5 Launcher Terbaik untuk Android

Proyek mendandani layar utama ponsel.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Melalui artikel ini, saya ingin mengulas sejumlah launcher terbaik untuk Android, yang dapat pengguna unduh secara gratis. Menggunakan launcher yang tepat dan sesuai dengan gaya berpikir, menurut pengalaman saya, dapat meningkatkan produktivitas pengguna ketika mengoperasikan ponsel.

Selain dapat menunjang produktivitas, launcher yang tepat juga dapat mempercantik layar utama ponsel, yang dapat dipadukan dengan wallpaper yang tak kalah cantik. Beberapa launcher, selain itu, juga menawarkan fitur untuk mengatur tata letak dan menghapus ikon aplikasi, serta mengizinkan pengguna untuk mengubah gambar ikon sesuai dengan selera.

1. Nova Launcher

IKLAN

Nova Launcher, setidaknya menurut saya, merupakan launcher pihak ketiga untuk Android yang paling populer, dan merupakan favorit banyak pengguna. Launcher ini mendapatkan lebih dari 50 juta penginstalan di Play Store, dan memiliki rating 4,6 dari lebih dari 1,2 juta pengguna.

Launcher Terbaik untuk Android
Gambar: TeslaCoil Software / Google Play Store

Nova Launcher menawarkan sejumlah fitur menarik yang dapat membuat layar utama ponsel menjadi lebih berkesan, selagi juga menawarkan antarmuka yang ramah pengguna dan pengalaman penggunaan yang lancar. Dari segi tampilan, Nova Launcher dibasiskan pada launcher bawaan Android, seperti yang biasa ditemui pada ponsel Google Pixel.

Meski begitu, Nova Launcher menawarkan fitur yang lebih banyak, termasuk juga fitur-fitur baru yang ditawarkan pada launcher bawaan Android. Fitur lainnya meliputi opsi untuk mengubah ikon aplikasi melalui tema yang dapat diunduh dari Play Store. Pengguna, selain itu, juga dapat menyembunyikannya dari laci aplikasi.

Nova Launcher menawarkan opsi untuk mengatur menu gestures, seperti ketika mengusap atau mengetuk layar, untuk membuat perintah yang disesuaikan. Nova Launcher juga menawarkan opsi untuk mencadangkan pengaturan, yang akan berguna ketika menggunakan ponsel baru. Selain itu, ada juga mode gelap yang dapat diaktifkan secara otomatis maupun secara manual.

IKLAN

Unduh di Play Store

Artikel terkait4 Aplikasi Baca Berita Terbaik untuk Android

2. Lawnchair 2

Launcher terbaik untuk Android berikutnya adalah Lawnchair 2. Launcher ini, sama seperti Nova Launcher, menawarkan tampilan dari launcher stok dasar Android, yang biasanya diinstal pada ponsel-ponsel Google Pixel, lengkap dengan fitur-fitur bawaan yang telah disempurnakan untuk semua ponsel yang mendukung.

Launcher Terbaik untuk Android
Gambar: deletescape / Google Play Store

Lawnchair 2 mendukung Adaptive Icons, yang dapat menyesuaikan bentuk ikon dari setiap aplikasi sesuai dengan pengaturan yang telah dipilih. Lawnchair 2, selain itu, juga menawarkan laci yang dapat diatur untuk menampilkan aplikasi sesuai dengan kategori, termasuk tab atau folder yang sebelumnya telah dibuat.

Lawnchair 2 juga mendukung Android Recents, yang dapat menampilkan aplikasi-aplikasi yang baru saja dipakai dengan tampilan vertikal. Namun, dukungan ini memerlukan QuickSwitch, yang dapat bekerja pada Android 9. Lawnchair 2, sebagai informasi, ketika artikel ini ditulis, belum secara resmi mendukung Android 10.

IKLAN

Pengguna juga dapat mengaktifkan Notification Dots, suatu fitur yang dapat digunakan untuk mengatur bagaimana notifikasi diterima. Selain itu, ada juga dukungan untuk penampilan kontekstual data pada menu “At a Glance,” dan integrasi dengan Google Feed dan Homefeeder. Lawnchair 2 juga menawarkan mode gelap yang dapat diatur secara manual maupun otomatis.

Unduh di Play Store

3. Microsoft Launcher

Microsoft Launcher dapat membantu pengguna menjadi lebih produktif, dengan menyajikan antarmuka layar utama yang dapat disesuaikan dengan mudah. Microsoft Launcher juga memiliki integrasi dengan Windows PC, yang memungkinkan pengguna untuk beralih perangkat dengan lancar, seperti ketika mengakses foto atau dokumen.

Launcher Terbaik untuk Android
Gambar: Microsoft Corporation / Google Play Store

Pengguna yang menggunakan Microsoft Launcher juga akan dapat mengatur umpan pada layar utama ponsel. Umpan dapat digunakan untuk mengakses berita, acara pada kalender, dokumen, dan kontak langsung dari layar utama. Selain itu, disediakan juga fitur berlabel Family untuk mengontrol penggunaan ponsel yang terhubung di lingkungan keluarga.

Dari segi tampilan, Microsoft Launcher menawarkan antarmuka laci aplikasi yang sederhana, namun elegan. Pengguna dapat memilih sejumlah tema yang disediakan, seperti tema cerah, gelap, dan transparan. Pengguna juga dapat memilih tema untuk mempercantik ikon aplikasi, dan menggunakan fitur Adaptive Icons untuk membuatnya tampak lebih keren dan konsisten.

Microsoft Launcher juga menawarkan fitur untuk mengatur wallpaper yang disediakan dari Bing, seperti yang biasa kita temui pada halaman pencariannya. Microsoft Launcher, selain itu, juga menyediakan opsi untuk mengatur menu gestures, seperti mengetuk dua kali untuk mengunci layar, atau mengusap layar ke atas untuk membuka laci aplikasi.

Unduh di Play Store

4. ADW Launcher 2

ADW Launcher 2 cocok untuk digunakan pada ponsel dengan spesifikasi yang rendah, atau bagi pengguna yang menginginkan launcher ringan tanpa harus membebani ponsel dengan kinerja yang berat. ADW Launcher 2 dilengkapi dengan fitur yang benar-benar dibutuhkan, namun tidak menawarkan fitur opsional yang dapat menurunkan kinerja ponsel.

Launcher Terbaik untuk Android
Gambar: AnderWeb / Google Play Store

Dari segi tampilan, ADW Launcher menawarkan antarmuka yang mirip dengan yang ada pada launcher stok Android, namun lebih sederhana dan menawan. Selain itu, pengguna juga ditawarkan antarmuka dinamis, dengan warna yang diambil dari wallpaper yang sedang dipakai. ADW Launcher 2 juga menyediakan berbagai efek untuk ikon aplikasi, serta sejumlah filter dan komposisi untuk memberi sentuhan terakhir pada wallpaper yang akan dipakai.

Untuk menunjang produktivitas, ADW Launcher 2 menyediakan menu pencarian untuk memudahkan pengguna mencari aplikasi. Selain itu, ADW Launcher 2 juga memiliki fitur yang dapat membuka aplikasi pertama pada folder yang dipilih. Yang terakhir, pengguna juga dapat mengatur menu gesture, yang biasanya dipakai sebagai jalan pintas untuk mengakses laci aplikasi, mengunci layar, dsb.

Unduh di Play Store

Artikel terkait5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

5. Evie Launcher

Launcher terbaik untuk Android yang terakhir ingin saya bahas pada daftar ini adalah Evie Launcher. Launcher ini menawarkan desain antarmuka minimalis, yang dapat memudahkan pengguna mengakses suatu aplikasi.

Launcher Terbaik untuk Android
Gambar: Evie Labs Inc. / Google Play Store

Laci aplikasi, seperti pada launcher lainnya, dapat dibuka dengan satu kali usapan layar ke atas. Laci juga dapat diatur untuk menunjukkan aplikasi dalam tampilan kisi atau daftar. Mengusap layar ke bawah, di sisi lain, akan membuka kotak pencarian universal, yang dapat digunakan untuk mencari aplikasi maupun berkas lainnya yang tersimpan pada ponsel.

Unduh di Play Store

Sangkalan: Artikel ini merupakan kompilasi dari sejumlah launcher terbaik untuk Android, dipilih berdasarkan ketersediaan, fitur, dan kompatibilitasnya. Pengguna dapat memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan.

Fitur-fitur yang disebutkan juga dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjungi halaman resminya di Play Store untuk melihat fitur lengkap yang ditawarkan oleh setiap aplikasi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...