Google Larang Penampilan Iklan di Layar Kunci Ponsel

Google baru saja menerbitkan kebijakan baru yang melarang aplikasi untuk menampilkan iklan di lock screen smartphone penggunanya.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Google kini melarang aplikasi untuk menampilkan iklan di layar kunci ponsel Android. Kemunculannya di layar kunci ponsel, banyak berpendapat, dapat menggangu dan merugikan pengguna. Selain itu, iklan yang muncul di layar kunci memiliki kemungkinan yang besar untuk diklik secara tidak sengaja oleh pengguna.

Sebelumnya di tahun lalu, Google telah melarang penampilan iklan di layar notifikasi, dan kini melakukan langkah yang sama untuk iklan yang muncul di layar kunci ponsel pengguna. Pada bagian baru di halaman monetisasi pengembang, Google menjelaskan tentang peraturan baru tersebut.

Bagian yang bernama “Lockscreen Monetization” tersebut berbunyi, “Kecuali tujuan eksklusif dari aplikasi tersebut adalah untuk layar kunci, aplikasi tidak diperkenankan untuk menampilkan iklan atau fitur lainnya yang digunakan untuk memonetisasi dari layar perangkat yang terkunci.” Penambahan peraturan ini akan memaksa pengembang untuk menghentikan penampilan iklan ke aplikasi mereka melalui layar kunci ponsel.

IKLAN

Meskipun begitu, pernyataan tersebut tetap membolehkan aplikasi pihak ketiga yang dikhususkan untuk mengatur layar kunci menampilkan iklannya saat ponsel terkunci. Ini tetap membuat prihatin pengguna, karena aplikasi-aplikasi tersebut juga seharusnya mendapatkan perlakuan yang sama. Google mungkin akan memperbarui lagi peraturannya di masa mendatang untuk mempertimbangkan hal ini.

Dikutip dari Android Police, salah satu aplikasi yang pernah menampilkan iklannya di layar kunci adalah ES File Explorer. Tahun lalu, aplikasi ini menampilkan iklan “Charging Booster” dalam versi gratisnya, yang membuat kesal banyak pengguna. Pengembang akhirnya menghapus iklan tersebut setelah mendapatkan boikot.

Selain ES File Explore, masih banyak aplikasi lain yang juga menampilkan iklan serupa. Hal ini sudah banyak terjadi, namun kurang mendapat perhatian dari pengguna. Biasanya pengguna tidak tahu mengapa ada iklan yang muncul di layar kunci, dan tidak mencari sumbernya yang biasanya dari aplikasi yang terinstal di ponsel.

Tayangan-tayangan iklan memang tidak dapat dihindari. Mereka mempunyai jumlah yang signifikan, dan muncul di setiap aplikasi, hampir semua situs web, dan juga di siaran-siaran televisi dan radio. Iklan, menurut saya, juga bisa menjadi hal yang baik karena dapat memberi pengguna tentang produk yang menarik.

Meskipun begitu, ada juga sisi buruknya. Jejaring penyedia iklan, seperti Google, biasanya menggunakan data aktivitas pengguna untuk menayangkan iklannya. Iklan tersebut adalah iklan tertarget. Ada sebagian pengguna, termasuk saya, yang menganggap jika ini melanggar privasi, dan seharusnya mendapat perhatian yang lebih dari semua pengguna .

Diperbarui 20/11/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...