Google Rilis Dukungan AMP di Email

Hanya cocok digunakan untuk email promosi.

Pilihan

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Istilah Net Neutrality, atau Netralitas Net, kian populer, terutama ketika ada suatu negara yang mengisukan untuk menghapusnya. Banyak berpendapat...

Cara Mengunci Folder dengan ‘Password’ di Windows

Setiap pengguna memiliki dokumen rahasianya sendiri yang tidak seharusnya dilihat atau diakses pengguna lain. Memberikan keamanan dan perlindungan terhadap...

Kenapa Kamera Ponsel dari Jepang Tidak Dapat Dibuat ‘Silent’

Ponsel yang diproduksi untuk Jepang dibekali dengan kamera yang bunyi shutter-nya tidak dapat dibuat "silent," atau dinonaktifkan. Selain kamera,...

Cara Menggabungkan Berkas PDF Menjadi Satu

PDF, atau Protected Document Format, merupakan format berkas yang dikembangkan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format berkas ini pertama...

Direncanakan sejak tahun lalu, Google kemarin akhirnya merilis dukungan AMP, Automatic Mobile Pages, di email. AMP di email dirilis dalam versi beta, dan saat ini hanya bisa diakses oleh pengguna G Suite melalui Gmail. Penyedia email lainnya, seperti Yahoo Mail, Outlook, dan Mail.ru juga dikabarkan akan memberikan dukungan untuk AMP di email.

Google Rilis Dukungan AMP di Email

IKLAN

Dengan dukungan AMP, Google menginginkan agar email lebih bersifat interaktif. Artinya, semua interaksi dapat dilakukan di dalam email, tanpa harus keluar dari web penyedia layanan email, seperti Gmail. Interaksi yang dapat dilakukan di antaranya: mendaftar di suatu acara; memberi komentar di Google Docs; mengisi kuesioner; bahkan bisa juga berbelanja. Google memanggil email-email yang didukung AMP ini dengan sebutan email dinamis.

Dukungan AMP di email akan dirilis partama kali di platform web. Google mengatakan jika mereka juga akan membawa dukungan ini di mobile. Lagi pula, dukungan AMP di email, menurut saya, hanya ditujukan untuk email-email promosi saja yang dikirim oleh para perusahaan, seperti perusahaan e-commerce, travel, dll. AMP di email tidak memiliki dampak yang signifikan untuk email-email yang dikirim untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan kolega.

IKLAN

Perusahaan-perusahaan yang terdaftar sebagai partner dalam proyek AMP di email ini antara lain: Booking.com; Despegar; Doodle; Ecwid; Freshworks; Nexxt; OYO Rooms; Pinterest; dan redBus. Perusahaan-perusahaan tersebut dapat mengirim email dinamis ke pengguna yang terdaftar di layanan mereka.

Selain itu, AMP di email juga akan didukung di beberapa layanan penyedia email pihak ke-tiga, seperti SparkPost, Litmus, Amazon SES, dll. Jadi, pengguna, yang bekerja sebagai marketer dari suatu perusahaan, dan menggunakan layanan tersebut untuk mengirim email ke konsumen, akan dapat membuat email dinamis dalam waktu dekat.Sama seperti AMP untuk artikel instan,

AMP di email, menurut saya, juga akan menuai banyak kontroversi. Pengaplikasian AMP di email akan mempermudah penyedia layanan email, seperti Google dengan Gmail-nya, untuk melacak dan mencatat interaksi yang kita lakukan di platform lain yang menggunakan AMP di email mereka. Data yang diambil dari interaksi tersebut dapat dikirim ke pengiklan. Iklan dan tracker, seperti yang kita ketahui, bersifat fleksibel, dan pengiklan dapat secara leluasa menggunakan data kita sebagai kebutuhan marketing mereka.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Pengertian dan Pengaruh Penting dari Net Neutrality

Istilah Net Neutrality, atau Netralitas Net, kian populer, terutama ketika ada suatu...

Cara Mengunci Folder dengan ‘Password’ di Windows

Setiap pengguna memiliki dokumen rahasianya sendiri yang tidak seharusnya dilihat atau diakses pengguna lain. Memberikan keamanan dan perlindungan terhadap dokumen tersebut adalah hal yang...

Kenapa Kamera Ponsel dari Jepang Tidak Dapat Dibuat ‘Silent’

Ponsel yang diproduksi untuk Jepang dibekali dengan kamera yang bunyi shutter-nya tidak dapat dibuat "silent," atau dinonaktifkan. Selain kamera, bunyi ketika mengambil tangkapan layar...

Cara Menggabungkan Berkas PDF Menjadi Satu

PDF, atau Protected Document Format, merupakan format berkas yang dikembangkan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format berkas ini pertama kali dikenalkan oleh Adobe Systems...