Firefox Akan Tandai Situs Web yang Pernah Diretas

Untuk meningkatkan keamanan data dan privasi.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Mozilla dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan data dan privasi penggunanya agar tetap terlindungi. Mozilla akan memperbarui Firefox dengan manambahkan fitur yang dapat menandai situs web yang pernah diretas sebelumnya.

Pengembangan fitur ini dilakukan melalui kerja sama dengan Have I Been Pwned, sebuah situs yang dapat memeriksa surel pengguna, dan memberi tahu jika kredensial mereka pernah dicuri oleh peretas. Troy Hunt, pakar keamanan dari Have I Been Pwned, mengonfirmasi kabar ini melalui akun Twitter resminya.

IKLAN

Fitur ini dikembangkan sebagai sebuah Add-on, yang perlu diinstal dan diaktifkan terlebih dahulu. Pada saat diaktifkan, pengguna akan mendapatkan peringatan bertuliskan “You visited a hacked site …” ketika mengunjungi sebuah situs web yang pernah diretas. Fungsinya bukan untuk mencegah pengguna, melainkan untuk memberikan peringatan jika situs web yang sedang dikunjungi memiliki keamanan yang rentan.

Pada pengembangan fitur ini, Hunt hanya berkontribusi untuk penulisan kodenya. Ia belum tahu pasti terkait bagaimana Firefox akan merilisnya kelak. “Firefox hanya memeriksa situs mana yang telah diretas, dan kami sedang mendiskusikan cara lain untuk menggunakan informasi tersebut pada masa mendatang,” kata Hunt, dikutip dari Engadget.

Hunt juga menjelaskan jika kerja sama ini dapat memberi tahu pengguna tentang pentingnya keamanan data dan privasi digital. “Mereka memiliki jangkauan yang luas, dan menyebarkan informasi ini melalui Firefox merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak eksposur terkait pelanggaran data,” lanjutnya.

Pengembangan fitur ini masih dalam tahap awal, namun telah tersedia melalui GitHub bagi pengguna yang ingin mengunduh dan mencobanya terlebih dahulu. Jika ingin mencobanya, pengguna diwajibkan untuk menggunakan Firefox Developer, yang dapat diunduh melalui tautan berikut.

IKLAN

Fitur ini, menurut saya, dapat bermanfaat bagi banyak pengguna, yang akan diberi tahu jika situs web yang dikunjungi pernah diretas. Fitur ini dapat mencegah pengguna untuk melakukan transaksi atau berbagi informasi sensitif dengan situs web tersebut.

Diperbarui 16/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...