Files Go: Aplikasi ‘File Manager’ dari Google

Aplikasi pengelola berkas yang ramah linkungan.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Files Go merupakan aplikasi pengelola berkas yang baru saja dirilis secara gratis oleh Google. Aplikasi ini dapat menjadi pilihan bagi pengguna yang sekarang sedang menggunakan aplikasi pengelola berkas pihak ketiga, yang biasanya berbayar dan menampilkan iklan.

Seperti Datally, Files Go merupakan bagian dari program Google Next Billion Users. Jadwal perilisannya juga bersamaan dengan Android Go, yang merupakan versi ringan dari Android yang dapat dipakai pada ponsel dengan RAM kurang dari 1 GB.

IKLAN

Files Go ditujukan untuk membantu pengguna menghemat ruang penyimpanan, menemukan berkas dengan cepat, dan berbagi berkas secara luring dengan pengguna lainnya. Google mengatakan jika pengguna Android rata-rata dapat menghemat sekitar 1 GB ruang penyimpanan ketika menggunakannya.

Files Go: Aplikasi File Manager dari Google
Gambar: Google

Untuk membantu menghemat ruang penyimpanan, Files Go akan menyarankan untuk menghapus sejumlah berkas terpilih. Pemilihan dilakukan berdasarkan besar atau frekuensi penggunaannya. Files Go juga dapat menyarankan pengguna untuk memindah berkas yang dimiliki ke kartu SD, jika terpasang.

Files Go juga dapat mengingatkan pengguna ketika ruang penyimpanan hampir penuh. Files Go kemudian akan menyarankan untuk melakukan pencadangan berkas ke Google Drive, OneDrive, Dropbox, atau layanan penyimpanan awan lainnya.

Selain dapat membantu menghemat ruang, Files Go juga memungkinkan pengguna untuk mengirim berkas secara luring dengan kecepatan hingga 125 Mbps. Berkas akan dienkripsi, dan dikirim menggunakan dua opsi konektivitas: Wi-Fi atau Bluetooth. Untuk melakukannya, Files Go harus terinstal pada ponsel pengirim dan penerima.

IKLAN

Files Go mulanya dirancang khusus untuk perangkat yang menjalankan Android Go, namun kini juga dapat bekerja pada ponsel yang menjalankan setidaknya Android 5.0 Lollipop. Pengguna dapat mengunduhnya melalui Play Store, yang dapat diakses melalui tautan berikut.

Diperbarui 23/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...