5 Emulator PSP Terbaik di Android Edisi 2019

Bernostalgia dengan game-game PSP favorit melalui emulator-emulator di Android berikut.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Sony PSP merupakan konsol portable yang diluncurkan Sony pada tahun 2005, dan disusul PS Vita di tahun 2011. Konsol portable ini banyak diminati oleh banyak masyarakat selama dua belas tahun terakhir. Karena banyak diminati, Sony bahkan menyalin sejumlah game-game terkenal yang ada di Playstation ke PSP. Maka dari itu, berikut saya rangkum beberapa emulator PSP terbaik di Android yang dapat pengguna unduh di Play Store.

5 Emulator PSP Terbaik di Android Edisi 2019

1. PPSSPP – PSP emulator

PPSSPP adalah salah satu emulator PSP terbaik di Android yang pernah saya gunakan. Dari semua emulator, PPSSPP merupakan yang paling mudah digunakan, memiliki kompatibilitas terbaik, dan performa terbaik. Meskipun begitu, spesifikasi ponsel pengguna tentu mempengaruhi performa game yang akan dimainkan melalui emulator ini. Emulator ini juga tidak menyediakan game untuk langsung bisa dimainkan. Pengguna diharuskan memiliki game PSP terlebih dahulu. Format game yang didukung adalah .ISO dan .CSO.

emulator psp terbaik di android
Ktredit gambar: Henrik Rydgård / Google Play Store

IKLAN

PPSSPP memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan yang Gold. Perbedaannya adalah: versi gratis berisi iklan, dan versi Gold tidak. Saya menyarankan untuk mencoba versi gratis untuk hanya memainkan game-game secara kasual.

Unduh di Play Store

Artikel terkait7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik di Android

2. PSPlay PSP Emulator

Emulator terbaik di Android beikutnya adalah PSPlay. Pengembang dari PSPlay menyebut jika emulator ini adalah emulator yang paling canggih. PSPlay sudah dioptimalkan untuk menjalankan game PSP dengan performa terbaik di berbagai perangkat Android, baik itu ponsel low-end sekalipun.

emulator psp terbaik di android
Ktredit gambar: animaonline / Google Play Store

Selain itu, PSPlay juga menawarkan fitur untuk menyimpan progres permainan pengguna. Jadi, pengguna dapat meneruskan game yang dimainkan di waktu lain. Emuator ini juga dukungan dukungan untuk bermain dengan pengguna lain dalam satu jaringan yang sama. Selain itu, PSPlay juga sudah mendukung kompatibilitas untuk kontroler terpisah.

Unduh di Play Store

3. Rapid PSP Emulator for PSP Games

Rapid PSP juga memungkinkan pengguna untuk memainkan game-game PSP dan PSP homebrew. Emulator juga ini memiliki kompatibilitas game yang tinggi dan pengaturan kontroler yang mudah disesuaikan. Selain itu, dengan emulator ini, pengguna juga akan mendapatkan kualitas gambar dan suara yang bagus.

emulator psp terbaik di android
Ktredit gambar: Capital Apps Development / Google Play Store

Format game yang didukung Rapid PSP adalah .ISO, .CSO, dan .ROM. Pengguna juga dapat menggunakan kontroler terpisah, seperti koontrolr PS3 atau PS4, ketika memainkan game di emulator ini. Selain itu, emulator ini juga sudah dioptimasi untuk ponsel low-end agar dapat memainkan game PSP dengan lancar.

Unduh di Play Store

4. Rocket PSP Emulator for PSP Games

Emulator PSP terbaik lainnya di Android adalah Rocket PSP. Sama dengan kedua emulator sebelumnya, Rocket PSP juga memungkinkan pengguna untuk memainkan game PSP dan game PSP homebrew. Format yang didukung adalah .ISO, .CSO, dan .ROM.

emulator psp terbaik di android
Ktredit gambar: Emul World Ltd / Google Play Store

Emulator ini juga sudah dioptimasi untuk ponsel low-end. Pengguna dapat memilih performa game ketika dimainkan, yaitu PSS, PSV, PPS, dan POP.

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 9 Game Racing Terbaik di Android

5. RetroArch

RetroArch merupakan salah satu emulator PSP yang lebih unik. Emulator ini mendukung banyak sistem game yang berbeda, seperti PSX, SNES, NES, Game Boy, dll. RetroArch menggunakan sistem Libretro, suatu interface yang digunakan untuk menjalankan game yang akan dimainkan. Dengan kata lain, pengguna perlu memilih interface yang cocok dengan jenis game yang ingin dimainkan di emulator ini.

emulator psp terbaik di android
Ktredit gambar: Libretro / Google Play Store

Emulator ini memiliki performa yang baik, tapi seperti kebanyakan, ada masalah kompatibilitas di sana sini. Pengguna juga diharuskan memutar otak sedikit karena antar muka penggunanya yang agak rumit. Namun, secara keseluruhan, emulator ini layak untuk dicoba. Emulator ini gratis dan bersifat open source.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing emulator di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap emulator, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari emulator PSP terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...