8 Game Strategi Terbaik untuk Android

Game untuk menegangkan otak.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Koleksi game pada ponsel tidak terasa lengkap jika belum diisi dengan game strategi, yang, selain menyenangkan, juga dapat mengasah otak. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas sejumlah game strategi terbaik untuk Android, yang dapat mengusir rasa bosan pada jam-jam yang membosankan, atau ketika dikelilingi orang-orang yang tak kalah membosankan.

Catur atau sudoku mengkin adalah yang pertama ada di pikiran ketika berbicara tentang game strategi. Keduanya tetap dapat mengisi waktu luang pada beberapa kasus, namun koleksi game strategi pada daftar berikut dapat memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, dengan karakter dan mode permainan yang lebih menantang.

1. Clash Royale

IKLAN

Clash Royale merupakan salah satu game strategi terbaik untuk Android, yang juga tersedia untuk iOS. Game multi pemain ini menawarkan mekanisme permainan berbasis kartu, yang mewakili para prajurit untuk bertempur dan bertahan.

Game Strategi Terbaik untuk Android
Gambar: Supercell / Google Play Store

Semakin kuat kartu yang dimiliki pengguna, semakin besar pula peluang untuk memenangkan sebuah permainan. Meski begitu, kuatnya kartu juga belum tentu dapat memastikan suatu kemenangan, pengguna harus memiliki strategi untuk menggunakan kartu yang tepat pada saat yang tepat.

Permainan dapat dilakukan secara acak, di mana pengguna akan dipertemukan dengan pengguna lain dengan skil dan jumlah trofi yang setara. Selain itu, pengguna juga dapat mengundang pengguna lain atau teman dari satu klan untuk ditantang, atau diajak bertempur bersama.

Clash Royale dapat diunduh secara gratis, dan merupakan salah satu game ponsel yang sudah cukup populer, dengan memiliki komunitas dan acara eSport yang aktif. Tim eSport Clash Royale perwakilan Indonesia, sebagai informasi, meraih medali emas pada acara Asian Games tahun 2018 lalu.

IKLAN

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android

2. Clash of Clans

Sama-sama dikembangkan oleh Supercell, Clash of Clans menawarkan tekstur grafik serta karakter prajurit yang hampir sama dengan Clash Royale. Namun, alih-alih menggunakan kartu, Clash of Clans mengajak pengguna untuk membangun dan membesarkan sebuah desa, lengkap dengan puluhan prajurit berbeda untuk diajak bertempur.

Game Strategi Terbaik untuk Android
Gambar: Supercell / Google Play Store

Besarnya desa ditentukan oleh level Town Hall, yang dapat ditingkatkan hingga level tiga belas. Ketika menyerang desa lain, pengguna dapat merampok harta, seperti Gold, Elixir, dan Dark Elixir, yang dapat digunakan untuk membangun desa dan meningkatkan prajurit.

Pengguna perlu memenangkan suatu serangan untuk dapat merampok lebih banyak harta, serta untuk mendapatkan bonus dan trofi. Untuk dapat memenangkan suatu serangan, pengguna, secara strategis, perlu melepaskan prajurit pada tempat yang tepat, serta pada urutan dan waktu yang juga tepat.

IKLAN

Kemenangan suatu serangan pada desa lain akan ditentukan oleh bintang yang didapat. Satu bintang saja sudah dapat memenangkan serangan. Pengguna dapat menggapai maksimal tiga bintang jika berhasil menghancurkan seluruh bangunan. Semakin banyak bintang yang didapat, semakin banyak pula bonus dan trofi yang didapatkan.

Salah satu mode permainan yang paling saya suka pada Clash of Clans adalah perang antar klan. Kemenangan perang ditentukan oleh banyaknya bintang yang diperoleh secara kolektif. Selain bintang, persentase kehancuran desa juga dapat menentukan kemenangan perang jika kedua klan memperoleh bintang yang sama banyak.

Unduh di Play Store

3. The Battle of Polytopia

The Battle of Polytopia berbeda dengan game-game yang ada pada daftar ini. Sesuai dengan namanya, The Battle of Polytopia menawarkan grafik low-poly 8 bit, yang, menurut saya, membuatnya istimewa dan memiliki nilai estetika tersendiri.

Game Strategi Terbaik untuk Android
Gambar: Midjiwan AB / Google Play Store

Pada awal permainan, pengguna akan diminta untuk memilih suku. Setiap suku, perlu diketahui, tidak memiliki nilai atau kelebihan yang unik, melainkan untuk menentukan identitas saja. Setelah itu, pengguna akan dijumpakan dengan sebuah peta daerah untuk dikuasai, yang dapat dilakukan dengan mengalahkan suku-suku lain pada daerah tersebut.

Mekanisme permainan The Battle of Polytopia menggunakan sistem teka-teki berbasis langkah. Untuk memenangkan suatu permainan, pengguna perlu mengambil langkah yang tepat, yang dapat dilakukan sebanyak 30 kali. Yang paling saya suka adalah kreatifitas pengembangnya, yang menawarkan teka-teki berbeda pada setiap permainan.

The Battle of Polytopia juga menawarkan mode Domination, yang dapat diaktifkan melalui pengaturan permainan. Mode ini dapat menonaktifkan batasan langkah yang dapat diambil. Selain itu, pengguna juga dapat memilih tingkat kesulitan dan jumlah suku yang dapat dikalahkan dalam satu peta daerah.

The Battle of Polytopia juga menawarkan mode multi pemain daring, untuk dapat memainkannya bersama teman atau pengguna lain. Namun, untuk dapat melakukannya, pengguna diharuskan untuk membeli setidaknya satu suku yang ditawarkan. Hasil penjualan, menurut pengembang, akan digunakan untuk menutup biaya sewa server permainan.

Unduh di Play Store

4. Rebel Inc.

Rebel Inc. merupakan game strategi yang dikembangkan oleh pembuat Plague Inc., salah satu game berbayar populer dengan 68 juta pengguna aktif. Rebel Inc. mengajak pengguna untuk menghentikan para pemberontak, yang dapat merusak keharmonisan suatu wilayah.

Game Strategi Terbaik untuk Android
Gambar: Ndemic Creations / Google Play Store

Permainan stretegi yang ditawarkan Rebel Inc. sangatlah mendetail, yang melibatkan kejadian dan sistem pemerintahan yang diterapkan di negara-negara dari dunia nyata. Setiap keputusan pengguna, sekecil apapun itu, dapat menentukan narasi permainan. Suatu wilayah dapat dibilang harmonis jika pengguna telah mendapatkan reputasi yang tinggi.

Untuk dapat mengharmoniskan suatu wilayah, pengguna perlu menggunakan kekuatan militer dengan bijak, serta memenangkan hati masyarakat di dalamnya. Tugas ini terdengar susah, namun Rebel Inc. telah menawarkan fitur tutorial dan pertolongan, yang dapat memberikan pengguna konteks untuk menentukan keputusan yang tepat.

Pengguna dapat mengharmoniskan tujuh wilayah berbeda, yang semuanya memerlukan taktik yang juga berbeda. Rebel Inc., selain itu, juga menyediakan delapan pemimpin unik, yang juga telah dibekali dengan kemampuan radikal untuk membantu menjalankan misi “mulianya.”

Rebel Inc. menawarkan kemampuan untuk menyimpan dan memuat jalannya permaainan secara lokal. Rebel Inc. juga tidak memerlukan koneksi internet untuk dapat dimainkan. Meski begitu, Rebel Inc. tetap menawarkan sejumlah pembelian dalam aplikasi, yang terdiri dari fitur-fitur premium.

Unduh di Play Store

5. Rise of Kingdoms: Lost Crusade

Game strategi terbaik untuk Android yang lain adalah Rise of Kingdoms: Lost Crusade, yang menggunakan tema dari kerajaan masa lalu. Pengguna, maka dari itu, akan bertemu dengan tokoh-tokoh kerajaan dan peradaban yang telah populer, seperti Julis Cesar, Sun Tzu, Joan of Arc, dsb.

Game Strategi Terbaik untuk Android
Gambar: Lilith Games / Google Play Store

Pada awal permainan, pengguna akan diminta untuk memilih antara 11 peradaban berbeda, yang masing-masing memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri. Misi utama permainan cukup sederhana; pengguna perlu berjuang untuk menemukan wilayah yang belum dikuasai, dan mengalahkan peradaban yang sedang dimainkan pengguna lain.

Meski saya menyebutnya sederhana, pengguna tetap perlu menentukan strategi yang tepat untuk mengalahkan peradaban lain. Setiap peradaban memiliki pertahanan yang berbeda, maka strategi yang digunakan juga harus lebih bervariasi, termasuk dalam memilih prajurit, menentukan pergerakan prajurit, dsb.

Mekanisme permainan yang ditawarkan Rise of Kingdoms: Lost Curade hampir sama dengan yang ditawarkan Clash of Clans. Pengguna perlu menaikkan lebel prajurit, serta membangun tembok yang kuat, untuk menguatkan peradaban yang sedang dimainkan. Tugas ini, meski memakan waktu dan memerlukan kesabaran, dapat memberikan pengalaman yang mengasyikkan.

Unduh di Play Store

6. Motorsport Manager Mobile 3

Berbeda dengan game stretagi lainnya pada daftar ini, Motorsport Manager Mobile 3 melibatkan mobil, dan, sesuai dengan namanya, mengajak pengguna untuk membangun sebuah tim guna memenangkan balapan. Motorsport Manager Mobile 3, sayangnya, merupakan gim berbayar, yang dapat dibeli dengan harga Rp109.000 ketika artikel ini ditulis.

Game Strategi Terbaik untuk Android
Gambar: Playsport Games / Google Play Store

Dalam permainan, pengguna dapat menyewa tiga pembalap berbeda untuk satu mobil. Pengguna dapat membangun komunikasi dengan setiap pembalap untuk menentukan lap yang sempurna. Pengguna, selain itu, juga dapat membangun mobil sesuai dengan selera, termasuk menentukan desain, mesin, dan teknologi yang dipakai.

Untuk memenangkan suatu balapan, tidak hanya mobil dan pembalap yang perlu diperhatikan, pengguna juga perlu menentukan langkah strategis untuk merumuskan waktu pitstop yang ideal. Perubahan cuaca, tabrakan, dan periode keselamatan mobil, meski terkadang berada di luar kendali, juga dapat menentukan jalannya balapan.

Motorsport Manager Mobile 3 menawarkan tiga sirkuit populer berbeda, termasuk la Rascasse, Casino Square, dan Swimming Pool, yang masing-masing telah dirender dengan detail yang hampir sempurna. Motorsport Manager Mobile 3 juga menawarkan beberapa kejuaraan, yang dibedakan menurut jenis balapannya, termasuk balapan GT dan Endurance.

Unduh di Play Store

7. Hearthstone

Siapa yang tidak familier dengan Hearthstone, game populer berbasis kartu yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment. Pahlawan dan mantra yang direpresentasikan pada kartu-kartu Hearthstone, sebagai informasi, terinspirasi dari alam semesta World of Warcraft, seperti Jaina, Thrall, Uther, dsb.

Game Strategi Terbaik untuk Android
Gambar: Blizzard Entertainment, Inc. / Google Play Store

Sama dengan game barbasis kartu lainnya, pengguna perlu memilih dek yang tepat, serta menetukan kartu yang tepat, untuk memenangkan suatu permainan. Setiap kartu memiliki atribut penyerangan yang berbeda, dan dibedakan sesuai dengan kelas yang merepresentasikan kemampuannya.

Mode-mode permainan yang ditawarkan Hearthstone termasuk pertandingan PvP dan PvE, yang merupakan duel satu lawan satu, baik antar pengguna, maupun antara pengguna dengan komputer. Ada juga mode Arena, yang mengajak pengguna untuk menantang pengguna lain guna memenangkan hadiah menarik. Hearthstone, selain itu, juga menawarkan duel antar delapan pengguna sekaligus.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Aplikasi Backup Terbaik untuk Android

8. Smashing Four

Game strategi terbaik untuk Android yang terakhir pada daftar ini adalah Smashing Four, yang juga menerapkan mekanisme permainan berbasis kartu. Smasing Four ditawarkan dengan cara bermain yang sederhana, dan, menurut saya, cocok dimainkan oleh pengguna yang ingin bermain santai, tanpa menghabiskan banyak waktu.

Game Strategi Terbaik untuk Android
Gambar: Blizzard Entertainment, Inc. / Google Play Store

Mekanismenya hampir mirip dengan yang ditawarkan Clash Royale, yang menuntut pengguna untuk memilih dek kartu yang tepat untuk memenangkan permainan. Dek kartu dapat diisi dengan puluhan pahlawan berbeda, yang masing-masing memiliki kemampuan dan keterampilan tersediri.

Selain memilih dek yang tepat, menggunakan kartu yang tepat pada saat yang tepat juga dapat memenangkan suatu permainan. Setiap memenangkan pertandingan, pengguna akan menerima hadiah berupa bola, yang yang dapat berisi kartu atau uang untuk dikoleksi. Hadiah tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan level kartu dan membuka kunci arena pertempuran.

Pada setiap arena baru, pengguna juga akan menghadapi rintangan baru yang lebih sulit dari sebelumnya, dan menuntut untuk menerapkan langkah yang lebih strategis agar dapat memenangkannya. Selain dapat bermain dengan AI, Smashing Four juga menawarkan mode multi pemain untuk dapat bermain dengan teman atau pengguna lain.

Unduh di Play Store

Sangkalan: Artikel ini merupakan kompilasi dari sejumlah game strategi terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. GLHF!

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...