4 Emulator NES Terbaik di Android

Kembali ke masa lalu ketika Nintendo mendominasi dunia konsol dengan permainan seperti Super Mario Bros., Mario Kart, The Legend of Zelda, dan Final Fantasy.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Setelah sebelumnya menulis tentang beberapa emulator SNES terbaik di Android, kali ini saya ingin membahas terkait hal yang sama, namun untuk pendahulunya, yaitu NES atau Nintendo Entertainment System yang dirilis pada tahun 1984 di Jepang.

Konsol ini merupakan konsol yang paling laris terjual pada masanya. Game-game populer yang ditawarkan di antaranya adalah Super Mario Bros., The Legend of Zelda, Metroid, Mega Man, Castlevania, Donkey Kong, dan Final Fantasy. Sekuel dari game-game tersebut juga telah banyak dikembangkan, dan masih dimainkan hingga saat ini.

4 Emulator NES Terbaik di Android

1. Super8Plus (NES Emulator)

Emulator NES pertama yang ingin saya bahas adalah Super8Plus. Emulator ini dikembangkan oleh Super Emulation, dan telah diunduh oleh lebih dari 50 Ribu pengguna di Play Store. Mendukung ROM dengan format .nes dan .zip, emulator ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk menyimpan dan memuat progres dari permainan yang telah kita mainkan sebelumnya. Selain itu, Super8Plus juga memiliki fitur yang disebut ‘Super Rewind’ yang dapat membuat karakter pengguna untuk tidak mati dalam permainan.

IKLAN

Emulator NES Terbaik di Android
Kredit gambar: Super Emulation / Google Play Store

Fitur-fitur lainnya meliputi dukungan hingga 4 pemain sekaligus, yang masing-masing menggunakan kontroler Wi-Fi. Ada juga opsi untuk mengatur tombol kontrol di dalam game, serta opsi untuk mengatur lebarnya layar dari game yang sedang dimainkan. Mode video yang didukung adalah PAL (Eropa) dan NTSC (Jepang dan Amerika Serikat).

Kekurangan dari Super8Plus adalah disertainya iklan yang mengganggu. Selain itu, tidak ada ROM yang disediakan untuk dapat dimainkan. Dengan kata lain, pengguna harus mengunduh ROM terlebih dahulu untuk memainkan game NES menggunakan emulator ini. Hal ini mungkin berkaitan dengan perilaku ‘etis’ dari pengembang terhadap kebijakan Nintendo yang mungkin tidak mengijinkannya.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Emulator GBA Terbaik di Android

2. Nostalgia.NES (NES Emulator)

Meskipun juga tidak langsung disertai dengan permainan di dalamnya, Nostalgia.NES merupakan emulator SNES yang dilengkapi dengan banyak fitur. Salah satunya adalah fitur ‘Custom Virtual Controller’ yang dapat mengatur ukuran dan tata letak dari setiap tombol kontroler virtual. Ada juga fitur untuk untuk menyimpan dan mengakses progres dari suatu permainan, ‘Wi-Fi controller mode’ untuk menyambungkan dengan perangkat lain dan bermain dengan mode multiplayer melalui Wi-Fi, dan fitur untuk menggunakan kode cheat yang sangat berguna ketika ingin menyelesaikan permainan secara instan.

Emulator NES Terbaik di Android
Kredit gambar: Nostalgia Emulators / Google Play Store

Selain fitur yang lengkap, Nostalgia.NES juga menawarkan antarmuka pengguna yang friendly dan modern. Emulator ini juga mendukung mode video yang berbeda, seperti mode PAL dan mode NTSC. Ada juga dukungan suara stereo 44100 Hz, dan dukungan keyboard eksternal. Pengguna juga dapat mengakselerasi grafik di ponsel dengan OpenGL ES untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan. Selain itu, Nostalgia.NES mendukung ROM dengan format NES dan ZIP.

Emulator Nostalgia.NES yang saya bahas ini adalah yang versi gratis. Nostalgia Emulators, pengembang dari emulator ini, juga menawarkan Nostalgia.NES Pro dengan fitur yang lebih lengkap, yang dapat dibeli dengan harga Rp67,000.

Unduh di Play Store

3. Panda NES – NES Emulator

Panda NES merupakan emulator NES yang dikembangkan oleh Panda Gaming Studio. Memiliki motto yang mengajak pengguna kembali ke masa tahun 90an, emulator ini telah memiliki lebih dari 1 Juta pemasangan, namun juga menampilkan iklan yang mengganggu dan menawarkan pembelian di dalam aplikasi.

Emulator NES Terbaik di Android
Kredit gambar: Panda Gaming Studio / Google Play Store

Panda NES mendukung kontroler menggunakan layar sentuh ponsel, gamepad, dan juga keyboard. Tombol-tombol yang ada pada kontroler tersebut juga dapat diatur sesuai dengan selera pengguna. Selain memiliki UI yang sederhana, Panda NES juga diklaim memiliki engine yang paling cepat untuk memainkan game-game NES yang tersedia.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Emulator PSP Terbaik di Android

4. Nes Go

Emulator NES terbaik di Android yang terakhir ingin saya bahas adalah Nes Go. Emulator ini masih tergolong baru; yaitu masih diunduh oleh 10 Ribu pengguna, dan memiliki penilaian 4.1 oleh 300 pengguna. Nes Go tidak menyediakan ROM dari game-game NES yang dapat langsung dimainkan, dan format ROM yang didukung adalah .nes. Selain itu, emulator ini juga menampilkan iklan yang dapat mengganggu.

Emulator NES Terbaik di Android
Kredit gambar: NesFcGameMan / Google Play Store

Nes Go mendukung kontroler Bluetooth, serta kontroler layar sentuh dan joystick D-Pad. Kontrol tersebut juga dapat diatur lokasinya, besarnya, dan tingkat transparansinya. Emulator ini juga memiliki fitur untuk mengatur kecepatan dari jalannya suatu permainan, yang menurut saya dapat memberikan tantangan baru terhadap permainan yang sedang dimainkan.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing emulator di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap emulator, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari emulator NES terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...