Google Chrome Hadirkan Fitur Pengelompokan Tab

Masih tersedia dalam versi beta.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Google Chrome akan menghadirkan fitur untuk memudahkan pengguna mengelompokkan tab yang sedang dibuka. Fitur ini kini hanya tersedia dalam versi beta untuk desktop, dan akan dirilis untuk semua pengguna secara global dalam beberapa minggu ke depan.

Google telah menguji fitur pengelompokan tab selama beberapa bulan sebelum mengumumkannya hari ini. Google mengatakan, berdasarkan penelitiannya, jika pengguna cenderung mengorganisasikan tab berdasarkan topik situs yang sedang dibuka, seperti situs untuk berbelanja atau membaca berita.

IKLAN

Fitur pengelompokan tab pada Google Chrome, seperti namanya, mengizinkan pengguna untuk mengelompokkan tab sesuai dengan selera. Ini akan bermanfaat bagi pengguna, termasuk saya, yang suka membuka banyak tab, dan ingin mengorganisasikannya agar lebih mudah dan cepat diakses.

Video: Google

Kelompok tab pada Google Chrome dapat dibuat dengan mudah, semudah membuka suatu tab. Klik kanan pada tab yang ingin dikelompokkan, lalu pilih dan klik menu “Add Tab to Group.” Dari sana, selain dapat membuat kelompok baru, pengguna juga dapat menempatkan tab yang dipilih ke kelompok yang telah dibuat sebelumnya.

Pengguna dapat memberi nama kelompok sesuai dengan selera, semisal Berita untuk tab-tab yang membuka situs pemberitaan, atau Kerja untuk tab-tab yang membuka situs yang berhubungan dengan pekerjaan. Pengguna, selain itu, juga dapat memberinya warna, yang berguna untuk lebih membedakan antara satu kelompok dengan yang lain.

Fitur pengelompokan tab pada suatu peramban bukanlah hal yang baru. Saya pertama kali menjumpainya pada peramban Vivaldi, yang telah memperkenalkan fitur ini sejak tahun lalu. Konsep yang hampir sama juga akan diterapkan pada Microsoft Edge, dengan pengorganisasian tab terbuka pada bilah vertikal, yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

IKLAN

Fitur pengelompokan tab pada Google Chrome akan tersedia secara bertahap untuk perangkat desktop, termasuk Chrome OS, Windows, Mac, dan Linux, dalam beberapa minggu ke depan. Google terlebih dahulu ingin melihat dampaknya terhadap stabilitas dan performa peramban, sebelum merilisnya untuk semua pengguna.

Sembari menunggu, pengguna dapat menggunakan fitur Pin untuk mengorganisasikan tab yang sedang terbuka pada Google Chrome, yang dapat menghemat ruang dan membuatnya terlihat rapi. Pengguna juga dapat mencoba fitur pengolompokan tab dengan mengunduh Google Chrome Beta melalui situs resminya.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...