Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Ketiganya menawarkan versi penuh Windows, namun dengan atribut yang berbeda.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan Volume. Setiap kanal menawarkan versi penuh Windows 10, namun memiliki aturan yang berbeda. Artikel ini mengulas pengertian dari ketiga kanal, serta atribut yang membuatnya berbeda satu sama lain.

Seperti yang telah disebutkan, setiap kanal lisensi menawarkan atribut yang berbeda, yang dapat menentukan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan, seperti melakukan peningkatan atau penurunan versi sistem operasi. Artikel ini, maka dari itu, juga akan mengulas cara mengecek jenis lisensi yang terinstal pada suatu perangkat.

Windows Retail

IKLAN

Lisensi Windows dari kanal Retail merupakan lisensi yang paling sederhana, paling umum, dan paling mudah untuk didapatkan. Pengguna dapat membelinya melalui toko ritel daring ataupun toko lokal, yang biasanya menjual Windows dengan bungkusan kotak resmi. Lisensi Retail, sebagai informasi, juga kerap dipanggil dengan sebutan Full Packaged Product (FPP).

Lisensi Retail hanya dapat dipakai pada satu perangkat dan oleh satu pengguna. Namun, pengguna dapat memindahkannya ke perangkat yang berbeda, dengan menonaktifkannya terlebih dahulu pada perangkat sebelumnya. Proses pemindahan lisensi ini tidak memiliki batasan; pengguna dapat melakukannya pada perangkat yang berbeda dengan jumlah yang tidak terbatas.

Dengan lisensi Retail, pengguna akan mendapatkan dukungan penuh dari Microsoft, termasuk pemberian solusi untuk masalah yang sedang dihadapi, baik itu terkait perangkat lunak maupun perangkat keras. Lisensi ini, selain itu, juga mengizinkan pengguna untuk melakukan peningkatan versi sistem operasi, namun tidak untuk menurunkannya.

Windows OEM

OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer, yang, jika diterjemahkan secara harfiah, merupakan pabrikan peralatan asli. Lisensi yang didapatkan melalui kanal OEM biasanya diperoleh ketika membeli perangkat yang telah diinstal Windows sebelumnya oleh pabrikan peralatan asli, seperti Dell, HP, atau Asus.

Lisensi OEM, karena didapatkan bersamaan dengan perangkat, tidak dapat dipindahkan ke perangkat yang berbeda. Kunci produk Windows dari lisensi OEM biasanya ditampilkan pada bagian bawah perangkat menggunakan stiker. Namun, akhir-akhir ini, kunci tersebut biasanya telah dikaitkan langsung ke perangkat tegar peranti, dan hanya dipakai oleh Windows ketika dibutuhkan.

IKLAN

Selain dapat meningkatkan versi sistem operasi, pengguna dengan lisensi OEM juga dapat menurunkannya, dengan batasan dua versi. Penurunan ini hanya berlaku untuk edisi yang sama, seperti Windows 10 Pro yang dapat diturunkan ke Windows 7 Pro, atau Windows 7 Enterprise ke Windows XP Enterprise, dst.

Harga untuk lisensi OEM juga lebih murah dari lisensi Retail, karena telah dibundel dengan harga perangkat yang dibeli. Namun, pengguna dengan lisensi OEM tidak akan mendapatkan dukungan dari Microsoft, melainkan langsung dari pabrikan peralatan asli yang memproduksi dan menjual perangkat.

Windows Volume

Lisensi Windows yang didapatkan melalui kanal Volume berbeda dengan dua kanal yang telah disebutkan sebelumnya. Lisensi ini tidak dijual untuk perorangan, melainkan untuk organisasi, seperti perusahaan, sekolah, atau pemerintah. Maka dari itu, lisensi ini biasanya dijual dan dibeli dalam jumlah yang banyak.

Lisensi Volume biasanya tidak dapat diinstal pada perangkat yang bukan merupakan bagian dari organisasi terkait. Organisasi, selain itu, biasanya mengaktifkan semua perangkatnya dengan satu kunci produk melalui server Key Management Service (KMS) atau Multiple Activation Keys (MAK).

Mengecek Jenis Lisensi yang Terinstal

Pengguna dapat mengecek jenis lisensi yang terinstal pada perangkat dengan mudah. Langkah-langkah untuk melakukannya melibatkan Windows Server License Manager Script (slmgr) yang dapat dijalankan melalui Command Prompt:

Langkah 1: Buka Command Prompt melalui akun administrator.

IKLAN

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Pengguna dapat melakukannya dengan membuka Start, lalu melakukan pencarian dengan kata kunci “Command Prompt.” Setelah ditemukan, klik kanan Command Prompt, lalu pilih opsi “Run as administrator.”

Langkah 2: Tempelkan kode perintah slmgr /dli pada Command Prompt, lalu tekan Enter.

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah tersebut akan membuka kotak dialog yang kemudian menampilkan edisi Windows yang dipakai, serta jenis lisensi yang terinstal. Perangkat yang sedang saya pakai, sebagai contoh, menggunakan Windows 10 Pro, dengan lisensi yang didapatkan melalui kanal Retail, sebagaimana ditampilkan pada tangkapan gambar di atas.

TLDR: Windows Retail merupakan lisensi yang biasanya dibeli melalui toko ritel, sedangkan Windows OEM mengacu pada lisensi yang biasanya didapatkan bersamaan dengan perangkat yang dibeli. Keduanya diperuntukkan bagi perorangan. Windows Volume, di sisi lain, mengacu pada lisensi yang diperuntukkan bagi organisasi, dan biasanya dibeli dalam jumlah yang banyak.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...