Mozilla dan Yahoo Saling Tuntut atas Perjanjian Mesin Pencari

"Mesin pencarimu kurang populer, dan kamu tidak membayar," vs. "yang namanya deal, ya deal."

Pilihan

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua ponsel 5G pertama yang akan diluncurkan Honor...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji...

Mozilla, dikutip dari blognya, menuntut Yahoo atas perjanjian penggunaan mesin pencari bawaan di paramban Firefox. Mozilla mengakhiri kemitraannya dengan Yahoo, dan mengklaim jika kompensasi dari perjanjian tersebut belum dibayarkan.

Hal ini kemudian diikuti dengan tindakan Mozilla yang mengganti Yahoo dengan Google sebagai mesin pencari bawaan di Firefox versi terbaru. Mozilla melakukannya pada bulan November lalu, bersamaan dengan rilisnya Firefox Quantum.

Tindakan oleh Mozilla ini kemudian juga mendapatkan tuntutan dari Yahoo. Mereka mengklaim jika tindakan yang dilakukan kurang profesional. Yahoo juga menuduh jika perjanjian tersebut telah diakhiri dengan tidak benar; yaitu dengan memutuskan perjanjian dengan semenah-menah dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

IKLAN

Namun, Mozilla mengklaim bahwa tindakan yang dilakukan sesuai dengan kontrak yang ditandatangani pada saat itu. Isinya mencakup klausul yang menyatakan jika Yahoo harus terus melakukan pembayaran sampai kontrak berakhir. Kontrak tersebut juga meyatakan jika Yahoo harus tetap melakukan pembayaran meskipun sudah tidak ditetapkan sebagai mesin pencari bawaan di Firefox.

Penggantian Yahoo sebagai mesin pencari bawaan di Firefox dilakukan setelah Yahoo diakusisi oleh Verizon di bulan Juni lalu. Mozilla mengatakan jika akuisisi tersebut dapat memberi dampak negatif.

Immediately following Yahoo’s acquisition, we undertook a lengthy, multi-month process to seek assurances from Yahoo and its acquirers with respect to those factors. When it became clear that continuing to use Yahoo as our default search provider would have a negative impact on all of the above, we exercised our contractual right to terminate the agreement and entered into an agreement with another provider.” – Denelle Dixon, chief Legal and Business Officer di Mozilla.

Mozilla menginginkan Yahoo untuk terus melakukan pembayaran tahunan meski tidak ditetapkan sebagai mesin pencari bawaan di Firefox; seperti yang sudah ditetapkan di kontrak aslinya. Namun, Yahoo mengklaim jika hal tersebut tidak perlu dilakukan, dan menganggap jika Mozilla tidak bermain adil. Selain itu, Yahoo juga berpendapat jika kontrak tersebut memang bermasalah, dan dibuat oleh mantan CEO Yahoo yang tidak menunjukkan visi terkini dari perusahaan.

Perjanjian ini bermula di tahun 2014 lalu ketika Mozilla menolak tawaran dari Google, dan memilih Yahoo sebagai mesin pencari bawaan di Firefox. Keduanya kemudian menandatangani kontrak untuk menjalankan bisnis tersebut untuk lima tahun ke depan.

Kontrak semacam ini merupakan bisnis yang besar. Bagi Mozilla, kontrak dengan mesin pencari telah menghasilkan sebanyak US$300 juta per tahun pada beberapa tahun sebelumnya. Jumlah tersebut merupakan 90% dari keseluruhan penghasilan yang didapatkan oleh Mozilla.

Diperbarui 20/11/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Honor Umumkan V30 dan V30 Pro dengan Cip Kirin 990 5G

Honor baru saja mengumumkan dua ponsel terbarunya, V30 dan V30 Pro. Kedua...

Cara Membuat ‘System Restore Point’ di Windows 10

System Restore Point, singkatnya, merupakan cadangan pengaturan sistem yang akan digunakan untuk memulihkan Windows ketika mengalami kerusakan. Pengaturan yang dicadangkan dapat berupa konfigurasi dan...

Kenapa Memilih Ubuntu sebagai OS Sehari-hari

Ubuntu, sebagai distro Linux, merupakan salah satu OS sumber terbuka, dan telah menjadi salah satu alternatif yang paling populer untuk OS berbayar, seperti Windows...

Twitter Rilis Fitur untuk Menyembunyikan Balasan Twit

Twitter resmi menghadirkan fitur untuk menyembunyikan balasan dari Twit yang dikirim pengguna. Sebelum dirilis secara global, fitur ini diuji coba terlebih dahulu, dan telah...