Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF

Selain banyak yang gratis, buku-buku elektronik yang disediakan di Amazon Kindle harganya juga relatif murah.

Pilihan

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket League, pada platform macOS dan Linux. Pembaruan...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan...

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My...

Amazon Kindle merupakan salah satu perangkat pembaca buku elektronik, atau e-book, yang paling nyaman dan efisien. Format berkas yang dipakai biasanya adalah AZW, MOBI, dan PRC. Format-format tersebut terdengar “tidak biasa,” karena mayoritas pengguna, yang tidak memiliki Kindle, membaca buku elektronik dengan format PDF, atau EPUB. Oleh karena itu, berikut akan saya coba jelaskan bagaimana cara mengubah format berkas, atau file, buku Kindle ke format PDF, jika pengguna ingin membaca buku kesayangan dari Kindle di perangkat lain.

Perangkat Amazon Kindle, sesuai dengan namanya, diproduksi oleh Amazon dan dibuat oleh Foxconn. Selain mendukung format-format berkas yang sudah saya sebutkan di atas, menurut Wikipedia, perangkat Kindle generasi ke-empat dan setelahnya juga telah mendukung berkas dengan format AZW, AZW3, TXT, PDF, MOBI, PRC, HTML, DOC, DOCX, JPEG, GIF, PNG, dan BMP.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF

IKLAN

Saya ingin memberikan dua alternatif yang dapat digunakan untuk mengubah format berkas buku Kindle ke PDF, yaitu melalui sebuah situs daring, atau online, atau dengan sebuah perangkat lunak, atau software.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF Secara Online

Pengguna dapat mengubah format berkas buku Kindle ke PDF secara online melalui sebuah situs web. Situs tersebut adalah Online-convert.com. Selain dapat mengubah format berkas dokumen, situs ini juga dapat mengubah format berkas audio, video, dll.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Pada langkah pertama, pengguna dapat mengakses situs Online-convert.com, pada bagian untuk mengubah format berkas buku elektronik ke PDF, melalui tautan berikut.

Setelah itu, pada langkah kedua, pengguna dapat memilih berkas buku elektronik yang ingin dikonversi dengan mengklik tombol Choose Files pada situs web tersebut. Lalu, tunggu sejenak, sementara berkas yang dipilih sedang diunggah.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Setelah proses unggah selesai, pada langkah ketiga ini, pengguna dapat mengisi pengaturan opsional terhadap berkas yang ingin dikonversi, seperti judul buku, nama penulis, dll. Pengguna dapat melewati langkah ini jika tidak diperlukan.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Di langkah terakhir ini, pengguna dapat memulai proses konversi dengan mengklik tombol ‘Start conversion,’ dan menunggu sampai proses konversi selesai. Berkas hasil konversi, jika telah selesai prosesnya, akan terunduh secara otomatis. Namun, jika tidak, pengguna dapat mengklik tautan ‘Download your file‘ untuk mengunduhnya secara manual.

Menggunakan Perangkat Lunak ‘Calibre’ – untuk Windows dan Linux

Perangkat lunak ‘Calibre’ mendukung berbagai format berkas yang beragam, mulai dari MOBI dan HTML, sampai RRC dan AZW, dan mampu berfungsi dengan atau tanpa koneksi internet. Calibre tersedia untuk Windows, iOS, dan Linux.

Mengubah Format File Buku Kindle ke PDF
Kredit gambar: Naufal H. Rabbani / Koalakontent

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh Calibre, menginstal, dan mejalankannya di perangkat kita. Pengguna dapat mengunduhnya melalu halaman situs resmi di tautan berikut.

Pada langkah kedua, kita dapat memulai proses konversi dengan menambahkan berkas buku Kindle ke dalam Calibre. Aksi ini dapat dilakukan dengan mengklik tombol ‘Add Books‘ yang terletak di sudut kiri atas jendela aplikasi. Setelah itu, pilih berkas yang ingin dikonversi, dan klik OK.

Setelah berkas dipilih, pada langkah ketiga, kita dapat mengkonversinya dengan mengklik tombol ‘Convert‘ yang terletak di sisi kiri dari bilah navigasi. Lalu, kita akan dihadapkan dengan jendela pop-up yang menampilkan berbagai opsi untuk mengubah sampul buku, judul, penulis, dan komponen metadata lainnya dari berkas tersebut.

Setelah itu, kita dapat memilih jenis format yang akan dipakai sebagai hasil konversi, dan dalam kasus ini, pengguna dapat memilih PDF. Selanjutnya, klik OK untuk memulai konversi. Proses ini dapat memakan waktu yang agak lama, tergantung pada ukuran berkas yang sedang dikonversi.

Langkah keempat merupakan langkah terakhir, yaitu untuk menyimpan hasil konversi tadi. Pilih berkas buku Kindle yang sudah dikonversi, lalui klik tautan biru yang bertuliskan PDF pada sisi kanan bilah navigasi. Setelah itu, pilih lokasi di mana berkas ingin disimpan, dan klik Save untuk menyimpannya dan mengakhiri proses konversi.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan ini, pengguna dapat menjawab suatu...

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis pada musim gugur mendatang. Pengumuman yang...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My Neighbor Totoro. Netflix akan menambahkan...