Mengaktifkan ‘DNS-over-HTTPS’ di Google Chrome

Cocok bagi pengguna yang ingin meningkatkan keamanan privasi ketika sedang berselancar di internet.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Google Chrome telah memiliki dukungan terhadap protokol ‘DNS-over-HTTPS’ (DoH) sejak rilisan bulan Februari tahun 2018 silam. Namun, Google tidak menyediakan antarmuka untuk mengaktifkannya, karena beberapa alasan tertentu. Melainkan, pengguna dapat melakukannya menggunakan kode perintah, atau command line, yang dapat dilakukan secara manual.

Mengaktifkan ‘DNS-over-HTTPS’ di Google Chrome

Sebelumnya, saya ingin mengulas apa itu protokol ‘DNS-over-HTTPS’ terlebih dahulu. Pada dasarnya, protokol DoH memiliki fungsi kerja yang hampir sama dengan protokol DNS pada umumnya.

IKLAN

Perbedaannya, ialah, protokol DNS biasa mengirim kueri tanpa menggunakan enkripsi, meskipun pengguna mengunjungi situs web dengan HTTPS. Protokol DoH, di sisi lain, mengirim permintaan kueri melalui koneksi HTTPS yang sudah dienkripsi. Selain itu, protokol DoH juga bekerja pada level aplikasi, seperti browser, bukan pada OS yang sedang digunakan.

Artikel terkaitCara Mengaktifkan ‘Mode Gelap’ di Google Chrome

Sederhananya, permintaan kueri DNS yang dikirim oleh pengguna menjadi tersembunyi dari pihak ketiga, seperti ISP. Dengan kata lain, ISP, seperti Telkomsel dkk, tidak dapat mengetahui situs apa yang sedang diakses oleh pengguna melalui browser yang sudah menggunakan protokol DoH tersebut.

Mengaktifkan protokol DoH di suatu browser bisa dibilang susah-susah gampang. Mozilla Firefox, sebagai contoh, sudah menyediakan fitur yang mudah diakses untuk mengaktifkannya. Google Chrome, di sisi lain masih mengharuskan pengguna untuk mengaktifkannya secara manual, yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah pertama, cari jalan pintas, atau shortcut, dari Google Chrome; bisa ada di Taskbar, Desktop, Start Menu, atau di tempat lainnya.

IKLAN

DNS-over-HTTPS Google Chrome
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Langkah kedua, klik kanan pada jalan pintas tersebut, dan klik pilihan Properties.

DNS-over-HTTPS Google Chrome
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Lalu, pada langkah ketiga, tambahkan kode berikut pada kotak isian Target, dan klik OK untuk menyimpannya.

--enable-features="dns-over-https<DoHTrial" --force-fieldtrials="DoHTrial/Group1" --force-fieldtrial-params="DoHTrial.Group1:server/https%3A%2F%2F1.1.1.1%2Fdns-query/method/POST

Kode tersebut akan mengatur Google Chrome untuk menggunakan server DoH yang disediakan oleh Cloudflare. Pengguna dapat mengganti server tersebut jika memiliki opsi lain, atau dapat memilihnya dari daftar server DoH lain yang juga tersedia untuk publik berikut.

IKLAN

Di langkah keempat, pengguna perlu menjalankan Google Chrome, atau, jika masih aktif, pengguna dapat menutup dan menjalankankan ulang browser tersebut. Sedikit trivia, pengguna dapat menggunakan alamat chrome://quit untuk menutup jendela dan keluar dari Google Chrome sepenuhnya.

DNS-over-HTTPS Google Chrome
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Pada langkah terakhir, pengguna dapat menguji apakah protokol DoH sudah aktif. Untuk melakukannya, pengguna dapat mengunjungi halaman https://1.1.1.1/help, dan informasi tentang aktifnya protokol tersebut akan ditampilkan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...