11 Launcher Terbaik di Android Edisi 2019

Selain dapat menunjang produktivitas, launcher-launcher berikut juga dapat mempercantik beranda ponsel agar pengguna betah menggunakannya.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Satu hal yang paling banyak dilihat pengguna Android dari layar ponsel mereka adalah layar beranda Android itu sendiri. Fungsionalitas dan estetika dari layar beranda tersebut tergantung pada launcher yang sedang terpasang di ponsel Android pengguna. Melalui artikel ini, saya telah merangkum beberapa launcher terbaik di Android yang dapat mempercantik beranda ponsel dan menunjang produktivitas pengguna. Semua launcher yang saya cantumkan di artikel ini gratis untuk diunduh melalui Play Store, dan ringan untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

11 Launcher Terbaik di Android Edisi 2019

1. Nova Launcher

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: TeslaCoil Software / Google Play Store

Nova Launcher merupakan salah satu aplikasi Android terbaik yang pernah dibuat. Launcher ini telah mendapatkan pembaruan rutin sejak rilisnya Ice Cream Sandwich. Saat ini, Nova Launcher adalah launcher yang paling populer dan merupakan favorit banyak pengguna. Yang membuatnya begitu disukai adalah adanya banyak opsi penyesuaian. Namun, pada dasarnya, Nova Launcher merupakan launcher yang berbasis pada stok dasar Android, dengan fitur yang lebih banyak. Jadi, tampilan yang beranda yang ditawarkan oleh launcher ini hampir sama dengan yang ada di ponsel-ponsel yang menjalankan stok dasar Android, seperti ponsel-ponsel Google Pixel. Yang diperlukan hanyalah sedikit penyesuaian untuk mendapatkan layar beranda yang keren dan sesuai kebutuhan.

IKLAN

Unduh di Play Store

Artikel terkait: 6 Aplikasi Wallpaper Terbaik di Android

2. Action Launcher

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: Action Launcher / Google Play Store

Action Launcher adalah salah satu launcher terbaik di Android dengan beberapa fitur unik. Launcher ini memiliki beberapa fungsi di layar beranda yang dapat mengubah warnanya sendiri, seperti bilah pencarian, folder, dll, tergantung pada wallpaper yang sedang dipasang. Ada beberapa fitur lain yang juga menarik perhatian. Yang pertama adalah Shutters; fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat widget dengan menggesek ikon aplikasi. Yang kedua adalah Quickpage; fitur ini merupakan slide-out drawer untuk widget. Yang terakhit adalah fitur Covers; fitur ini dapat mengubah ikon aplikasi menjadi sebuah folder.

Unduh di Play Store

3. Apex Launcher

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: Android Does Team / Google Play Store

Apex Launcher pertama kali dirilis hampir bersamaan dengan Nova Launcher. Sebelumnya, Apex memiliki opsi penyesuaian yang lebih banyak dari Nova. Kedua launcher ini memiliki banyak kesamaan. Keduanya adalah launcher berbasis stok Android dengan banyak pilihan penyesuaian. Dengan Apex launcher, pengguna dapat melakukasn kustomisasi yang sederhana dan juga menyisipkan peyesuaian yang unik pada layar beranda ponsel Android.

Unduh di Play Store

4. Microsoft Launcher

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: Microsoft Corporation / Google Play Store

Launcher buatan Microsoft ini dikembangkan untuk menjadi salah satu launcher yang ringan dan cepat. Salah satu fitur utamanya adalah adanya halaman yang menampilkan hal-hal seperti foto terbaru, aplikasi yang sering digunakan, kontak favorit, dan banyak lagi. Selain itu, launcher ini memiliki banyak integrasi dengan aplikasi Microsoft. Oleh karena itu, pengguna juga dapat mengganti wallpaper setiap hari menyesuaikan dengan yang ditampilkan di Bing, mesin pencari dari Microsoft.

Unduh di Play Store

5. Lawnchair

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: deletescape / Google Play Store

Lawnchair merupakan salah satu launcher terbaik di Android. Launcher ini difokuskan untuk menyalin launcher yang dipasang di ponsel-ponsel Pixel, beserta dengan beberapa fiturnya. Maka dari itu, launcher ini memiliki integrasi Google Now dan ‘shortcut serta dot notifikasi’ yang ada di stok Android Oreo. Selain itu, launcher ini juga memiliki dukungan untuk mengkostumisasi ikon menggunakan ‘icon pack,’ dan megubah ukurannya sesuai dengan selera. Terakhir saya dengar kabar, pengembang dari Lawnchair saat ini sedang mengeerjakan Lawnchair v2, yang merupakan ‘upgrade’ dari launcher sebelumnya.

Unduh di Play Store

6. Evie Launcher

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: Evie Labs Inc. / Google Play Store

Evie Launcher adalah salah satu launcher terbaik dan terbaru di Android. Launcher ini memiliki desain minimalis yang akan mengingatkan pengguna tentang launcher bawaan Android. Semua aplikasi disimpan di drawer yang dapat dibuka dengan satu usapan layar ke atas. Drawer juga dapat diatur agar menampilkan aplikasi secara daftar atau grid. Selain itu, mengusap layar ke bawah di beranda akan membuka kotak pencarian yang bersifat universal; artinya, pengguna dapat mencari aplikasi maupun berkas lainnya yang terpasang dan tersimpan di ponsel.

Unduh di Play Store

7. ASAP Launcher

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: Tim Clark – Clark IT Consultancy / Google Play Store

Seperti namanya, ASAP Launcher mengutamakan kecepatan. Launcher ini juga menawarkan fitur ‘Dock’ yang dapat menampung beberapa aplikasi sekaligus. Dock ini juga dapat digunakan untuk menampilkan aplikasi terbaru dan favorit pengguna yang disematkan. ASAP menempatkan pengaturan cepat pengguna yang dapat diakses hanya dengan satu usapan layar. Mengusap layar dari tepi kanan dapat menampilkan opsi untuk mengatur hal-hal seperti kecerahan, WiFi, Bluetooth, mode pesawat, dan lainnya. Drawer aplikasi dalam launcher ini juga diatur ke dalam daftar vertikal dengan bilah pencarian.

Unduh di Play Store

8. Solo Launcher

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: newborntown / Google Play Store

Solo Launcher merupakan launcher yang difokuskan untuk para pengguna penikmat DIY themes. Launcher ini juga memiliki aplikasi ‘Beautify’ yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tema, wallpaper, font, dan banyak lagi. Solo juga memiliki berbagai opsi yang dapat membantu pengguna melakukan navigasi antarmuka dengan cepat. Sisi kanan pada layar dilengkapi dengan halaman untuk mengakses berita dan pencarian.

Unduh di Play Store

9. ADW Launcher 2

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: AnderWeb / Google Play Store

Launcher terbaik di Android lainnya adalah ADW Launcher 2. ADW merupakan launcher yang paling senior di antara yang lain di artikel ini. Oleh karena itu, launcher ini pernah melewati fase ‘kematian’ karena ditinggalkan oleh para pengembangnya. Namun, dua tahun lalu, ADW kembali bangkit untuk kedua kalinya. Launcher ini juga merupakan salah satu launcher yang paling berbeda dengan launcher lainnya. Menurut saya, ADW adalah launcher yang paling mudah disesuaikan sebelum launcher lain di artikel ini ada. Bisa dikatakan jika ADW adalah launcher yang cocok untuk pengguna ‘hardcore’ Android.

Unduh di Play Store

10. Smart Launcher 5

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: Smart Launcher Team / Google Play Store

Di zaman yang serba “smart” ini, ada aplikasi launcher yang namanya Smart Launcher. Launcher ini dirancang untuk membuat ponsel pengguna lebih intuitif dan terorganisir. Layar utama memberi pengguna akses ke fungsi dasar telepon, seperti kamera, browser, foto, dll. Drawer aplikasi diatur ke dalam kategori secara otomatis, dan bilah pencarian juga bersifat universal. Launcher ini juga memiliki opsi untuk mematikan layar ponsel pengguna dengan mengetuk layar dua kali.

Unduh di Play Store

Artikel terkait7 Aplikasi Desain Grafis Terbaik di Android

11. Google Now Launcher

Launcher terbaik di Android
Kredit gambar: Google LLC / Google Play Store

Launcher terbaik di Android yang terakhir ingin saya bahas adalah Google Now Launcher. Google mengklaim bahwa launcher ini mementingkan kecepatan dan memiliki UI yang bersih. Selain itu, launcher ini juga dirancang khusus untuk akses yang lebih mudah ke Google Now. Drawer aplikasi sendiri diatur dengan daftar menurut alfabet A-Z. Selain itu, dengan launcher ini, pengguna juga akan mendapat beberapa rekomendasi aplikasi dari Google Play Store.

Unduh di Play Store

Catatan: Fitur-fitur yang disebutkan di masing-masing aplikasi di atas adalah sebagian dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi, dipilih berdasarkan kegunaan dan keunikannya. Pengguna dapat mengunjugi Play Store untuk melihat fitur lengkapnya.

Daftar di atas merupakan kompilasi dari launcher terbaik di Android. Pengguna disarankan untuk memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...