LG G8X ThinQ: Ponsel dengan Dua Layar

Semacam ponsel lipat, tapi bukan.

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Ponsel lipat selalu menjadi bahan perbincangan yang hangat, dan selalu diperdebatkan sebagai tren untuk ponsel yang akan datang. Namun, kenyataan tidak seperti yang dibicarakan. Samsung Galaxy Fold masih akan dirilis ulang, dan Huawei Mate X masih belum jelas kabarnya. Di sisi lain, LG memiliki solusi dengan mengadirkan LG G8X ThinQ yang dibekali dengan dua layar.

Secara teknis dan sejauh mata memandang, LG G8X ThinQ bisa dikatakan sebagai sebuah ponsel lipat, namun bukan. Layar sekunder yang membuatnya terlihat sekilas seperti ponsel lipat dibuat terpisah, dan harus dihubungkan terlebih dahulu untuk dapat digunakan. Oleh karena itu, LG G8X ThinQ, menurut saya, dapat memberikan fleksibilitas dan durabilitas yang jauh lebih baik dari ponsel lipat.

Spesifikasi LG G8X:

  • Layar: 6.4-inci OLED FHD Plus (2340x1080px, dengan aspek rasio 19.5:9)
  • Cip: Qualcomm Snapdragon 855.
  • Memori: 6 GB.
  • Ruang penyimpanan: 128 GB, dengan dukungan slot microSD.
  • Kamera depan: 32 MP.
  • Kamera belakang: 12 dan 13 MP, dengan dukungan OIS.
  • Baterai: 4.000 mAh.
  • Fitur: Pemindai sidik jari dalam layar, IP68, Fast Charging 4.0.
IKLAN

LG G8X merupakan penerus dari LG G8 yang juga hadir dengan layar tambahan. Jika dibandingkan, LG G8X memiliki layar yang lebih besar, yaitu selebar 6,4 inci. Meskipun begitu, resolusi layar yang ditawarkan lebih rendah, di mana layar LG G8X memiliki resolusi 2340x1080px, sedangkan layar LG G8 beresolusi 3040x1040px.

LG G8X ThinQ Dua Layar
Kredit gamber: LG

LG G8X menggunakan panel OLED sebagai lapisan layar yang juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Kamera depannya menawarkan sensor 32 MP, yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan LG G8 dengan sensor 8 MP.

Kedua kamera belakangnya masing-masing meiliki fungsi sendiri. Kamara utama dilengkapi dengan sensor 12 MP bukaan f/1.8, yang sudah mendukung PDAF dan OIS. Kamera sekunder, di sisi lain, menawarkan sensor ultra-wide 13 MP dengan bukaan f/2.4, yang dapat mengambil foto dengan FoV 136 derajat.

LG G8X ditenagai dengan cip Snapdragon 855, RAM 6 GB, dan ruang penyimpanan 128 GB. Pengguna juga disediakan slot microSD untuk menambah ruang penyimpanan yang ditawarkan. Selain itu, LG G8X juga dilengkapi dengan jack 3,5mm yang sudah jarang ditemui pada ponsel keluaran terbaru.

Kapasitas baterai yang ditwarkan LG G8X adalah 4.000 mAh. Layarnya dilindungi dengan Gorilla Glass 6, serta memiliki sertifikat IP68, yang dapat membuatnya tahan jipratan air dan debu. Untuk sistem operasi, LG G8X akan menjalankan Android Pie.

DualScreen – atau layar kedua

LG G8X ThinQ, seperti yang sudah disebutkan, dilengkapi dengan dua layar, yang dipanggil DualScreen. Layar ini dihubungkan melalui USB Type-C, dan bertindak sebagai layar sekunder dari ponsel LG G8X. Layar kedua ini dipercaya dapat membuat proses multitasking menjadi lebih mudah.

LG G8X ThinQ Dua Layar
Kredit gamber: LG

Layar kedua ini juga memiliki besar dan lebar yang sama seperti layar utama LG G8X. Bahkan, layar ini juga memiliki notch seperti yang dimiliki layar utama. Sisi belakangnya dilapisi dengan layar monokrom berpanel OLED yang dapat digunakan untuk menampilkan jam dan notifikasi.

Dikutip dari The Verge, LG G8X ThinQ akan dipasarkan pada kuartal IV tahun ini, namun harga dan ketersediaannya masih belum diumumkan. Ponsel ini menarik, dan saya berharap agar juga dipasarkan di Indonesia kelak, untuk membuat ketersediaan ponsel di dalam negeri menjadi lebih bervariasi.

Diperbarui 12/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...