Cara Mengunci Folder dengan ‘Password’ di Windows

Memberikan kemanan untuk folder yang berisi dokumen rahasia itu wajar.

Pilihan

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan, oleh karena itu,...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas...

Setiap pengguna memiliki dokumen rahasianya sendiri yang tidak seharusnya dilihat atau diakses pengguna lain. Memberikan keamanan dan perlindungan terhadap dokumen tersebut adalah hal yang wajar, dan mudah dilakukan. Salah satu caranya, khusus untuk pengguna Windows, adalah dengan mengunci folder yang berisi dokumen rahasia tersebut dengan “password,” atau kata sandi.

Saya ingin membagikan langkah-langkah untuk melakukannya melalui dua cara yang berbeda, yaitu dengan fitur bawaan Windows “Folder Encryption,” dan menggunakan aplikasi pihak ketiga 7-Zip. Saya mendemonstrasikan fitur bawaan Folder Encryption berikut menggunakan Windows 10 Pro.

Mengunci Folder dengan Password di Windows Menggunakan Folder Encryption

IKLAN

Mengunci folder dengan kata kunci di Windows menggunakan fitur bawaan Folder Encryption merupakan cara yang paling efisien, karena tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Namun, cara ini hanya dapat dilakukan bagi pengguna yang menggunakan Windows edisi Pro, entah itu Windows 7 Pro, Windows 8 Pro, atau Windows 10 Pro.

Selain itu, cara ini juga tidak mengizinkan pengguna untuk menentukan kata sandi pilhan. Melainkan, ia akan menggunakan kata sandi yang sama untuk mengunci akun Windows pengguna. Oleh karena itu, cara ini akan bekerja ketika akun Windows yang digunakan juga sudah diberi kata sandi.

Dengan kata lain, sebelum melakukan cara ini, perlu diperhatikan:

  • OS yang digunakan adalah Windows edisi Pro.
  • Akun Windows yang digunakan juga sudah diberi kata sandi.

Langkah 1: Klik kanan pada folder yang ingin dikunci dengan kata sandi, lalu pilih menu “Properties.”

Mengunci Folder Password Windows
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah 2: Setelah jendela Properties terbuka, klik menu “Advanced.”

Mengunci Folder Password Windows
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah 3: Setelah itu, klik centang pada pilihan yang bertuliskan “Encrypt contents to secure data,” lalu klik “OK.”

Mengunci Folder Password Windows
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah 4: Klik “Apply.” Windows kemudian akan menampilkan kotak dialog yang menanyakan apakah pengguna ingin memberi kata sandi untuk semua direktori di dalam folder, atau hanya folder luarnya saja. Setelah menentukan pilihan, klik “OK.”

Mengunci Folder Password Windows
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Proses penguncian folder akan segera dilakukan, dan terkadang memakan waktu yang tidak sebentar. Ini tergantung besarnya kapasitas folder tersebut. Jika telah selesai, Windows akan menandai folder yang sudah dikunci dengan ikon gembok di dekatnya.

Mengunci Folder Password Windows
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Cara kedua adalah menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga 7-Zip. Cara ini dapat dilakukan bagi pengguna yang tidak ingin melakukan cara pertama, atau pengguna yang tidak sedang menggunakan Windows edisi Pro, atau yang ingin menentukan kata sandi pilihan.

Mengunci Folder dengan Password di Windows Menggunakan 7-Zip

7-Zip merupakan aplikasi sumber terbuka yang dikhususkan untuk mengompres berkas. Dikembangkan oleh Igor Pavlov, seorang pengembang dari Rusia, 7-Zip juga menawarkan fitur untuk mengunci folder dengan kata sandi. Namun, sesuai dengan fungsinya, 7-Zip pertama akan mengompres folder tersebut terlebih dahulu.

Langkah 1: Buka halaman unduhan 7-Zip, lalu pilih unduhan sesuai dengan OS yang sedang dipakai, baik itu x32 ataupun x64. Setelah diunduh, instal seperti biasa, lalu jalankan.

Langkah 2: Tentukan folder yang ingin diberi kata sandi, lalu klik menu “Add” dengan ikon Plus berwarna hijau di pojok kiri atas aplikasi.

Mengunci Folder Password Windows
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Langkah 3: Seperti yang telah disebutkan, mengunci folder menggunakan 7-Zip mengharuskan untuk mengompresnya terlebih dahulu. Setelah pilihan “Add” diklik, kemudian akan muncul kotak dialog untuk menentukan hasil kompresi folder.

Mengunci Folder Password Windows
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Dari sini, pengguna dapat menentukan kata sandi untuk mengunci folder tersebut. Pada pilihan “Archive,” pilih direktori untuk menyimpan hasil kompresi. Lalu, jika menginginkan kompresi standar, pilih “zip” pada pilhan “Archive format.” Setelah itu, pada pilihan “Enter password” dan “Reenter password,” isikan kata sandi pilihan pengguna. Setelah selesai, klik “OK” untuk memulai kompresi.

Langkah 4: Lakukan uji coba dengan membuka folder yang baru saja dikompres. Jika diminta kata sandi, maka proses telah selesai dan berhasil dilakukan. Pengguna juga dapat menghapus folder orisinil yang belum diberi kata sandi untuk menghemat ruang penyimpanan.

Mengunci Folder Password Windows
Gambar: Naufal H. Rabbani / MSDPN

Untuk menyimpulkan, cara pertama cocok bagi pengguna yang ingin “benar-benar” mengunci folder dengan kata sandi, namun tanpa dapat menentukan kata sandi pilihan, dan hanya bisa dilakukan dengan Windows edisi Pro. Menggunakan 7-Zip, di sisi lain, juga layak dicoba karena pengguna dapat menentukan kata sandi pilihan, namun harus direpotkan untuk mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

6 Komentar

    • Tidak bisa kenapa, gan? Apa ada deskripsi error-nya?
      Oiya, cara tsb hanya berlaku untuk Windows 10 Pro ya, gan. Akun yg digunakan juga harus berperan sbg Administrator yg sdh diberi kata sandi.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

5 Emulator Android Terbaik untuk PC

Emulator Android untuk Windows PC kian populer, dan bermacam-macam jenisnya. Memilih satu...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ pada Windows 10

System Restore Point merupakan cadangan pengaturan sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Melalui artikel ini, saya ingin membahas tentang cara membuat...

Mengenal Lisensi Windows Retail, OEM, dan Volume

Microsoft menyediakan Windows, pada kasus ini Windows 10, dengan beragam lisensi melalui kanal yang berbeda, termasuk Retail, OEM, dan Volume. Setiap kanal menawarkan versi...

5 Aplikasi Email Terbaik untuk Android

Email, atau surel, telah menjadi salah satu kebutuhan pokok pengguna pada era digital. Melalui artikel ini, saya ingin mengulas beberapa aplikasi email terbaik untuk...