Layanan Streaming Gim ‘NVIDIA GeForce Now’ Resmi Meluncur

Akan bersaing dengan Google Stadia, Microsoft xCloud, dan Sony PlayStation Now.

Pilihan

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu,...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas...

NVIDIA resmi meluncurkan layanan gim streamingnya, GeForce Now, yang sebelumnya telah tersedia dalam versi beta sejak bulan Oktober tahun 2017 lalu. GeForce Now untuk saat ini hanya tersedia di 30 negara, termasuk Amerika Serikat dan Eropa, namun tidak termasuk Indonesia, dengan biaya berlangganan US$4,99 per bulan.

GeForce Now akan bersaing dengan layanan streaming gim serupa yang sebelumnya telah diumumkan, seperti Google Stadia, Microsoft xCloud, dan Sony PlayStation Now. Sebagai informasi, Google Stadia juga telah diluncurkan sejak bulan November tahun lalu, sedangkan Microsoft xCloud dan Sony PlayStation Now masih tersedia dalam versi beta.

IKLAN

Tidak seperti yang ditawarkan Google, Microsoft, dan Sony, layanan GeForce Now akan menggunakan pustaka gim yang telah pengguna beli melalui sejumlah platform populer, seperti Steam, Epic Games, Battle.net, dan Uplay. Layanan streaming gim lainnya, di sisi lain, mengharuskan pengguna untuk membeli ulang gim yang ditawarkan.

Layanan Streaming Gim 'NVIDIA GeForce Now' Resmi Meluncur
Gambar: NVIDIA

Pengguna akan dapat menghubungkan akun GeForce Now dengan akun pada platform toko gim tersebut, dan memainkan gim favorit melalui komputer awan yang akan disediakan NVIDIA. Pengguna juga akan dapat menyinkronkan simpanan permainan untuk dapat dilanjutkan secara instan.

GeForce Now untuk saat ini telah mendukung lebih dari 1.000 judul gim, seperti Fortnite, DOTA 2, dan PUBG, namun masih belum mengahadirkan gim dari pengembang Capcom, EA, Konami, Remedy, Rockstar, dan Square Enix, yang telah merilis gim populer, seperti GTA V dan Monster Hunter World. Pengguna dapat melihat gim yang didukung melalui tautan berikut.

Untuk menjalankan GeForce Now, atau layanan streaming gim pada umumnya, pengguna memerlukan koneksi internet yang kencang dan stabil. Lokasi juga memengaruhi, dan dapat menentukan kelancaran. NVIDIA saat ini memiliki sejumlah server yang tersebar di AS, Eropa, dan Asia, meskipun beberapa sedang diuji, termasuk di Jepang (SoftBank), Rusia (GFN.ru), dan Korea (LGU+).

Layanan Streaming Gim 'NVIDIA GeForce Now' Resmi Meluncur
Gambar: NVIDIA

NVIDIA menyarankan jaringan dengan koneksi 50Mbps untuk mendapatkan pengalaman maksimal ketika melakukan streaming gim melalui GeForce Now. Namun, jaringan dengan koneksi 15Mbps sudah mencukupi, dan 30Mbps sudah dapat menjalankan streaming gim dengan resolusi 1080p pada 60 fps.

GeForce Now tersedia dengan harga berlangganan US$4,99 per bulan, dengan tawaran gratis 3 bulan, melalui pilihan berlangganan “Founders” untuk satu tahun. Biaya berlangganan setelahnya belum diumumkan. NVIDIA juga menyediakan GeForce Now secara gratis dengan masa percobaan selama satu jam, namun dengan jumlah pengguna yang terbatas.

Layanan Streaming Gim 'NVIDIA GeForce Now' Resmi Meluncur
Gambar: NVIDIA

NVIDIA GeForce Now saat ini tersedia untuk berbagai perangkat, termasuk Windows PC, Mac, Android, dan NVIDIA Shield. NVIDIA juga sedang menyiapkannya untuk perangkat Chromebook, yang rencananya akan diluncurkan tahun ini. Pengguna dapat melihat sistem minimum yang diperlukan pada halaman resminya, yang dapat diakses malalui tautan berikut.

Layanan gim streaming kian populer, dan memungkinkan pengguna untuk memainkan gim favorit secara instan melalui tenaga awan, tanpa harus mengunduhnya ke perangkat klien. Cara kerjanya hampir sama dengan melakukan streaming di YouTube, namun dilakukan untuk memainkan gim.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya ingin membahas tentang cara membuat...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan Volume. Setiap kanal menawarkan versi...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas beberapa aplikasi email terbaik untuk...