Cara Merekam dan Mengedit Layar pada iOS 11

Dapat dilakukan dengan mudah melalui fitur bawaan.

Pilihan

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket League, pada platform macOS dan Linux. Pembaruan...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan...

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My...

Merekam layar ponsel dapat dilakukan dengan sangat mudah, terutama untuk perangkat iPhone, iPad, dan iPod yang menjalankan iOS 11. Diberi nama Screen Recording, alat perekam layar ini telah dijadikan sebagai fitur bawaan pada iOS 11 yang memungkinkan pengguna untuk merekam dan mengedit hasil rekaman layar tersebut.

Aktivitas merekam layar sendiri kian populer, dan diperlukan oleh banyak pengguna. Fitur ini kerap digunakan untuk merekam layar ketika bermain gim, atau ketika ingin berbagi tutorial dengan pengguna lain.

IKLAN

Sebelum merekam layar pada perangkat yang menjalankan iOS 11, pengguna perlu mengaktifkan fitur Screen Recording terlebih dahulu. Fitur ini dapat ditemukan pada menu Control Center.

  • Buka menu Settings > Control Center > Customize Controls.
  • Lalu pilih ikon Plus yang terletak pada samping menu Screen Recording.
  • Setelah itu, ikon Screen Recording akan muncul sebagai salah satu menu pada Control Center.
  • Pengguna dapat mengaksesnya dengan menggeser layar dari bawah ke atas, atau menggeseknya dari tepi kanan ke bawah jika menggunakan iPhone X.

Merekam Layar iPhone, iPad atau iPod pada iOS 11

Untuk memulai proses perekaman, pengguna cukup membuka menu Control Center, dan mengklik ikon Screen Recording. Ikon ini digambarkan dengan lingkaran putih dan kotak melingkar pada sekelilingnya.

Setelah ikon Screen Recording diklik, pengguna akan diberi waktu selama tiga detik untuk menutup menu Control Center sebelum proses perekaman dimulai. Setelah itu, garis bar merah akan muncul pada bagian atas layar ponsel untuk memberi tahu jika proses perekaman layar telah dimulai.

Fitur perekaman layar pada iOS 11 juga dilengkapi dengan fitur untuk merekam audio. Untuk menyisipkan audio pada hasil rekaman, pengguna dapat mengklik ikon Screen Recording selama beberapa detik sampai untuk menampilkan setelah lanjutan, yang dapat digunakan untuk menambahkan audio, baik melalui mikrofon ponsel atau aplikasi yang sedang dijalankan.

Setelah proses perekaman selesai, cara tercepat untuk menghentikannya adalah dengan menekan tombol pengatur waktu berwarna merah pada bagian atas layar ponsel. Pengguna kemudian akan mendapatkan pemberitahuan “Screen Recording video saved to Photos,” yang berarti hasil rekaman telah tersimpan.

Pengguna dapat mengklik pemberitahuan tersebut untuk mengakses atau menonton hasil rekaman yang telah dibuat. Namun, sesuai dengan pesan pemberitahuan, pengguna juga dapat mengaksesnya melalui aplikasi Photos.

Mengedit Hasil Rekaman Layar iPhone, iPad atau iPod pada iOS 11

Setelah selesai merekam, pengguna juga dapat mengedit hasil rekaman tersebut. Untuk melakukannya, pengguna dapat mencari berkas hasil rekaman melalui aplikasi Photos, dan dapat langsung mengeditnya.

Setelah membuka aplikasi Photos, sebuah bar yang dapat digeser akan muncul pada bagian bawah Screen Recording. Pengguna juga akan disediakan bar yang dapat digeser untuk mengedit video bingkai per bingkai. Pengguna juga dapat menentukan durasi dari hasil rekaman video yang sedang diedit.

Berbeda dengan pengguna ponsel Android, pengguna iOS 11 sangat diuntungkan dengan adanya opsi perekaman layar sebagai fitur bawaan. Pengguna ponsel Android, di sisi lain, kebanyakan harus mengunduh aplikasi pihak ketiga terlebih dahulu untuk merekam layar ponselnya.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Rocket League Hentikan Dukungan untuk macOS dan Linux

Psyonix hari ini mengumumkan jika akan menghentikan dukungan untuk gim populernya, Rocket...

DM Twitter Dapatkan Fitur Reaksi Emoji

Pengguna Twitter kini dapat memberikan reaksi emoji pada pesan yang diterima melalui DM, menurut pengumuman yang diterbitkan oleh perusahaan. Dengan ini, pengguna dapat menjawab suatu...

Techland Tunda Perlisan Gim ‘Dying Light 2’

Techland mengumumkan jika akan menunda perilisan gim terbarunya, Dying Light 2. Gim ini, sebagai informasi, pertama kali dijadwalkan untuk dirilis pada musim gugur mendatang. Pengumuman yang...

Netflix Segera Hadirkan Film Anime dari Studio Ghibli

Netflix telah mendapatkan hak untuk menayangkan 21 film anime dari Studio Ghibli, termasuk Spirited Away, Princess Mononoke, dan My Neighbor Totoro. Netflix akan menambahkan...