Google Rilis Dukungan AMP untuk Surel

Lebih cocok diterapkan pada surel promosi.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Direncanakan sejak tahun lalu, Google kemarin akhirnya merilis dukungan AMP, Accelerated Mobile Pages, untuk surel. Dukungan ini dirilis dalam versi beta, dan untuk sekarang, hanya tersedia bagi pengguna G Suite melalui Gmail. Layanan penyedia surel lainnya, seperti Yahoo Mail, Outlook, dan Mail.ru, juga akan memberikan dukungannya di masa mendatang.

Google memanggil surel yang sudah didukung AMP dengan sebutan surel dinamis. Dukungan AMP ditujukan untuk membuat surel menjadi lebih interaktif, dan mengizinkan pengguna untuk melakukan interaksi langsung dari kotak masuk. Interaksi yang dapat dilakukan bermacam-macam, antara lain: memberi komentar di Google Docs, bebelanja, mengisi kuesioner, memesan hotel, dll.

IKLAN

Perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar sebagai mitra dalam pengembangan AMP untuk surel adalah Booking.com, Despegar, Doodle, Ecwid, Freshworks, Nexxt, OYO Rooms, Pinterest, dan redBus. Dukungan AMP untuk surel juga akan didukung oleh beberapa layanan penyedia surel pihak ketiga, seperti SparkPost, Litmus, Amazon SES, dll. Perusahaan-perusahaan tersebut dapat mengirim surel dinamis kepada pengguna yang telah terdaftar di milisnya.

Dukungan AMP untuk surel pertama kali dirilis untuk platform web, dan juga akan dibawa untuk ponsel di masa mendatang. Dukungan ini, menurut saya, akan lebih menguntungkan perusahaan yang ingin mempromosikan produknya melalui surel, dan mendapatkan konversi darinya.

Selain itu, dukungan AMP untuk surel, menurut saya, juga akan menuai kontroversi. Layanan penyedia surel, seperti Gmail, dapat mencatat interaksi pengguna yang dilakukan di platform lain melalui surel dinamis. Data yang diambil tersebut dapat dijual ke pengiklan. Iklan, seperti yang diketahui, bersifat fleksibel, dan pengiklan dapat menggunakan data tersebut untuk kebutuhan marketing mereka.

Diperbarui 30/11/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...