Mozilla dan Yahoo Saling Tuntut atas Perjanjian Mesin Pencari

"Mesin pencarimu kurang populer, dan kamu tidak membayar," vs. "yang namanya deal, ya deal."

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Mozilla, dikutip dari blognya, menuntut Yahoo atas perjanjian penggunaan mesin pencari bawaan pada paramban Firefox. Mozilla mengakhiri kemitraannya dengan Yahoo, dan mengklaim jika kompensasi dari perjanjian tersebut belum dibayarkan.

Ini kemudian diikuti dengan tindakan Mozilla yang mengganti Yahoo dengan Google sebagai mesin pencari bawaan pada peramban Firefox versi terbaru. Mozilla melakukannya pada bulan November lalu, bersamaan dengan rilisnya Firefox Quantum.

IKLAN

Yahoo menanggapinya, dan juga mengklaim jika Mozilla berperilaku kurang profesional. Yahoo menuduh jika perjanjiannya diakhiri dengan cara yang tidak benar, yaitu dengan semenah-menah dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Mozilla kemudian mengklaim jika tindakannya sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani pada saat melakukan perjanjian. Isinya mencakup klausul yang menyatakan jika Yahoo harus terus melakukan pembayaran sampai kontrak berakhir, meski telah dicopot sebagai mesin pencari bawaan pada Firefox.

Mozilla juga ingin mengganti Yahoo sebagai mesin pencari bawaan karena perusahaan tersebut telah diakuisisi oleh Verizon pada bulan Juni lalu. Mozilla menjelaskan jika akuisisi tersebut dapat memberi dampak negatif.

Immediately following Yahoo’s acquisition, we undertook a lengthy, multi-month process to seek assurances from Yahoo and its acquirers with respect to those factors. When it became clear that continuing to use Yahoo as our default search provider would have a negative impact on all of the above, we exercised our contractual right to terminate the agreement and entered into an agreement with another provider.” – Denelle Dixon, Chief Legal and Business Officer, Mozilla.

Perjanjian antara kedua perusahaan bermula pada tahun 2014 lalu ketika Mozilla menolak tawaran dari Google, dan memilih Yahoo sebagai mesin pencari bawaan untuk Firefox. Keduanya kemudian menandatangani kontrak untuk menjalankan bisnis tersebut untuk lima tahun ke depan.

IKLAN

Kontrak semacam ini merupakan bisnis yang besar. Bagi Mozilla, kontrak dengan mesin pencari telah menghasilkan sebanyak US$300 juta per tahun pada beberapa tahun sebelumnya. Jumlah tersebut merupakan 90% dari keseluruhan penghasilan yang didapatkan oleh Mozilla.

Diperbarui 19/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...