Cara Menggabungkan Berkas PDF Menjadi Satu

Menggabungkan berkas PDF menjadi satu dapat dilakukan dengan mudah.

Pilihan

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu,...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas...

PDF, atau Protected Document Format, merupakan format berkas yang dikembangkan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital. Format berkas ini pertama kali dikenalkan oleh Adobe Systems pada tahun 1963 lalu, dan telah menjadi salah satu berkas paling populer dan sering digunakan. Melalui artikel ini, saya ingin membahas tentang bagaimana cara menggabungkan berkas PDF yang terpisah menjadi satu berkas dokumen.

Menggabungkan berkas PDF dapat dilakukan dengan mudah. Saya akan membaginya menjadi dua cara: yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat DC, dan yang kedua, yang lebih sederhana, adalah dengan menggunakan bantuan dari situs web daring pihak ketiga.

Menggabungkan Berkas PDF Menggunakan Adobe Acrobat DC

IKLAN

Adobe Acrobat DC, selain dapat digunakan untuk membaca berkas PDF, juga menawarkan fitur ‘Combine Files‘ yang dapat digunakan untuk menggabungkan dokumen. Adobe Acrobat DC sendiri merupakan aplikasi berbayar, namun pengguna dapat menggunakan masa percobaan 30 hari yang telah disediakan.

Langkah 1: Unduh dan instal Adobe Acrobat DC melalui tautan berikut.

Langkah 2: Setelah selesai diinstal, buka Adobe Acrobat DC, lalu pilih menu ‘Tools‘ yang terletak di pojok kiri atas aplikasi.

Langkah 1: Menggabungkan PDF
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah 3: Klik menu ‘Combine Files.’

Langkah 2: Menggabungkan PDF
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah 4: Klik pilihan ‘Add Files,’ lalu pilih dokumen-dokumen yang ingin digabungkan. Selain PDF, jenis berkas dokumen yang dapat digabungkan menggunakan Adobe Acrobat DC meliputi DOCX, XLSX, dll.

Langkah 3: Menggabungkan PDF
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah 5: Setelah dokumen dipilih, klik pilihan ‘Combine‘ untuk menggabungnya.

Langkah 4: Menggabungkan PDF
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah 6: Berkas dokumen PDF kini sedang digabungkan. Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu, klik ‘File‘ -> ‘Save As‘ untuk menyimpan hasilnya.

Langkah 5: Menggabungkan PDF
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Selain menggunakan Adobe Acrobat DC, seperti yang telah disebutkan, pengguna juga dapat menggunakan situs web pihak ketiga untuk menggabungkan berkas PDF tanpa harus menginstal aplikasi. Metode ini, menurut saya, lebih sederhana dan efisien.

Menggabungkan Berkas PDF Melalui Situs Web Daring

Meskipun lebih sederhana dan efisien daripada menggunakan bantuan aplikasi, situs web pihak ketiga biasanya membatasi jumlah atau besarnya ukuran berkas PDF yang ingin digabungkan. Oleh karena itu, saya telah memilih beberapa, yang menurut saya, adalah yang terbaik di antara pilihan situs web yang lain.

  • Smallpdf: Buka Smallpdf, lalu klik ‘Choose files‘ untuk memilih dokumen-dokumen PDF yang ingin digabungkan. Lalu klik ‘MERGE PDF!,’ dan setelah selesai, klik ‘DOWNLOAD‘ untuk menyimpannya.
  • PDF2Go
  • Combine PDF
  • DocuPub

Pada dasarnya, semua situs web yang disebutkan di atas memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menggabungkan berkas PDF menjadi satu. Pengguna dapat menggunakan salah satu sesuai dengan kebutuhan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya ingin membahas tentang cara membuat...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan Volume. Setiap kanal menawarkan versi...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas beberapa aplikasi email terbaik untuk...