Mozilla Rilis Peramban Terbarunya, Firefox Quantum

Diklaim sebagai peramban tercepat yang pernah dirilis Mozilla.

Pilihan

Minecraft Kian Populer, Penjualan Capai 200 Juta

Microsoft mengumumkan total penjualan Minecraft kini mencapai 200 juta, dengan 126 juta pemain aktif pada setiap bulannya. Ini merupakan...

Pengertian dan Contoh Perangkat Lunak ‘Open Source’

Istilah perangkat lunak Open Source, atau perangkat lunak sumber terbuka, sudah tidak asing lagi bagi konsumen dan pengguna teknologi....

Facebook Beli Platform GIF Populer GIPHY

Facebook resmi membeli GIPHY, sebuah platform pengunggahan dan pembagian GIF yang kian populer. Facebook berencana untuk mengintegrasikan pustaka GIF GIPHY...

Saingi Zoom, Messenger Rooms Kini Tersedia Secara Global

Facebook mengumumkan jika layanan panggilan video grupnya, Messenger Rooms, telah tersedia secara global untuk semua pengguna, baik pada ponsel maupun...

Mozilla baru saja memperkenalkan versi terbaru dari peramban miliknya, yang akan dipanggil Firefox Quantum. Mozilla mengatakan jika ini merupakan pembaruan terbesar yang pernah diluncurkan Firefox sejak rilis pertamanya pada tahun 2004 lalu.

Firefox Quantum dibangun menggunakan mesin dan teknologi yang lebih baru dari versi sebelumnya, dan diklaim sebagai peramban trecepat yang pernal dirilis oleh Mozilla. Selain itu, tidak hanya mesin baru untuk mengusung performanya, Firefox Quantum juga membawa tampilan baru.

Performa dan UI dari Firefox Quantum

IKLAN

Menggunakan mesin terbaru, Firefox Quantum diklaim dapat memberikan pengalaman berselancar internet dua kali lebih cepat dari Firefox 52. Perbandingan ini diukur berdasarkan patokan yang disediakan oleh Speedometer 2.0.

Jika dibandingkan dengan Google Chrome, Firefox Quantum juga diklaim memiliki performa yang lebih bagus. Ini dibuktikan melalui hasil uji coba pada kedua peramban, yang dapat diakses melalui tautan berikut. Selain itu, nilai jual lainnya terletak pada penggunaan RAM yang juga lebih sedikit.

Firefox Quantum, meskipun ditujukan untuk bersaing dengan Google Chrome, akan menggunakan Google sebagai mesin pencari bawaannya. Firefox versi sebelumnya, sebagai perbandingan, menggunakan Yahoo sebagai mesin pencari bawaan, namun juga menyediakan Google dan Bing sebagai pilihan alternatif.

Firefox Quantum juga menawarkan antarmuka terbaru, yang diberi nama Photon. Antarmuka ini didesain untuk memodernisasi dan mengentalkan karakteristik Firefox yang juga dipadukan dengan mesin terbarunya. Firefox mengklaim jika Photon menawarkan tampilan yang cepat dan lancar, yang dapat memuaskan pengalaman berselancar pengguna.

IKLAN

Firefox Quantum, melalui antarmuka barunya, menyediakan pilihan untuk mengatur bilah alat sesuai keinginan. Firefox Quantum juga akan menawarkan rekomendasi konten, yang diambil dari Pocket, yang mungkin ingin ditelusuri ketika pengguna membuka sebuah tab baru.

Di Balik Pembuatan Firefox Quantum

Firefox Quantum merupakan sebuah proyek yang terbuka bagi sukarelawan, dan diselesaikan dalam kurun waktu satu tahun. Ada kurang lebih 700 pengembang yang berkontribusi terhadap penulisan kodenya. Selain itu, Firefox Quantum juga melibatkan setidaknya 80 sukarelawan untuk membangun kode tersebut.

Firefox Quantum tersedia untuk perangkat ponsel dan desktop, termasuk Android, iOS, PC, macOS, dan Linux. Untuk perangkat desktop, pengguna dapat mengunduh Firefox Quantum melalui tautan berikut.

Diperbarui 16/12/2019: Penyesuaian gambar unggulan.

IKLAN

Tanpa-Spasi

Berlangganan surat kabar dari niwala mingguan Tanpa-Spasi. Dikirim langsung dari masa depan, Tanpa-Spasi menyampaikan wawasan dan kabar terbaru terkait perkembangan teknologi; langsung ke kotak masuk, bukan spam, tanpa iklan.

Niwala mingguan Tanpa-Spasi menerapkan kebijakan privasi dan ketentuan layanan yang berlaku di MSDPN. Pengguna dapat berhenti berlangganan kapan saja.

Tinggalkan komentar

Tulis komentar kamu
Masukkan nama kamu di sini

Artikel terbaru

Microsoft Rilis Pratinjau Windows Package Manager

Microsoft merilis pratinjau untuk Windows Package Manager, sebuah pengelola paket aplikasi berbasis baris...

6 Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Android

Aplikasi password manager, atau pengelola kata sandi, merupakan salah satu aplikasi yang memiliki peran penting untuk menunjang presensi daring pengguna. Pada artikel ini, saya sudah...

Sea of Thieves Mendarat di Steam 3 Juni

Microsoft dan Rare mengumumkan jika akan merilis permainan petualangan bajak laut Sea of Thieves di toko permainan Steam pada 3 Juni mendatang. Sea of Thieves...