduh di Play Store

Artikel terkait4 Emulator NES Terbaik di Android

2. RetroArch

Ini sudah kesekian kalinya saya membahas tentang RetroArch pada artikel yang berbeda. Emulator ini merupakan emulator open source yang dapat memainkan game-game dari beberapa konsol dengan menggunakan “Core” yang sudah disediakan. Saya menyarankan pengguna untuk mengunduh dan memasang “Core” VBA-M atau mGBA; keduanya merupakan yang terbaik untuk menjalankan game-game GBA saat ini.

Emulator GBA Terbaik di Android
Kredit gambar: Liberto / Google Play Store

Fitur-fitur yang dimiliki RetroArch meliputi opsi untuk memindai berkas game dan menambahkannya ke koleksi pengguna. Ada juga opsi untuk mengatur tombol kontroler, dukungan multi bahasa, dukungan multiplayer dengan NetPlay, dll. Tidak adanya iklan di emulator ini juga membuat RetroArch menjadi favorit banyak pengguna.

Unduh di Play Store

3. My Boy! – GBA Emulator

My Boy! merupakan emulator GBA berbayar, yang dapat pengguna beli dengan harga Rp68,000. Namun, saya jamin: ada harga, ada barang. Emulator ini diklaim sebagai emulator GBA yang paling cepat dan disertai dengan banyak fitur, serta mendukung hampir semua perangkat Android, termasuk ponsel low-end dengan spesifikasi yang rendah.

Emulator GBA Terbaik di Android
Kredit gambar: Fast Emulator / Google Play Store

Emulator ini memiliki kompatibilitas yang tinggi, dan hampir dapat menjalankan semua game-game GBA hingga saat ini. Selain itu, My Boy! juga satu-satunya emulator yang mendukung emulasi Link Cable, baik dengan perangkat yang sama, maupun dengan perangkat yang berbeda menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi. Pengguna juga dapat memasukkan kode cheat dari GameShark/ActionReplay/CodeBreaker ketika sedang bermain game.

MyBoy! menggunakan OpenGL untuk memproses rendering game yang sedang dijalankan. Emulator premium ini juga mendukung shaders GLSL untuk membuat filter video. Oleh karena itu, pengguna akan mendapatkan pengalaman bermain game-game GBA kesayangan dengan emulator ini, namun juga harus bersedia untuk merogoh isi dompet.

Unduh di Play Store

4. GBA Emulator

GBA Emulator dikembangkan oleh ITakeApps, dan telah memiliki 500 Ribu unduhan di Play Store. Ketika artikel ini ditulis, GBA Emulator juga telah memiliki penilaian 4.7 dari lebih dari 23 Ribu pengguna. Namun, sayangnya, aplikasi ini berisi iklan yang dapat mengganggu.

Emulator GBA Terbaik di Android
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Hampir sama dengan emulator GBA lainnya, GBA Emulator juga memiliki fitur yang lumrah untuk dimiliki. Fitur-fiturnya meliputi opsi untuk menyimpan progres permainan; pemindaian game dari direktori; opsi untuk mengatur tombol kontroler; baik kontroler eksternal maupun virtual; dan opsi untuk mengatur video dan audio permainan.

Unduh di Play Store

Artikel terkait4 Emulator SNES Terbaik di Android

5. VinaBoy Advance – GBA Emulator

Emulator GBA terbaik di Android yang terakhir ingin saya bahas adalah VinaBoy Advance. Emulator ini dikembangkan oleh NIKIDO Games, dan telah diunduh oleh lebih dari 1 Juta pengguna di Play Store. VinaBoy Advance juga telah memiliki penilaian 4.2 dari 8 Ribu pengguna. Namun, layaknya aplikasi gratis, emulator ini juga berisi iklan yang dapat mengganggu pengalaman bermain pengguna.

Emulator GBA Terbaik di Android
Kredit gambar: NIKIDO Games / Google Play Store

VinaBoy Advance mendukung fitur pemindaian ROM dari direktori ponsel, dengan format .gba, .gbc., .sgb., .zip, .7z, dan .rar. Selain itu, emulator ini juga menyediakan fitur anti-aliasing yang dapat memberi pengalaman bermain game multi-threaded yang cepat, halus, dan yang pasti memuaskan. Ada juga fitur untuk mempercepat jalannya permainan, serta fitur untuk menyimpan progres permainan secara otomatis ketika keluar dari emulator.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing emulator di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap emulator, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari emulator GBA terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Istilah Net Neutrality, atau Netralitas Net, kian populer, terutama ketika ada suatu...

Cara Mengunci Folder dengan ‘Password’ di Windows

Setiap pengguna memiliki dokumen rahasianya sendiri yang tidak seharusnya dilihat atau diakses pengguna lain. Memberikan keamanan dan perlindungan terhadap dokumen tersebut adalah hal yang...

Kenapa Kamera Ponsel dari Jepang Tidak Dapat Dibuat ‘Silent’

Ponsel yang diproduksi untuk Jepang dibekali dengan kamera yang bunyi shutter-nya tidak dapat dibuat "silent," atau dinonaktifkan. Selain kamera, bunyi ketika mengambil tangkapan layar...

Cara Menggabungkan Berkas PDF Menjadi Satu

PDF, atau Protected Document Format, merupakan format berkas yang dikembangkan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format berkas ini pertama kali dikenalkan oleh Adobe Systems...