Fitur Baru dan Keunggulan dari Firefox Quantum

Membawa performa yang lebih cepat.

Pilihan

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket League, pada platform macOS dan Linux. Pembaruan...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan...

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My...

Firefox Quantum telah diluncurkan, dan tersedia untuk berbagai perangkat. Peramban ini diklam memiliki kecepatan berselancar dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Firefox Quantum juga merupakan upaya Mozilla untuk memberikan persaingan terhadap Google Chrome.

Tidak sedikit yang mengklaim jika kecepatan dan kesederhanaan yang ditawarkan Google Chrome membuat sebagian besar pengguna beralih untuk menggunakannya. Mozilla telah melakukan perombakan dan penyederhanaan untuk Firefox Quantum, dan ingin kembali bersaing untuk menghadirkan peramban tercepat dengan performa yang juga dapat diandalkan.

IKLAN

Selain meningkatkan performa, Mozilla ingin membuat Firefox Quantum berbeda dengan pendahulunya, baik dari segi tampilan, maupun fitur yang ditawarkan. Berikut sudah saya rangkum sejumlah fitur baru dan keunggulan yang ditawarkan oleh Firefox Quantum.

1. Lebih Cepat

Firefox Quantum terasa lebih cepat. Suatu halaman situs web dapat dimuat dalam sekejap, bahkan pada saat sedang membuka beberapa tab sekaligus, dan menjalankan aplikasi daring interaktif, seperti peta maupun gim berbasis web.

Fitur Baru dan Keunggulan dari Firefox Quantum
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Kecepatan ini diperoleh berkat mesin baru yang digunakan, yang nampaknya juga dipanggil Quantum. Quantum menggantikan mesin Gecko yang digunakan oleh pendahulunya. Quantum dioptimalkan agar dapat bekerja lebih baik pada perangkat keras keluaran terbaru. Quantum juga memungkinkan Firefox untuk menggunakan sumber daya yang lebih ketika mengusung proses yang sedang berjalan.

2. Tampilan Baru yang Elegan

Selain peningkatan performa, desain Firefox Quantum juga mendapatkan peningkatan. Desain baru memiliki antarmuka yang lebih bersih dan lebih modern jika dibandingkan dengan yang ditawarkan pendahulunya. Antarmukanya, secara singkat, kini terasa elegan dan sederhana.

Fitur Baru dan Keunggulan dari Firefox Quantum
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Antarmuka baru ini juga membawa perbaikan untuk halaman Options, meski terlihat hampir sama dengan yang ditawarkan pendahulunya. Penataan menu kini menjadi lebih jelas, bagus, dan bersifat minimalistik. Selain itu, halaman Extensions dan Themes kini juga menerapkan gaya yang sama.

Tema bawaan Firefox Quantum juga memiliki kontras yang bagus, yang dapat membedakan antara tab aktif dan tab lainnya yang sedang dibuka. Menariknya lagi, tema bawaannya kini juga menawarkan dua pilihan warna, yaitu Light dan Dark.

3. Lebih Efisien

Di samping performa cepat dan tampilan elegan, Firefox Quantum juga mementingkan efisiensi. Sebagai contoh, pengguna kini dapat menggabungkan kotak alamat dan kotak pencarian menjadi satu. Selain itu, halaman Bookmarks, History, Downloads, dan halaman utama lainnya kini digabung menjadi satu, dan semuanya dapat diakses melalui menu Library.

Fitur Baru dan Keunggulan dari Firefox Quantum
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Secara keseluruhan, sistem antarmukanya menyajikan kelengkapan fitur dengan akses yang lebih mudah. Lebih bagusnya lagi, tombol dan menu pada Firefox Quantum juga dapat diatur menjadi lebih besar dan lebih tebal ketika dibuka menggunakan perangkat Windows yang mendukung layar sentuh.

4. Fitur Bonus

Ada sejumlah fitur baru lainnya, termasuk alat untuk membuat tangkapan layar, yang dapat diakses langsung dari kotak alamat. Alat ini sangat berguna untuk mengambil tangkapan layar dari suatu halaman situs web. Alat ini juga menyediakan fitur untuk memotong dan mengedit hasil dari tangkapan layar tersebut.

Fitur Baru dan Keunggulan dari Firefox Quantum
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Selain keempat fitur baru dan keunggulannya yang telah disebutkan, Firefox Quantum juga memiliki beberapa keistimewaan menarik lainnya yang tidak sempat tertulis pada artikel ini. Pengguna, jika tertarik, dapat mencoba dengan mengunduhnya langsung melalui halaman berikut.

Diperbarui 16/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan ini, pengguna dapat menjawab suatu...

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis pada musim gugur mendatang. Pengumuman yang...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My Neighbor Totoro. Netflix akan menambahkan...