Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, salah satu keunggulannya, memiliki antarmuka sederhana yang membuat fitur-fiturnya mudah diakses.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows atau macOS. Melalui artikel ini, saya ingin membahas beberapa fitur yang diwatarkan, serta detail lainnya yang membuat Ubuntu cocok digunakan sebagai OS untuk membantu menjalankan kegiatan sehari-hari.

Sebagai informasi, karena Linux merupakan OS sumber terbuka, pengembang bebas untuk melihat dan memodifikasi kode sumbernya. Ini mengakibatkan adanya banyak distro Linux yang kini tersedia. Ubuntu, Mint, openSUSE, dan Debian merupakan beberapa yang paling populer. Saya mengulas beberapa distro linux terbaik, jika pengguna tertarik untuk membacanya, di artikel berikut.

Ubuntu Memilki Antarmuka yang ‘User Friendly

Sampai sekarang, menurut pengalaman dengan teman-teman sekitar, Ubuntu, seperti distro Linux lainnya, terkenal memiliki antarmuka yang sulit digunakan, dan hanya cocok digunakan oleh pengembang. Anggapan ini perlu diubah. Ubuntu memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan disesuaikan.

IKLAN

Ubuntu Memilki Antarmuka yang 'User Friendly'
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Layaknya Windows atau macOS, Ubuntu mengemas fitur-fiturnya melalui menu yang mudah diakses. Pengguna yang memiliki pengetahuan dasar tentang komputer sekalipun dapat menggunakan Ubuntu dan mengakses fitur-fiturnya dengan mudah. Antarmukanya, selain mudah digunakan, juga memiliki desain yang elegan, dan tidak kalah cantik dengan yang ditawarkan OS berbayar.

Ubuntu Gratis

Mengunduh, menginstal, dan menggunakan Ubuntu tidak membutuhkan biaya sepeser pun. Karenanya, banyak organisasi pendidikan dan pemerintah dari seluruh dunia menggunakan Ubuntu untuk mengurangi biaya operasional. Selain Ubuntu sendiri, banyak aplikasi yang tersedia, baik yang ditawarkan di Software Center Ubuntu atau di situs web resminya, juga dapat diunduh secara gratis.

Pengguna dapat mengunduh Ubuntu melalui situs web resmi Canonical pada tautan berikut. Pada saat artikel ini ditulis, versi LTS terakhir Ubuntu adalah Ubuntu 18.04.03 LTS.

Ubuntu Memiliki ‘Ubuntu Software Center’

Cara konvensional untuk menginstal aplikasi di Ubuntu adalah dengan menggunakan kode perintah melalui Terminal. Kini, Ubuntu, seperti Windows yang memiliki Windows Store, juga menawarkan Ubuntu Software Center untuk memudahkan penggunanya mengunduh dan menginstal aplikasi.

Ubuntu Memiliki 'Ubuntu Software Center'
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Cara kerjanya hampir sama dengan toko aplikasi lainnya, di mana pengguna dapat mengunduh dan menginstal aplikasi langsung dari dalam toko aplikasi. Untuk penggunaan dasar, Ubuntu juga sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan, seperti Gimp untuk mengedit foto, Mozilla Firefox sebagai peramban bawaan, dan VLC untuk memutar media.

Ubuntu Memiliki Kompatibilitas Driver yang Beragam

Versi-versi terbaru dari Ubuntu kini sudah dilengkapi dengan driver pra-instal yang beragam untuk menghadirkan kompatibilitas yang juga beragam. Ini memungkinkan Ubuntu agar dapat berjalan dengan baik di lebih banyak perangkat yang berbeda, baik yang sudah menggunakan perangkat keras lama maupun yang terbaru.

Ubuntu Memiliki Banyak Varian

Ubuntu memiliki banyak varian yang ditentukan oleh lingkungan desktopnya (DE). Selain varian bawaan yang saat ini menggunakan DE Gnome, varian lainnya yang telah populer adalah Lubuntu yang menggunakan LXDE, Kubuntu yang menggunakan KDE, dan Xubuntu yang menggunakan Xfce sebagai lingkungan desktopnya.

Ubuntu Memiliki Banyak Varian
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Adanya banyak varian tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat memilih varian mana yang lebih cocok untuk digunakan. Setiap varian menawarkan desain antarmuka yang berbeda, dengan keunikannya tersendiri untuk menghadirkan pengalaman menggunakan Ubuntu yang lebih menyenangkan.

Ubuntu Memiliki Komunitas yang ‘Supportive

Alasan lainnya terkait kenapa Ubuntu cocok untuk digunakan sebagai OS sehari-hari adalah komunitasnya yang cukup supportive. Komunitas yang supportive dapat membantu pengguna memecahkan masalah yang sedang dihadapi menyangkut OS Ubuntu yang sedang digunakan.

Forum-forum Ubuntu yang sering saya kunjungi beralamat di https://askubuntu.com atau https://www.ubuntu.com/support. Selain itu, pengguna Ubuntu di Indonesia juga memiliki grup Facebook yang mendisukusikan semua tentang Ubuntu, yang dapat diakses melalui tautan berikut.

Ubuntu Memiliki ‘System Requirements‘ yang Rendah

Ubuntu memiliki dua varian khusus, Lubuntu dan Xubuntu, yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi rendah. Namun, varian bawaan Ubuntu juga tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi untuk menjalankannya, yaitu hanya membutuhkan prosesor 700 MHz, RAM 512 MB, dan ruang penyimpanan 5 GB.

Ubuntu Aman dari Virus

Linux – termasuk salah satu distronya, Ubuntu – memang terkenal aman dari ancaman virus, namun bukan berarti tidak dapat terinfeksi atau diserang. Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan Windows, Ubuntu, menurut pengalaman saya, lebih handal dalam menangkal virus.

Firewall dan metode perlindungan virus bawaan Ubuntu memastikan pengguna terlindungi. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu lagi membeli dan menginstal aplikasi antivirus tambahan yang biasa dilakukan ketika menggunakan Windows.

Ubuntu Bersifat Sumber Terbuka

Ubuntu, seperti yang telah disebutkan, merupakan perangkat lunak sumber terbuka. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh perangkat lunak sumber terbuka. Pengguna, jika tertarik, dapat membaca tentang apa itu perangkat lunak sumber terbuka, berserta keunggulannya, melalui artikel yang sudah saya tulis berikut.

Mencoba Ubuntu Sebelum Menginstalnya

Pengguna dapat mencoba menggunakan Ubuntu sebelum menginstalnya. Ubuntu akan menyediakan opsi untuk mencobanya sebelum diinstal. Pengguna hanya perlu mengunduh berkas ISO dari Ubuntu, dan melakukan booting dari berkas tersebut melalui flash drive atau perangkat lainnya yang mendukung.

Atau, pengguna juga dapat mencoba Ubuntu melalui aplikasi Virtual Machine untuk opsi yang lebih sederhana, namun memerlukan sumber daya yang lebih besar. Aplikasi Virtual Machine yang sering saya gunakan adalah VirtualBox dari Oracle, yang dapat diunduh melalui situs web resminya pada tautan berikut.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...