Google Gratiskan Layanan Konferensi Video Google Meet

Hingga 30 September mendatang.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Google mengumumkan jika layanan konferensi video dan suara Google Meet kini gratis, dan dapat digunakan oleh semua pengguna hingga 30 September mendatang. Setelah itu, pengguna gratis kemungkinan akan diberi batasan penggunaan selama 60 menit.

Meet, sebagai informasi, mendukung konferensi video dan suara hingga 100 peserta. Sebelumnya, Meet merupakan layanan premium, yang hanya dapat digunakan oleh pengguna G Suite, dengan paket berlangganan Enterprise dan Education. Google menggratiskannya untuk memberikan persaingan terhadap Zoom, layanan serupa yang kian populer setiap harinya.

IKLAN

Untuk menggunakan dan bergabung pada sebuah panggilan Meet, pengguna harus terlebih dahulu masuk menggunakan akun Google. Ini dilakukan untuk kebutuhan keamanan, tidak seperti Zoom yang mengizinkan siapa saja untuk bergabung pada sebuah konferensi, dan kerap melakukan Zoombomb.

Video: Google

Pada pengumuman yang sama, Google mengatakan jika penggunaan Meet naik 30 kali lipat dari bulan Januari lalu. Meet juga berhasil mendapatkan tiga juta pengguna setiap harinya, dan kini digunakan untuk menyelenggarakan tiga miliar menit panggilan konferensi video.

Dengan penggunaannya yang terus meningkat, Google menjelaskan jika panggilan yang dilakukan melalui Meet harus tetap aman. Google akan menempatkan semua peserta panggilan yang tidak diundang melalui undangan kalender pada ruang tunggu, sampai penyelenggara panggilan menyetujuinya untuk bergabung.

Google juga menjelaskan jika semua panggilan Meet telah dienkripsi ketika diselenggarakan, dan semua rekaman panggilan juga akan dienkripsi dan disimpan di Google Drive. Google juga tidak akan menggunakan data Meet untuk kebutuhan periklanan, dan tidak akan menjualnya kepada pihak ketiga.

IKLAN

Google akan menggratiskan Meet secara bertahap hingga beberapa minggu ke depan. Artinya, pengguna, ketika artikel ini ditulis, mungkin masih tidak akan dapat menggunakannya secara gratis. Pengguna dapat mendaftar untuk diberi notifikasi jika Meet telah dapat digunakan secara gratis melalui tautan berikut.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...